Cerita di Tanah Kita

3.4K 631 151
                                    

| Songfiction | Poetic |

|| Music Day, 3rd of May ||

:SONGFICTION:

Kalian bisa memilih lagu Indonesia dari berbagai genre musik dan penyanyi .... Pilih satu lagu yang paling menantang untuk kalian dan buatlah cerita fiksi dari sana.

---***---

Warning: Full of metaphor, satire, poetic phrase / idiom.

|| E-Jazzy | 1515 words ||

|| E-Jazzy | 1515 words ||

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

"... Kawan,

banyak cerita yang mestinya kau saksikan

di tanah kering bebatuan."

____________________________________

INGATKAH KAU, Kawan?

Sekian lama kita menempuh asap dalam belantara bambu runcing, berselimutkan harum mesiu campur darah. Berakrab-akrab kita dengan jerit di antara tubuh-tubuh yang membisu. Sampai tumpul rasanya akan teror dan ancaman maut. Hilang kaki, hilang tangan—asalkan tak hilang harga diri dan secercah harap untuk merdeka.

Siang-siang kita kerja paksa, malam-malam kita bergerilya. Siang malam selundupkan senjata sambil berpikir-pikir mengenai anak dan istri di rumah—kapan pula bisa pulang pada mereka. Berpikir-pikir kita saban hari—kapan sang Pertiwi menghentikan tangisnya. Kita merindu, senantiasa berdoa agar lekas-lekas dijemput kibar bendera dan kumandang lagu bangsa nan raya.

Seumur hidup kita kunyah duka dan lara, lantas menelannya bulat-bulat. Seumur hidup kita berpahit-pahit agar manisnya terpetik.

"Untuk anak dan cucu nantinya," senandung kita bersama. "Untuk generasi kita nantinya."

Berjuang kita, agar Tuhan mendengar sampai doa itu kabul.

Jungkir balik kita, untuk mereka.

Sampai terdengar isak "MERDEKA" membahana.


|| Tubuhku terguncang

dihempas batu jalanan ||


Tahukah kau, Kawan?

Belakangan, kusaksikan segalanya. Kusimpan cerita ini, untuk disampaikan padamu jika suatu hari kita kembali temu.

Telah cerai-berai keluarga kita. Kala kutengok diam-diam cucu cicit kemenakan, para keturunanku dan keturunanmu. Bapak-ibunya telah lama mati, ditelan bencana tanah ini.

CaesuraTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang