Setelah Operasi 1

88 7 3
                                    

Cerita sebelumnya...

Setelah di pindah  ke rumah sakit yang lebih besar,  saya diperlakukan  selayaknya  pasien VIP.   Mereka berpikir pula karena saya keluarga dokter  juga yang kebetulan pula,  kakaknya  temen   kakak 1 saya dokter yang praktek di rumah sakit itu juga.  Informasi tentang  kondisi saya yang diperlakukan tidak layak  di rumah sakit sebelumnya  membuat keluarga dokter teman kakak saya itu bertindak cepat apalagi ada jaminan VIP  dari big boss tempat saya bekerja.  Orang tua  saya pun sempat kaget karena saya diperlakukan istimewa di rumah sakit itu.
Setelah hasil cityscan diketahui,  keluarga tinggal menunggu waktu operasi.  Dokter menunggu kondusi saya stabil dulu.  Stock darah saya ada 6 kantung.   Tetap di suplai darah untuk naikan Hb yang 4.

20 april 2006

  Setelah keluarga saya pulang untuk istirahat,  adik ke 4 subuh menelepon rumah  memberitahukan  bahwa jadwal operasi  jam 5 pagi karen kondisi saya sudah stabil.  Dokter  menganggap saya sudah siap di operasi.
Operasi besar karena saya di tangani oleh 6 dokter ahli kata papah.
Operasi selesai sekitar jam 1 siang kata mama.  Langsung masuk ICCU.
Hasil  operasi baik.   Jahitan di kepala di bongkar lagi.  Perawat bilang ke papa kalau di otak saya saat di bedah ada 4 pecahan kaca mobil,  2 pecahan  logam warna kuning(cat mobil elf kuning),  lubang di leher bawah telinga kiri di jahit  sampai di bawah dagu, rahang kiri yang retak tipis tidak di pasang pen karena bisa menyambung sendiri dengan minum obat,  di dalam telinga kiri ada 1  pecahan kaca.  Di muka banyak pecahan kaca untungnya tidak kena mata.  Bonggol yang  nembus ke perut  menyobek usus besar sudah di buang, Usus besar di jahit makanya di perut  saya ada jahitan panjang seperti bedah cesar saja.  Dari bawah pusar sampai ke dada.  Untuk kaki  kanan di pasang besi yang menarik  beban sekitar 15 kg jadi kaki kanan  sama panjang dengan kaki kiri. Lutut lepas masih  belum di sambung.  Untuk telapak kaki kanan yang semua tulangnya retak  mulai  membusuk karena infeksi di kerok dagingnya.  Dibuang  daging yang ada di telapak kaki  kanan.  Papah saya yang tidak tegaan tidak berani melihat  kondisi saya.  Hanya  mama yang melihat  kondisi saya setelah Operasi 1 itu.
Mama bilang,  telapak kaki kanan hanya terlihat tulang,  otot dan saraf saja.  Tidak ada dagingnya.  Oleh dokter bedah tulang,  memancing tubuh untuk merangsang  membuat daging  dengan menggunakan madu asli dan betadine murni. 
Saya masuk ruangan steril ICCU karena badan saya infeksi total.
Mama saya di tegur kenapa terlambat di tangani??  Mama menjelaskan  karena di rumah sakit sebelumnya tidak ada tindakan terhadap saya makanya besoknya baru di tarik paksa pindah ke rumah sakit.  Dokter bilang,  luka terbuka di kaki  itu yang membuat badan infeksi  total.  Lebih dari 24 jam luka terbuka.  Apalagi beberapa jam saya di pinggir jalan tol. Ada lubang di dekat lutut kanan seperti daging terlepas saja.  Ternyata,  saat saya terjepit muka mobil  yang ringsek,  saya di tarik paksa setelah  bagian muka mobil di gergaji.  Untuk lubang di leher  pun tidak di ketahui kenapa bisa sobek membuat lubang.  Mungkin saat mobil terguling,  kepala saya terbentur  bentur besi ada yg menyobek leher.  Kepala saya retak mungkin karena mobil yang terguling itu pula.

Saat  mama menunggu saya di dekat ruang ICCU, dokter jaganya bicara  ke mama saya.  Saat mama saya tanya bagaimana saya?  Dokter  bilang kondisi saya masih dianggap  kritis.  Kesempatan  hidup 10%. Tapi  semangat hidup anak ibu kuat kata dokter  jaga  ke mama.  Kasus Biasa dengan luka separah saya tidak ada yg kuat.   Saya tidak koma hanya dibuat tidur.  
Kondisi  saya lebih parah dari geger otak.  Karena kepala saya retak,  kemasukan benda asing di otak pula. 
Kata mama dokter bedah  saraf yg operasi kepala saya bilang,  kalau saya tidak nyaman dengan tenpurung bekas operasi bisa di ganti pelat.  Saya dengar  cerita mama langsung ketawa.  Membayangkan kalau  tengkorak kepala saya di ganti pelat saya kayak robot nanti.  Jadi Ingat  film Robot Cop. Hahaha..
Orang tua saya tiap hari di rumah sakit.  Stand by karena khawatir dengan saya yang sendirian di ICCU.  Urusan catering di pegang sementara  oleh adik ipar  yang bungsu dengan adiknya yang memang bekerja di tempat mama.
Setiap hari kata mama  dokter  memberikan resep  obat yang harus masuk via infus.  1 resep bisa  habis 10 juta.  Paling mahal sebesar 18 juta. 
Suatu hari pernah  saya kondisinya mengkhawatirkan.  Semua drop.  Saya kejang kejang.  Padahal pagi hari saya sudah stabil.  Entah kenapa sore semua drop.   Ternyata  pasien di sebelah saya meninggal dan jeritan tangisan keluarga di ruang ICCU  itu membuat saya kaget.  Semua drop.  Dokter pun heran kenapa  bisa  drop drastis.  Keluarga saya yang datang pun sudah pasrah. 
Setelah pasien yang wafat dan keluarganya keluar ruangan  saya jadi tenang dan mulai naik lagi.  Kesimpulan dokter,  drop karena kaget ada yg meninggal dan suara jeritan itu.
Alat alat penyangga hidup saya banyak di ruangan itu seperti yang di film  barat aja  ruang ICCU  lengkap.

Kamu telah mencapai bab terakhir yang dipublikasikan.

⏰ Terakhir diperbarui: Dec 22, 2018 ⏰

Tambahkan cerita ini ke Perpustakaan untuk mendapatkan notifikasi saat ada bab baru!

  APRIL 2006Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang