Halimah binti Abdullah bin Al-Harits As-sa'diyah memiliki suami bernama Al-Harits bin Abdul Izzi bin Rifa'ah As-sa'di. Anak-anaknya adalah abdullah, anisah dan khadzdzamah. Anak-anak Al-Harits adalah saudara sepersusuan Nabi Shalallahu Alaihi Wasallam. Halimah juga menyusui Abu Sufyan bin Al-Harits bin Abdul Munthalib, anak paman Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasallam.
Sudah menjadi kebiasaan bangsawan Arab waktu itu, bayi yang dilahirkan disusukan kepada wanita lain. Khususnya kepada wanita dusun, supaya hidup di alam yang segar dan mempelajari bahasa arab yang baku.
Sebelum disusui oleh Halimah, Aminah menyusui sendiri Muhammad kecil selama tiga hari. Lalu dilanjutkan oleh tsuwaibah, budak abu lahab.Kemudian Muhammad dan bayi kalangan terpandang arab akan disusui oleh murdi'at (para wanita yang menyusui bayi). Rasulullah ditawarkan kepada murdi'at dari bani sa'ad yang sengaja datang ke mekkah mencari bayi-bayi yang masih menyusu dengan harapan mendapat bayaran dan hadiah.
Namun, mereka menolak karena Rasulullah adalah anak yatim. Meski demikian, Halimah Sa'diyah tidak mendapatkan seorang bayi yang akan disusui. Karena itu, agar pulang tanpa hampa, ia mengambil Rasulullah yang yatim itu sebagai anak susuannya.Keberadaan Muhammad kecil memberi berkah kepada keluarga Halimah, bahkan bagi kabilahnya. Setelah dua tahun, Halimah membawa Muhamad kecil mengunjungi ibunya. Karena sadar bahwa keberadaan Muhammad kecil memberi berkah kepada kampungnya, Halimah memohon Aminah agar Muhammad kecil diizinkan tinggal kembali bersama bani sa'ad. Aminah pun menyetujuinya.
Halimah bermakna lemah lembut, berkasih sayang ataupun orang baik. Halimah berasal dari bani sa'ad. Halimah Sa'diyah berarti Halimah yang lemah lembut yang bahagia.
Rasulullah tinggal bersama Halimah selama 4 tahun, pada saat itu Halimah adalah orang yang miskin, namun setelah merawat rasulullah kehidupan rumah tangga halimah berubah total. Dan itu menjadi buah bibir di kampungnya. Mereka melihat, keluarga yang tadinta miskin tersebut hidup penuh kedamaian, kegembiraan, dan serba kecukupan.
Domba-domba yang mereka pelihara menjadi gemuk dan semakin banyak air susunya, walaupun rumput di daerah mereka tetap gersang. peternakan domba milik halimah berkembang pesat, sementara domba-domba milik tetangga mereka tetap saja kurus kering. Padahal rumput yang dimakan sama.
Muhammad kecil dikembalikan ke mekkah setelah terjadi peristiwa pembelahan dada. Malaikat datang menghampirinya untuk membelah dada Rasulullah dan mengeluarkan hatinya.
Hati itu dibedah dan dikeluarkan gumpalan darah yang berwarna hitam. Kemudian dicuci. Setelah itu dikembalikan seperti semula. Halimah khawatir dengan keselamatan Muhammad kecil. Ia dan suaminya sepakat mengembalikan Muhammad kecil kepada ibunya.Ketika diserahkan halimah tidak tahu apa yang terjadi pada rasulullah, sebab untuk mendapat informasi di zaman itu sangatlah susah. Tiba-tiba ketika umur Rasulullah 40 tahun terdengarlah berita oleh Halimah, rupanya anak susuannya menjadi seorang rasul.
Namun demikian, untuk berjumpa dengan rasulullah begitu susah. Halimah memeluk islam di tangan orang lain dan bukan di tangan rasulullah. Hanya suatu hari halimah dapat berjumpa dengan rasulullah.Halimah Sa'diyah meninggal di madinah munawarah, lalu dimakamkan di baqi'. Makam halimah sangat dikenal disana. Semoga Allah mengangkat derajatnya bersama para sahabat nabi lainnya.
.
.
.
.
Jangan lupa vote ya guys assalamualaikum
KAMU SEDANG MEMBACA
kisah kisah islami
Non-FictionMengisahkan tentang para pejuang islam terdahulu, yang ceritanya menginspirasi bagi para pembaca seperti kisah khadijah, al khansa radhiyallahu 'anha, aqil bin abu muthalib, hamzah bin abdul muththalib, bilal bin rabbah dan masih banyak lagi . . . K...