🔥🔥🔥
Nggak ada siapapun di rumah.
Baik itu Mama ataupun Ayah.
Padahal aku sudah bilang bakalan pulang hari ini.
Meski sebenarnya udah biasa, tapi tetep aja ada kecewa yang kurasain pas tahu rumah kosong sore ini.
Ayah sama Mama emang sama-sama sibuk di luar, mereka jarang ada di rumah di waktu bersamaan. Mama nyuruh aku buat mesen makanan, karena sepertinya hari ini Mama belum bisa pulang. Sementara Ayah ... beliau bahkan belum membalas pesanku. Mungkin karena beliau lagi ada di tempat yang jauh.
Alih-alih menurut, aku mutusin buat balik kos. Percuma tetep di rumah kalo toh ujung-ujungnya aku sendirian.
Dalam perjalanan balik kos, aku kepikiran buat ngajak Aji makan malam bareng. Karena kalo sama dia, kemungkinan moodku bakalan membaik.
Aku lebih dulu berhenti di tempat makan langganan kami yang letaknya nggak jauh dari kos, dan langsung hubungin Aji begitu sudah duduk. Biar nanti pas udah di kos, aku tinggal tidur dengan perut kenyang.
"Assalamu'alaikum, Nyi!"
"Wa'alaikumsalam," jawabku sembari naruh ransel di bangku kosong sebelah kiriku. "Di mana, Ji?" tanyaku basa-basi.
"Kos lah! Ngerjain tugasnya Prof.Luthfi."
"Dih, sok rajin si Kartolo!"
"Heh, yang nyontekin tugas ke kamu selama ini siapa kalau bukan aku!"
"Baru sekali nyontekin aja udah pamrih!"
Aji malah tergelak.
"Udah makan belum?"
"Udah lah!"
"Kok tumben?"
"Kamu bilang hari ini pulang ke rumah, ya udah aku makan sendiri."
"Makan apa emang?"
"Mie goreng."
"Perut karungmu itu kenyang cuman makan mie goreng?"
"Aku makannya tiga bungkus tau!"
"Ck! Pantesan! Sekalian bungkusnya ya kamu makan?"
"Ngawur!"
"Lah tadi bilangnya makan tiga bungkus!"
"Wes karepmu Nyi! Bikin kepalaku cenut-cenut kalo ngomong sama kamu!"
Aku tersenyum sambil merhatiin sekitar.
Suasananya lumayan rame, dan hampir semua meja terisi, rata-rata mahasiswa.
Nggak kaget sih, selain enak, porsi makanannya banyak, harga di tempat ini sangat terjangkau buat kantong anak kos. Belum lagi letaknya yang ibaratnya ada di tengah-tengah, antara area kos dan kampusku.
Itu sebabnya, tiap ke sini yang aku lihat emang kebanyakan mahasiswa yang datang. Nggak terkecuali malam ini. Ada yang datang berdua, bertiga, bahkan ada juga yang sendiri. Aku maksudnya.
"Kamu beneran lagi nugas, Ji?"
"Heh, gini-gini aku tau kalo bohong itu dosa!"
Lagi-lagi aku tersenyum gara-gara omongan Aji.
"Kamu besok datang jam berapa? Udah ngerjain tugas kan?"
"Habis ini kukerjain."
"Nggak usah ngomong mau ngerjain, Nyi. Percaya sama aku," sahutnya yang bikin aku sempat mengernyitkan dahi. "Karena kenyataannya, kita yang lagi dikerjain sama tugas! Sumpah ini susah!"
KAMU SEDANG MEMBACA
AGNI (Sudah Terbit)
Подростковая литератураJangan lupa makan, nanti mati -Agni-