1. Menjaga kekuatan hati dengan banyak melakukan ketaatan dan ibadah2. Menghindari pantangan yang bisa menyebabkan penyakit hatinya semakin parah (yaitu dosa dan maksiat)
Disebutkan dalam hadits
"Apabila seorang hamba itu melakukan satu kesalahan, maka dititikan dalam hatinya satu titik hitam, apabila dia memohon ampun, bertaubat maka hatinya akan dibersihkan, namun kalau dia kembali mengulangi maksiat yang dia lakukan, akan ditambahkan titik hitam yang lain sampai titik hitam ini menutupi seluruh permukaan hatinya." (HR. Tirmidzi)2. Menjaga iman yang Allah sematkan ke dalam hati hamba-hamba-Nya dan juga amal shalih yang dilakukan seseorang.
3. Mencari ilmu syar'i yang bermanfaat. Setiap ilmu syar'i seseorang bertambah luas, maka akan semakin lapang pula hatinya.
5. Terus menerus berdzikir kepada-Nya dalam segala kondisi dan tempat. Sebab dzikir mempunyai pengaruh yang sangat menakjubkan dalam melapangkan dan meluaskan dada, menenangkan hati, serta menghilangkan kebimbangan dan kedukaan.
6. Berbuat baik kepada sesama makhluk sebisa mungkin. Sebab, seseorang yang murah hati lagi baik adalah manusia yang paling lapang dadanya, paling baik jiwanya dan paling bahagia hatinya.
7. Mengeluarkan berbagai kotoran hati dari berbagai sifat tercela yang menyebabkan hatinya menjadi sempit dan tersiksa, seperti dengki, kebencian, iri, permusuhan, dan kedhaliman.
Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa Rasulullah shalallahu'alaihi wasalam pernah ditanya tentang sebaik-baik manusia, maka beliaupun menjawab, "Setiap orang yang bersih hatinya dan selalu benar atau jujur lisannya." Kemudian mereka para sahabat berkata, mengenai jujur atau benar lisannya, kami sudah mengetahuinya, tetapi apakah yang dimaksud dengan orang yang bersih hatinya ?" Beliau menjawab, "yaitu seseorang yang bertakwa dan bersih, yang tidak terdapat dosa pada dirinya, tidak dholim, tidak iri, dan juga tidak dengki." [1]
8. Keberanian dalam membela kebenaran. Orang yang berani mempunyai dada yang lebih lapang dan hati yang lebih luas.
9. Meninggalkan sesuatu yang berlebihan dalam memandang, berbicara, mendengar, bergaul, makan, dan tidur. Meninggalkan hal itu semua merupakan salah satu faktor yang dapat melapangkan dada, menyenangkan hati, dan menghilangkan kedukaan dan kesedihan.
10. Menyibukkan diri dengan amal atau ilmu syar'i yang bemanfaat karena hal tersebut dapat menghindarkan hati dari hal-hal yang menimbulkan keraguan hati.
11. Memperhatikan kegiatan hari ini dan tidak perlu khawatir terhadap masa yang akan datang serta tidak sedih terhadap keadaan yang terjadi pada masa-masa lalu. Seorang hamba harus selalu berusaha dengan sungguh-sungguh dalam hal-hal yang bermanfaat baginya, baik dalam hal agama maupun dunia. Juga memohon kesuksesan kepada Rabb-Nya dalam mencapai maksud dan tujuan serta memohon agar Dia membantunya dalam mencapai tujuan tersebut. Ini akan dapat menghibur dari kedukaan dan kesedihan.
12. Melihat kepada orang yang ada di bawah dan jangan melihat kepada orang yang ada di atas dalam 'afiat (kesehatan dan keselamatan) dan rizki serta kenikmatan dunia lainnya.
13. Melupakan hal-hal tidak menyenangkan yang telah terjadi pada masa lalu, sehingga tidak larut memikirkannya.
14. Jika tertimpa musibah maka hendaknya berusaha meringankan agar dampak buruknya bisa dihindari, serta berusaha keras untuk mencegahnya sesuai dengan kemampuannya.
15. Menjaga kekuatan hati, tidak mudah tergoda serta tidak terpengaruh angan-angan yang ditimbulkan oleh pemikiran-pemikiran buruk, menahan marah, serta tidak mengkhawatirkan hilangnya hal-hal yang disukai. Tetapi menyerahkan semuanya hanya kepada Allah dengan melakukan hal-hal yang bermanfaat, serta memohon ampunan dan afiat kepada Allah.
-----------
Sumber :
YufidTV (youtube)
Muslimah.or.id (web)Baca selengkapnya (sampai no.28)
https://muslimah.or.id/2617-obat-penyakit-hati-dan-sempitnya-dada.html
------------
Silakan di share jika dirasa bermanfaat.
Syukron, Jazakumullahu khairan🌷
KAMU SEDANG MEMBACA
About Hijrah
SpiritualBerisi tentang Cerita Hijrah, Quotes Hijrah, Motivasi Hijrah dan lainnya dari segala sumber