Akhlak dan Postingan merupakan 2 hal yang berbeda, Namun ada saja orang yang menyama-nyamakannya. (Jangan di sama-samakan)
.
Akhlak merupakan sikap seseorang yang berasal dari dalam dirinya. Sedangkan, Postingan adalah sebuah media untuk saling berbagi. Entah itu berbagi kebaikan atau yang lainnya.
.
Ada yang bilang : "Postingan nya tentang dakwah-dakwah. tapi akhlaknya masih kayak gelas pecah (berantakan). "
Ada juga yang bilang: "benahi dulu deh perilakunya, baru ngepost tentang agama. "
Yang bilang seperti: "sok alim kamu, perilaku masih kek gitu aja udah berani ngepost tentang agama"
.
Rasa seperti tersayat jika mendengar pernyataan seperti itu.
Tapi apa daya..
Saya hanya manusia biasa. Saya juga masih dalam tahap belajar.
Saya masih dalam tahap memperbaiki diri.
.
Mungkin banyak orang yang tidak suka dengan postingan saya dan menganggap saya sok alim lah, sok ngerti agama lah, dan bla bla bla, atau yang lainnya.
.
Tapi saya hanya bisa diam dan mendengarkannya sembari berdo'a "Ya Allah, berikanlah hidayahMu kepada kami dan istiqomahkan kami agar terus dijalan Mu." serta terus mengintrospeksi supaya jd lebih baik lagi.
.
Memang, terkadang terbetik dalam benak diri pribadi "Diri sendiri saja banyak dosa dan maksiat." , namun teringat perkataan ulama : "Kalau menunggu suci tanpa dosa sama sekali, maka tidak akan ada yang berdakwah"
.
Dan teringat pula dengan sabda Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam : "Barangsiapa yg menunjukkan kepada sebuah kebaikkan, maka baginya seperti pahala pelakunya." (HR . MUSLIM)
.
Orang yg ngeposting tentang agama itu belum tentu sempurna akhlaknya. Tapi mereka mau menebar benih kebaikan walaupun itu hanya sebesar biji zarrah. Allah berfirman :
"Maka barangsiapa mengerjakan kebaikan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya," (QS. Az-Zalzalah : 7)
.
Jadi, jangan langsung mengkritik orang yang ngepost nya tentang agama.
.
Lebih baik,
Yuk bareng-bareng tebar benih kebaikan untuk bekal di Akhirat.
.
Ibnu Hazm Rahimullah berkata :
"Seandainya yang melarang dari dosa harus orang yg tidak terlepas dosa dan yang memerintahkan kebaikkan harus orang yg sudah melakukan kebaikkan semua, maka tidak ada lagi yg melarang dari keburukkan dan mengajak kebaikkan kecuali nabi shallallahu 'alaihi wasallam"
.
Sumber : facebook & google
.
.
Tetap semangat berdakwah, mungkin tidak disangka, satu share ilmu dan faedah ternyata bisa memberikan hidayah kepada seseorang, walau hanya sekedar menekan “share”. Tentunya dengan niat yang ikhlas.Tidak mesti jadi ustadz, hanya menunjukkan dan mengajak ke jalan Allah, insyaAllah mendapatkan pahala sebagaimana pelakunya.
Demikian juga share ilmu baik di dunia nyata maupun dunia maya.Masalah akhlak, kita bisa perbaiki secara bersamaan. Jangan sampai hanya gara omongan orang, kita malah jadi gak mau share ilmu(hati2 loh, bisikan setan).
Wallahu a'lam.
KAMU SEDANG MEMBACA
About Hijrah
SpiritualBerisi tentang Cerita Hijrah, Quotes Hijrah, Motivasi Hijrah dan lainnya dari segala sumber