Selasa, 21 mei 2019
Assalaamu 'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh
Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah. Serta salam dan shalawat selalu kita curahkan atas nabiullah Muhammad Shallallaahu 'alaihi wasallam
Hadirin wal hadirat yang dirahmati Allah
Pada bulan ramadhanlah awal diturunkannya Al-Qur'an secara berangsur angsur, yaitu pada tujuh belas ramadhan. Al-Qur'an diturunkan secara berangsur angsur dan ayat yang pertama turun adalah surah Al-'Alaq ayat satu sampai lima. Nabi Muhammad shallallaahu 'alaihi wasallam suatu malam bermimpi untuk ke gua hira untuk menyendiri, karena orang orang pada masa itu sudah terlalu jauh dalam islam, menyembah patung sudah menjadi kebiasaan pada masyarakat pada waktu itu. Di gua hira Nabi Muhammad shallallaahu 'alaihi wasallam ditemui oleh malaikat jibril dan membawa firman Allah. Kemudian malaikat jibril berkata pada nabi Muhammad "iqra'" yang artinya bacalah, nabi hanya terdiam, kemudian malaikat jibril berkata "iqra'" dan nabi masih terdiam, lalu malaikat jibril berkata "iqra' bismirabbikalladzii khalaq, khalaqal insaanu min 'alaq, iqra' warabbukal akram, alladzii 'allama bil qalaam, 'allamal insaanu maa lam ya' lam.
Hadirin wal hadirat yang dirahmati Allah
Awal turunnya Al-Qur'an yaitu surat surat pendek yang disebut surat makkiyah, kemudian diturunkanlah surah surah yang panjang yang disebut surah madaniyah. Turunnya ayat ayat Al-Qur'an berdasarkan pada kejadian2 pada zaman nabi. Al-Qur'an diturunkan secara berangsur angsur dalam waktu selama 22 tahun 2 bulan 22 hari. Al-Qur'an menjadi petunjuk untuk umat islam dalam menjalankan kehidupan.
Hadirin wal hadirat yang dirahmati Allah
Di bulan ramadhan ini marilah kita memperbanyak ibadah, diantaranya dengan memperbanyak membaca Al-Qur'an dan meningkatkan sholat sunnah dan memperbanyaknya.
Hadirin wal hadirat yang dirahmati Allah
Cukup sekian ceramah dari saya. Wassalaamu 'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.
KAMU SEDANG MEMBACA
kumpulan ceramah ramadhan
Nonfiksiseperti pada judulnya, ini bukanlah cerita maupun novel, melainkan kumpulan cerama ramadhan. ini adalah kumpulan ceramah yang saya dengarkan pada saat sebelum shalat tarwih dan witir dilaksanakan. di mesjid sekitaran rumah saya memang selalu mengada...