Awal April 2006

92 12 3
                                    

Lahir bulan april,  lulus sidang sarjana  ekonomi  bulan April juga.   Sungguh  menyenangkan  saat di nyatakan lulus sidang skripsi. 
Semua senang.  Keluarga  besar,  teman teman  pun senang.   Karena  saya yang paling terakhir  lulus   di kelas  F.   Ya,  saya kuliah  tahun 1994. Baru lulus sidang 2006. Gelar mahasiswa abadi  memang patut  di sandang. 

Flasback

Yah, saya terlambat lulus karena  keasyikan bekerja.    Saya bekerja di perusahaan  textile di kota Bandung.  Yang membolehkan saya bekerja sambil mengerjakan  skripsi. 
  Karena saya anak kuliahan maka saya du tenpatkan di bagian administrasi  bagian pajak di perusahaan itu.   Gaji?   Karena dianggap belum selesai kuliah jadi gaji setara lulusan SMA.   Kecil memang.  Ganta 300 ribu rupiah.  Tapi kakak saya bilang,  untuk pengalaman kerja  tidak apa apa di ambil.  Karena kerja bagian pajak banyak di cari perusahaan.  
Saya pun mulai bekerja sebagai asisten koordinator  pajak di perusahaan  itu.   Hari pertama  bekerja,  saya diajari oleh koordinator  cara kerja di sana.  Konsultan  pajak datang,  saya pun diperkenalkan kepada  konsultan.  Karena beliau yang tanggung jawab  nanti atas pekerjaan koordinator. 
Karena saya tidak bisa  Excel,  konsultan agak keras hari itu.  Sorenya dia datang membawa buku tebal panduan  singkat Microsoft Excel  dan saya di haruskan menguasai excel dalam 1 hari karena dia memberi tugas pekerjaan yang menggunakan  Excel.
Jujur  saya stress karena  saat itu  saya tidak punya komputer  di rumah. 
Malamnya saya telp teman kost dulu yang kuliah komputer.  Saya minta diajarkan via telepon  bagaimana  Excel  itu.  Saya menelepon  teman kuliah menanyakan  cara mengerjakan penyusutan seperti tugas konsultan yg di berikan hari itu. 
Berasa seperti masih kuliah  saja.  Di berikan tugas berhitung,  mengerjajan dengan komputer.  Lol
Hari ke 2 bekerja,  saya kerjakan  semua tugas.  Koordinator pajak ijin cuti.  Karena saya dianggap  mampu menggantikan dia sementara  cuti.  Ijin cuti 1 minggu,  tapi selama 3 minggu baru dia menelepon  konsultan dia mengundurkan diri.  Otomatis  saya naik  jadi koordinator pajak.   Ya,  koordinator  pajak yang mau di bayar murah itulah saya.  Karena saat saya minta  keluar  di tolak alasan belum ada pengganti.  Sementara konsultan mendapatkan calon yg lebih baik hsnya gaji yang diminta 3 x gaji  saya.  Jelas bos menolak.  Akhirnya  3 bln saya  bekerja dibawah konsultan 3 bulan.   Setelah 3 bulan,  saya di lepas. 
  Saya bekerja sambil mengerjakan  skripsi.   Tapi,  setiap saya ijin ke kanpus untuk konsultasi  skripsi  atau pinjam buku untuk bahan skripsi,  pasti orang pajak datang ke kantor.   Otomatis  pengerjaan skripsi  di tunda dulu.
Mulai mengerjakan skripsi tahun 1999. Mulai bekerja  1 agustus 2000.
Sampai tahun 2005 saya bekerja sebagai koordinator  pajak perusahaan keluarga.  Saya memiliki asisten.   Makanya saya bisa fokus ke skripsi  lagi.   Walau sering di datangi  orang pajak,  saya jadi terbiasa.  Bisa menghadapi mereka  sendiri.  Seluruh  karyawan pun tau posisi saya walau hanya koordinator  tapi mereka hormat  karena saya dianggap tangan kanan bos.   Tahun 2005 saya hanya  punya 1 asisten  saja.   Dan dia  sangat khawatir kalau saya keluar  kerja.  Karena dia tidak berani menghadapi  orang pajak.  

Flashback end

Awal april  saat afa upacara sembahyang  di vihara,  saya berdoa.  Karena  saya merasakan  bahwa bulan april itu saya akan mengalami hal besar  yang akan mengubah hidup  saya nanti.   Saya berdoa,  minta  ke nenek buyut dari pihak papah  untuk memohon  kepada  Tuhan supaya nanti saya tidak di berikan cobaan yang berat.  
Saya setiap  hari  doa dalam hati supaya di lindungi.  Setiap lewat jalan tol menuju pabrik,  saya selalu berdoa  minta perlindungan  supaya selamat sampai rumah.  Karena saya merasakan  suatu hari nanti saya akan celaka di jalan  tol menggunakan  mobil antar jemput karyawan  itu.  Tapi saya tidak tahu waktunya kapan. 
Entah  itu hanya firasat atau hanya kekhawatiran  semata.
15 april,  saya lulus sidang.  Saya senang sekali.  Keluarga,  teman vihara,  teman kantor pun senang.  Mereka minta saya buat syukuran.   Saya pun menyetujui .  Karena saya ulang tahun 9 april,  jadi sekalian syukuran ulang tahun juga. 
Tgl 18 april pagi,  saya malas sekali mau berangkat kerja.  Rasanya berat  sekali kaki  keluar rumah.  Tapi karwna tanggung jawab saya  sebagai koordinator  pajak yang baik,  saya pergi ke kantor  juga.   Meminta tanda tangan bos,  sempat  meeting sebentar dengan bos.  Saya mengunjungi  pabrik lain memberi instruksi  nanti bagaimana kalau saya tidak ada,  orang pajak datang.   Hari itu saya keliling 2 pabrik.   Menemui  semua koordinator  tiap bagian.  Menyapa semua karyawan  entah itu OB atau satpam.   Hampir saya mengenal semua kayawan 2 pabrik itu.   Jam 9 pagi saya masih  bicara dengan bos  masalah gaji saya nanti karena saya sudah sarjana.   Saya pergi  ke kantor pajak  untuk melaporkan  SPT tahunan yang harus di laporkan sebelum lewat batas  pengunduran waktu lapor habis .  Setwlah dari kantor pajak,  saya ke kampus   untuk penyelesaian  pembayaran,  penyerahan skripsi  ke perpustakaan, membayar biaya  penjilidan skripsi di tempat fotocopy.  Menemui sekretaris  jurusan  untuk mengucapkan  terima kasih.  Sekretaris  jurusan menawarkan saya untuk ambil  kuliah  lagi 2 semester keahlian.  Jadi  nanti gelar  saya SE Ak.   Hanya 1 tahun saja kuliah malam biaya 10 juta rupiah.  Saya bilang,  nanti saya bicarakan ke orang tua  dulu.
Keluar dari ruang sekretaris  jurusan,  saya berpikir,  saya punya  uang 10 juta belum tabungan saya  hasil  kerja.  Saya ingat penawaran teman vihara  yang mengajak  ke taiwan untuk   wisata rohani.  Biaya hanya 10 juta.   Rencana akhir  tahun  liburan ke Bali  saya anggarin 10 juta cukup.   Ada 3 rencana dalam otak saat itu.
Saat  ingin kembali ke kantor ,  saya mampir  ke kontrakan  dulu mengambil sesuatu. 

Jam 3 sore saya sudah di kantor  lagi.   Saya terima telepon  dari sepupu saya. 
Saya pun pergi ke wc untuk menerima telepon itu.  
Sepupu saya menelepon  untuk menawarkan  pekerjaan di perusahaan nya.  Saya bilang bolwh saja asal gaji bisa diatas gahi saya saat itu.  Sepupu saya bilang,  masalah gaji gampang  karena saya kakak  sepupu dia pasti  tinggi.   Saya pun setuju.  Tiba tiba,  bos masuk ke ruang wc melihat sata menerima telepon  diam diam ke wc jadi dia mengikuti  saya.vmelihat saya bwrsandar di wastafle menerima telepon  yang agak serius karena saya bicara tentang gaji juga.  Bos tanya kenapa terima telepon  di wc?  Saya bilang,  ini saudara telepon.   Langsung saya keluar  dan bos pun keluar ke ruangannya.
Jam 4 sore  saya ikut mobil antar jemput  karyawan  untuk pulang ke rumah.  Di mobil  itu ada tim design,  bagian pembelian, dan asisten saya.  Sebelum berangkat,  supir sempat memeriksa ban  dulu.  Setelah semua ok,  kami pun berangkat. 
Pabrik  tempat kami bekerja di rancaekek.  Rumah saya di cimahi.  Otamatis lewat jalan tol padaleunyi.
Di depan pintul tol Moh. Toha turun sebagian karyawan.  Mobil kembali masuk tol menuju tol padalarang.   Baru berjalan beberapa menit,  bagian pembelian turun di pinggir  jalan tol.  Mobil dengan 8 orang penumpang  termasuk supir kembali  melanjutkan perjalanan. 
Mulai merasakan  khawatir.  Supir bilang, "wah sudah telat nih."
" Telat  apa, pak?"  saya tanya.  " jemput karyawan  susu ultra  yang mau nebeng pulang ke kopo", kata supir.  "ya udah  buruan atuh jalannya."
Saya merasakan mobil  berjalan sangat cepat.  Saya lihat setir sudah bergoyang goyang.  Lihat spidometer 100 km lebih.  Saya bilang, " kurangi  kecepatan Pak. "
" tidak bisa, ci.  Nanti mereka naik angkot kalau terlambat. "
Saya periksa seal belt.  Agak kendor tapi saya pikir aman lah. 
Tiba-tiba "DOR, suara apa itu pak??? "

Bersambung

  APRIL 2006Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang