Aku berpikir, tentang uang. Jika phantograf terakhir itu terjual akan ada pemasukan. Sambil meminum minumanku aku melangkah putar-putar di sisi ruang yang disekat itu, Tugas kuliah sudah selesai semua, mumpung kosong... enaknya ngapain ya? Ini harus dimanfaatkan! Karena kata orang pintar Time Is Money! Mungkin aku bisa... langkahku terhenti. Aku melihat sebuah album hardcover tebal berwarna hitam dengan segel kunci kepitingnya terbuka di atas meja panjang yang tak ada komputernya.
Sumpah aku melihat album ini tadi membuka dengan sendirinya, padahal tidak ada angin bertiup dalam ruangan ini.
Album itu tergeletak dalam posisi terbuka lebar bersama album foto phantograf milik kami yang biasa, kuamati benda itu tanpa berkedip sambil menenggak minuman satu kali. Lha, Bukankah ini harus disembunyikan?
Telapak tangan kutekankan ke meja sambil berjinjit untuk menengok menyembulkan kepala ke balik deretan kabinet yang membagi ruang sempit ini, kulihat Andi masih berbaring di sofa sambil menggeser-geser layar ponsel di sana.
"Andi," panggilku, "kenapa album hitam ini dibuka?"
Dia langsung bangkit, "Aku lupa menyimpannya, bisa tolong kunci rapat ke dalam loker lagi? Ingat kodenya kan?"
"Ya." Aku mendekati buku itu pelan-pelan. Album Sinyal Mistik berisi foto simbol Sigil pertama yang kami dapatkan nampak jelas di hadapanku. Jika simbol ini terkumpul hingga 21 lembar, maka tujuan Focus Blitz telah tercapai, ini akan menjadi akhir dari aktivitas kami.
Tanganku mengatup album itu dengan cepat lalu memasang kunci kepiting di pinggirnya agar tak bisa dibuka. Lalu mataku teralihkan ke koleksi album phantograf Focus Blitz yang biasa, kalau album yang ini untuk dipamerkan... sejauh ini kami sudah menangkap 11 phantograf, semua cetak copy-nya ada di album ini—yang asli dari film kamera sudah terjual. Di album itu terdapat 3 foto Hantu Pocong, Tuyul, Kuntilanak, Hantu Kepala Buntung, Genderowo, dan 4 sisanya tanpa nama atau tak dikenali... belum kuajak kenalan, he he.
Sebentar lagi Hantu Air juga akan mengisi koleksi album itu...
Asal tahu saja, selembar Sigil yang ada di dalam album sinyal mistik itu butuh seumur eksistensi Focus Blitz untuk menemukannya alias bertahun-tahun.
Catatan Kaki :
Wadah untuk menyimpan Phantograf berupa salah satu simbol kode sinyal mistik yang berhasil ditangkap instan kamera. Ini bukan hantu, tapi simbol Sigil yang muncul ketika pemanggilan hantu Focus Blitz selesai dan mereka menyimpannya dalam phantograf. Hanya Andi yang bisa mendapatkannya, ini ada hubungannya dengan metode ilmu mistik dari kitab pedoman Ki Mantoh. Penemuan simbol sigil ini rahasia Focus Blitz.
KAMU SEDANG MEMBACA
FOCUS BLITZ
ParanormalPara pemburu foto hantu bersaing mendapatkan foto hantu terbaik sejak tahun 2000. Para cenayang dan produser untuk kelompok Phantografer bermunculan. Sejumlah acara TV ikut mempopulerkan kegiatan hunting tersebut... namun kelompok phantografer Focu...