malam ke-7

710 9 1
                                    

Sabtu, 11 mei 2019

Assalaamu 'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh

Puji syukur atas kehadirat Allah serta shalawat selalu kita curahkan kepada nabiullah Muhammad shallallaahu 'alaihi wasallam.

Hadirin wal hadirat yang dirahmati Allah

Judul ceramah : bulan ramadhan sebagai bulan pembelajaran

Bulan ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, di dalam bulan ramadhan pahala di lipat gandakan. Bulan ramadhan ini sebagai pembelajaran bagi kita. Apabila mungkin di luar bulan ramadhan kita makan siang dan malam secara rutin, maka pada bulan ramadhan ini kita melakukan yang namanya puasa, yaitu menahan makan dan minum dan apa2 yang membatalkannya dari terbitnya matahari hingga terbenamnya matahari. Dengan kata lain kita tidak makan dan minum di siang hari, kita mengistirahatkan organ pencernaan kita pada siang hari. Dan ini bagus untuk tubuh kita dan artinya kita menyayangi tubuh kita. Ibarat mesin apabila digunakan secara terus menerus tanpa istirahat maka lama kelamaan mesin itu akan bermasalah, begitupun dengan sistem pencernaan kita ini, apabila kita hanya memaksanya untuk terus menerus memasukkan makanan dan tanpa mengisterahatkannya, maka organ pencernaan kita ini akan bermasalah.

Hadirin wal hadirat yang dirahmati Allah

Bulan puasa membawa begitu banyak rahmat untuk kita. Di setiap malam tarwih terdapat berkahnya tersendiri. Maka dari itu marilah memanfaatkan bulan ramadhan ini dengan melakukan ibadah.

Hadirin wal hadirat yang dirahmati Allah

Cukup sekian ceramah dari saya. Wassalaamu 'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

kumpulan ceramah ramadhanTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang