Ditandai dengan terpublikasinya chapter ini, ada beberapa hal yang hendak saya sampaikan. Pertama, saya memohon maaf kepada teman-teman yang sudah mengikuti tulisan ini perihal keputusan yang saya ambil dua tahun lalu terkesan plin-plan dan saya tidak memungkiri hal tersebut. Tindakan itu terpaksa saya ambil sebagai langkah pencegahan atas tindakan tidak terpuji dari salah satu oknum yang memlagiat tulisan ini, sehingga saya menarik semua chapter analisis yang sudah terpublikasi dan saya pindahkan ke akun Medium milik saya.
Kedua, kejadian yang tidak pernah saya harapkan dua tahun lalu menorehkan trauma cukup dalam bagi saya sehingga menjadi kurang produktif menulis dan itu salah satu alasan saya kurang begitu aktif di sini. Namun, belakangan ini saya sedang berusaha untuk kembali produktif menulis fiksi pun nonfiksi. Oleh karena itu, saya memberanikan diri untuk untuk kembali mempublikasikan analisis teori NCT di wattpad.
Ketiga, mulai sekarang, setiap chapter akan saya publikasikan di Medium dan Wattpad pada waktu yang sama sebagai bentuk langkah pencegahan agar tidak terulang kembali insiden di masa lampau. Oleh karena itu, saya melarang keras siapapun yang mengambil keuntungan dengan cara memplagiat atau melakukan pembajakan (menyebarluaskan isi yang terpublikasi) tanpa seizin saya. Apabila ingin menjadikan tulisan ini sebagai referensi, mohon untuk meminta izin terlebih dahulu.
Keempat, saya melakukan perombakan dari segi materi, secara garis besar tidak ada yang berubah inti analisisnya, saya hanya menambahkan materi yang ada. Maka dari itu, publikasi akan memakan waktu lebih lama, harap pengertiannya. Beberapa chapter yang saya publikasikan bersifat menambahkan hasil analisis dari beberapa sumber, nanti akan saya cantumkan sumbernya di chapter yang bersangkutan. Meski di beberapa chapter saya hanya menambahkan detailnya, saya memasukkan beberapa pendapat dan pemikiran saya dengan mengambil informasi dari berbagai sumber.
Tulisan ini terinspirasi dari tulisan Kak pinkishdelight berjudul “NCTheory” dan saya telah meminta sekaligus mendapatkan izin dari beliau, maka ada beberapa chapter yang saya cantumkan namanya sebab saya menambahkan apa yang sudah ia tuliskan di bukunya. Jadi, saya yakin teman-teman yang sudah membaca “NCTheory” akan merasa tidak asing saat membaca beberapa chapter di sini.
Di samping itu, apa yang tertulis di sini, tiada niatan untuk membandingkan analisis yang saya lakukan dengan analisis orang lain atau menghakimi teori-teori NCT yang sudah bertebaran di jagad maya. Daripada “membandingkan” dengan teori yang sudah teman-teman baca di dunia virtual, apakah ini benar atau salah, tolong diingat bahwa karya sastra itu bersifat multitafsir. Setiap orang memiliki pemikiran dan pendapat yang berbeda-beda, tidak ada yang salah dan tidak ada yang benar dalam hal ini, semua tergantung sudut pandang melihatnya.
Selain itu, apabila teman-teman memiliki pendapat yang berbeda dengan apa yang saya paparkan, sila berbagi dan mari berdiskusi bersama. Akhir kata, saya ucapkan terima kasih kepada teman-teman yang sudah membersamai tulisan ini sejak awal hingga saat ini. Semoga kalian tiada menemu jemu kala membaca hasil analisis saya dan saya ucapkan terima kasih pada siapa pun yang sudah menyempatkan waktu untuk membaca pun mengapresiasi tulisan ini.
Salam hangat,
Emma Griselda.
Pertama kali dipublikasikan pada 2019/05/04 dan dipublikasikan ulang dengan judul Neo Code Theory [Edisi Baru] pada 30 September 2020. Lalu, kembali dipublikasikan secara reguler di platform Wattpad pada 2022/07/01.
KAMU SEDANG MEMBACA
Neo Code Theory 「EDISI BARU」
Random"The book creates meaning, the meaning creates life." ㅡ Roland Barthes ㅡ ⚠️ DON'T PLAGIARISM! ⚠️ 🚨PLEASE TAKE OUT WITH FULL CREDITS 🚨 ㅡ COVER BY sharpstarclass on twitter ======================================= © Emma Griselda, 01 Juli 2022. Tuli...