Untuk memahami kehidupan,kita perlu belajar dari alam salah satunya dari kupu-kupu karena kupu-kupu merupakan simbol perubahan.Dengan kita menganalisis bagaimana proses daur hidup kupu-kupu,pasti awalnya kita tidak akan pernah menduga kupu-kupu yang indah berasal dari ulat yang menjijikan.Jika kita filosofikan ke dalam kehidupan kita,setiap episode kehidupan yang kita jalani pasti kita akan menghadapi masa-masa sulit,masa dimana ketika kita brutal,merasa diremehkan,atau bertingkah polah bodoh.Itu semua merupakan pelajaran hidup yang harus kita ambil hikmahnya,karena seburuk apapun kita dimasa lalu ingatlah bahwa hidup adalah sebuah metamorfosa untuk menjadi lebih baik.Jika kita merasa dihinakan dengan kebodohan jadikanlah itu motivasi untuk membuatmu lebih semangat lagi belajar melebihi batas rata-rata.Karena terkadang kita perlu hina untuk menjadi indah.
Allah.SWT dalam penciptaannya selalu melalui sebuah proses.Tahapan demi tahapan harus dilalui.Bukan tak mampu membuat semua nyata dalam sekejap mata,tapi karena Allah memberikan hikmah pelajaran dari sebuah proses,bahwa hidup adalah sebuah perjalanan panjang yang penuh perjuangan.Tidak semata-mata keinginan hidup yang lebih baik dengan usaha yang minimalis.Ingatlah selalu dalam memorimu,tancapkan dalam jiwamu bahwa kesuksesan tidak pernah terjadi instan,karena ia merupakan akumulasi dari cobaan dan semangat belajar yang dilalui dengan penuh kesabaran dan ikhtiar yang maksimal.
Ulat yang menjijikan hingga berubah menjadi kupu-kupu yang indah adalah sebuah perubahan yang telah disempurnakan sang maha pencipta.Begitupun kita sebagai manusia yang di anugerahi akal sehat perlu untuk berpikir kritis,menyadari fenomena alam sekitar dan belajar darinya kemudian mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.Sesuatu yang membuat diri kita porak poranda, sebenarnya jika kita melihat sesuatu itu dengan pandangan positif pasti akan membuahkan senyuman-senyuman yang membuat ambisi kita melonjak lebih jauh.Untuk itu marilah kita mencoba membuka diri untuk lebih peka dengan alam sekitar agar otak kita tidak terlampau sia-sia,karena semoga kita semua termasuk golongan orang-orang yang bersyukur atas nikmatnya dengan memanfaatkan potensi kecerdasan kita dengan banyak merenungi ciptaan Allah.SWT.
Menjadi pribadi yang lebih baik adalah pilihan tapi dibalik ketetapan yang kemudian kita dapatkan dari sebuah proses adalah takdir dari yang maha kuasa atasnya.Jadi saat usaha telah kita lakukan serahkan semuanya kepada sang pemilik takdir,dan apapun ketentuannya pasti yang terbaik untul kita.Tetap semangat memperbaiki hidupmu yang kalut,masa depanmu masih suci kita hanya perlu bertaubat atas kesalahan masa lalu dan jangan sampai jatuh pada lubang yang sama.
KAMU SEDANG MEMBACA
Metamorfosa Kehidupan
Non-Fictionsiapa yang tak jijik melihat ulat?dan siapa yang tak senang melihat kupu-kupu yang indah? terkadang kita perlu hina untuk menjadi indah.yuk kita belajar berfilosofi dari kupu-kupu yang sering kali kita temukan di alam.