Pasar bebas atau kapitalisme merupakan pemenang tunggal sistem ekonomi saat ini, setelah pertarungan besarnya dengan sistem komunisme di era perang dingin yang berlangsung kurang lebih 70 Tahun.
Sistem pasar bebas ini juga berevolusi,sebab di zaman malaise kehancuran ekonomi tahun 1920an yang melanda dunia saat itu,teori pasar bebas menurut penciptanya kegiatan ekonomi tidak boleh ada campur tangan pemerintah,kalau pemerintah terlibat akan terjadi persaingan tidak sehat, bisa terjadi monopoli perdagangan menurut pendiri sistem ekonomi pasar bebas. Teorinya sangat berkebalikan dengan Sosialisme,yang mengharuskan campur tangan Negara.
Resesi ekonomi tahun 1920an adalah kasus unik,ujian pertama bagi teori Pasar bebas (Kapitalisme), kehancuran ekonomi merata di setiap negara, banyak penyebabnya salah satunya adalah semakin terhubungnya ekonomi antar negara.efek dominonya sangat terasa.
Dihadapkan oleh kehancuran Ekonomi raksasa yang belum pernah dialami sebelumnya,pemerintah setiap negara terutama Amerika serikat terpaksa mengabaikan teori suci Pasar bebas,berujung dengan keterlibatan Negara,anggaran negara dikeluarkan untuk menalangi kegiatan Ekonomi supaya bergairah kembali, dan terbukti manjur.
Di era itulah sistem sosialis terutama komunis mendapatkan panggung dan banyak mendapatkan pengikut, kegagalan teori pasar bebas murni(tanpa campur tangan negara) di revisi oleh negara pengikut nya,bila keadaan darurat ekonomi seperti Tahun 1920an yang penyebab utamanya adalah pelaku Ekonomi(Kapitalis) sendiri yang bersaing mencari keuntungan setinggi-tingginya dan spekulan-spekulan liar yang tanpa regulasi,menciptakan gelembung ekonomi artinya pondasi ekonomi kelihatan kuat dari luar,tetapi sebenarnya tidak, bila gelembung itu bocor akan meletuskan gelembung tersebut seperti itulah ibaratnya kehancuran ekonomi yang terjadi di Tahun 20an,efek ledakan berantainya menyebar di setiap negara.Gelembung itu bisa disebabkan kredit macet, gagal panen yang menyebabkan naik nya harga,karena salah prediksi,Investasi yang ditanam menguap dengan kerugian besar.
Kejadian ini salah satunya terulang di masa kini, tepatnya tahun 2008 lalu di Amerika serikat yang lumayan membuat resesi global,karena obatnya sudah diketahui,Pemerintah mengucurkan suntikan dana untuk menyelamatkan keadaan.
Teori Ekonomi pasar bebas(Kapitalis) tidak bisa dipungkiri pemain utama yang dominan di kancah dunia saat ini,Negara bekas penganut sistem ekonomi komunis saat sekarang ini seperti Rusia dan Pecahannya serta China dsb,telah menjelma menjadi Kapitalis sejati, menjadi raksasa ekonomi baru yang bisa mengimbangi Amerika serikat cs, yang dulu berbeda ideologi Ekonomi.
Negara kita juga menganut sistem tersebut, tapi malu-malu mengakuinya, yang di samarkan dengan istilah-istilah sosialis, seperti ekonomi kerakyatan, ekonomi gotong royong, Koperasi dsb. Bukan hanya kita, banyak negara juga mengalami hal seperti itu,intinya 90% negara secara samar dan terang-terangan berkiblat ke sistem pasar bebas(Kapitalis).
Soal pengentasan Kemiskinan sistem Kapitalis sangat beragam,ada yang berhasil terutama di negara negara maju dan yang punya Industri yang besar,
Seperti:
-Jepang
-Jerman
-Kanada
-Inggris
-Negara Eropa barat,dsb.Dan negara luas wilayah kecil yang SDM nya bagus.
Seperti:
-Singapura.
-Swiss.
-Korea selatan.dsb.Amerika serikat tidak dimasukan,kesimpang siuran data,pemerintah Trump mengatakan 3% dari jumlah Penduduk AS,sumber lain mengatakan 13% dari total populasi sekitar 40 Juta penduduk miskin dari 325 Juta (Data 2017)Total penduduk.
Kalau yang 12% warga miskin Amerika diambil, AS masih dalam kategori menengah dibandingkan dengan negara maju di atas.
Dilihat di Negara berkembang Sistem Pasar bebas banyak tidak berhasil dari yang berhasil,karena efek sampingnya malah memperparah kesenjangan Kaya dan miskin,ditunjang juga Negara berkembang bukan negara Industri.
Jadi Pasar bebas(Kapitalis) ada yang berhasil dan tidak...untuk saat ini sistem pasar bebas yang terbaik, dan perlu kita ambil dan perbaiki serta KARYA Ini akan menunjukan caranya...
KAMU SEDANG MEMBACA
RAHASIA TIDAK ADA LAGI ORANG MISKIN DI INDONESIA
General FictionKemiskinan adalah masalah di setiap negara berkembang dan negara maju.. setiap negara ada namanya kelas orang kaya, menengah,dan kelas bawah(miskin)... di negara berkembang tingkat penduduk miskinnya lebih banyak umumnya.. dan negara maju lebih sed...