Setelah melakukan tes secara online di waktu yang senggang dengan suasana yang tenang dan bisa fokus, akhirnya setelah beberapa hari hasil tes pun muncul dikirimkan melalui email dalam format PDF. Lalu saya pun membuka file tersebut yang ternyata isinya sebanyak 54 halaman.
Ada 3 cara untuk menemukan potensi bakat kita disini, yaitu:
1. Asesmen Talents Mapping (TM).
Ø Menggali sifat produktif (bakat) seseorang.
Ø Menginterpretasikan kekuatan terkait peran melalui bakat dominan.
Ø Berupa self-assessment yang di dalamnya memiliki 170 pernyataan
2 Asesmen Personal Strength Statement (PSS).
Ø Menggali pengakuan atas kegiatan produktif.
Ø Merupakan gambaran kemampuan/kompetensi dan minat terhadap aktivitas.
Ø Berupa self-assessment yang di dalamnya memiliki 114 aktivitas, yang terdiri atas 99 klaster yang terkait dengan peran dan 15 klaster yang terkait dengan bidang.
3. Strength Typology (ST-30).
Ø Tercatat sebagai cara paling cepat dalam menemukan diri.
Ø Merupakan gambaran kemampuan/kompetensi dan minat terhadap peran.
Ø Memiliki 30 tipologi manusia yang terkait dengan kekuatan yang produktif.
Ø Sebagai personal brand atau self-awareness bagi seseorang.
Ketiga asesmen ini bisa dijadikan sebagai alat untuk kepentingan pribadi (seperti untuk pemilihan karir, jurusan pendidikan atau profesi), kelompok, organisasi atau perusahaan seperti untuk rekrutmen, counseling, promosi jabatan, penempatan divisi, pembentukan kelompok kerja, pelatihan dll.
Nah selanjutnya sebagai contoh saya akan berbagi hasil tes saya. Ini merupakan urutan bakat saya yang dari 34 tema bakat. Setiap individu memiliki urutan yang berbeda-beda.
Urutan no 1 s/d 7 merupakan bakat terkuat saya
Urutan no 8 s/d 14 merupakan bakat pendukung saya
Urutan no 15 s/d 21 merupakan bakat netral
Urutan no 22 s/d 27 merupakan bakat lemah saya
Urutan no 28 s/d 34 merupakan bakat terlemah saya
Setelah melihat hasil tes ini, saya mencoba untuk fokus ketujuh bakat terkuat saya yaitu, IDEATION, DEVELOPER, LEARNER, CONTEXT, INTELLECTION, CONNECTEDNESS & BELIEF. Lalu saya pun mulai mencari arti dari tema bakat tersebut satu per satu dan berusaha memahaminya dan merasakannya.
KAMU SEDANG MEMBACA
INTROVERT-89 STORY
AventuraSebuah catatan petualangan seorang pria introvert dalam mencari jati diri, membentuk karakter, menempuh berbagai jalan dan mencapai impian. - Menemukan asal-usul keluarga - Bepertualang dengan motor bebek andalan - Mencoba memahami diri dengan melak...