Chapter 28

227 8 0
                                    

Hari ini adalah hari dimana mama bakalan gue ajak ke rumah baru kita. "Ma, rapihin baju-baju mama, semua barang yang sempet mama bawa kesini,"kata gue pagi itu, bikin mama, Sally, sama Jeff ngeliat ke arah gue dengan bingung. "Emangnya kita mau kemana Lex?,"tanya mama. "Ehm... Waktu kemaren, aku, Niall sama Logan pergi nyari rumah baru buat kita tinggal,"kata gue lagi. Tiba-tiba Sally meluk gue dan bilang,"jangan, kalian bisa tinggal disini selama yang kalian mau tapi jangan pergi, kalo kamu sama Jane pergi, gak ada yang bisa diajak ngobrol". Jujur aja gue kesian sih sama Sally, tapi gak begini caranya. "Kita terima kasih banget tante mau nerima kita disini, tapi kita gak bisa tinggal disini selamanya. Gimana kalo tante juga ikut ke rumah baru, jadi kalo tante mau, tante bisa dateng kapan aja,"kata gue lagi, dan dalem sekejap itu, Sally langsung ceria dan semangat lagi, bikin kita semua nyengir. Gue rasa gue tau darimana sifat ceria Lulu berasal. Niall sama Logan masihng-masing bawa satu koper mama, sementara gue bawa koper sisanya. Semua naik ke mobil, dan gue tancep gas, sementara Niall muter musik. Lagunya David Archuleta, Who I Am langsung mengalun, dan gue bersenandung pelan, karena gak mau nanti dilirik aneh sama mama dan Sally. Gak disangka, Sally malah nyanyi keras-keras, dengan lirik yang sempurna. Ternyata dia hafal mentok semua lagu-lagunya David Archuleta. Akhirnya, tanpa jaim lagi kita semua nyanyi bareng pas lagunya One Direction, What Makes You Beautiful mengalun. Sebenernya kita nyanyiin lagu itu cuma buat bikin Niall salah tingkah, tapi satu mobil jadi ikutan nyanyi, bahkan mama ketawa sampe megang perutnya. "Yup, kita udah sampe,"kata gue sambil masuk tempat parkir. Pas mobil berenti, mama sama Sally keluar dari mobil, keliatan terpana sama rumah yang gue beli. Yep, rumah yang gue beli. Kita masuk ke dalem, dan mama nyentuh semua barang yang ada di rumah itu dengan tatapan gak percaya. Pas ke bagian kamar, mama ngeliat ke arah gue dengan mata berkaca-kaca. Dia terus meluk gue dan bilang,"makasih ya Lex". Perasaan hangat langsung menjalar ke seluruh badan gue. Setiap dipeluk mama, rasanya pasti aman, biarpun ada masalah. Niall sama Logan ngeliat ke arah kita dan senyum. Akhirnya Niall sama Logan ngambil 2 kamar yang ada diseberang kamar gue sama mama, dan mulai beres-beres. Gue, Logan sama Niall gak keluarin banyak barang, toh kita cuma bakal disini selama 3 hari, sesudah itu kita harus balik lagi ke L.A. "Tapi nanti mama sendirian dong kalo kamu udah balik ke L.A?,"kata mama. Tiba-tiba gue sadar. Disini sih rumahnya bagus, tapi orangnya cuma sedikit. Ada sih tetangga, tapi gak banyak. Baru juga ngomong, Pintu depan diketok. "Aku yang buka,"kata gue sambil turun ke bawah. Pas gue buka pintu, ada laki-laki paruh baya. Kulitnya cokelat dan rambutnya warna cokelat keemasan, sama seperti warna kumisnya. Matanya warna biru, dan dia senyum, mamerin giginya yang putih bersih seperti yang ada di iklan odol. "Maaf, anda siapa ya?,"tanya gue, rada blak-blakan. "Saya Dean Blanco, tetangga sebelah. Saya denger kalian baru pindah kesini?,"tanya dia dengan sopan. Dalam sekejap, gue langsung suka sama orang ini. "Siapa Lex?,"tanya mama, Niall, sama Logan sambil turun. "Tetangga,"kata gue lagi. "Silahkan masuk"

***

Kita ngobrol di ruang tamu, dan gue bisa langsung menyimpulkan kalo Dean itu orangnya ramah banget. Dia tinggal sendiri, belum punya anak dan istrinya meninggal. Dia kerja jadi kontraktor, beli rumah tua, direnovasi buat dijual lagi. Dia juga punya satu hotel bagus di daerah Dublin. Sementara mereka ngobrol, gue berusaha hubungin Karen. Dia itu tentangga gue, tiap bayar kontrakan nunggak melulu, maklum, soalnya dia ngekos dan uang yang dia punya pas-pasan buat sekolah. Gue mikir mungkin dia mau tinggal disini nemenin mama, jadi dia gak usah bayar uang sewa lagi. Gue percaya sama Karen, dia anaknya baik, pinter lagi. Dan gue juga yakin, dia itu lebih dari mampu buat nemenin mama. Kita selesai ngobrol, dan gak sadar, taunya udah waktu makan malem. Akhirnya gue ke dapur, dan ngeluarin bahan makanan yang gue beli di perjalanan tadi. Lagi bikin mashed potato, Logan masuk ke dapur. "Ada yang bisa gue bantu gak?,"tanya dia. "Em... Tumbukkin kentangnya aja deh, gue tepar kalo mesti numbuk sampe alus, apalagi buat 7 porsi,"kata gue ambil ngiris daging ham. "Emang siapa yang mau dateng? Kita kan cuma ber enam,"kata Logan sambil naikkin sebelah alisnya. "Niall bisa makan 2 porsi,"kata gue lagi, dan pemahaman terlintas di mukanya. "Lo sama Niall.. Gue gak nyangka,"kata Logan lagi. Gue yakin, yang dia maksud itu 'hubungan' gue sama Niall. "Macarin klien ya,"kata Logan lagi. Biarpun dia nyengir, gak tau kenapa gue ngerasain kekecewaan dalam suaranya. Mungkin gue cuma mengkhayal kali yah? "Dia mau kasih gue kesempatan, katanya untuk ngerasain pacaran lagi, tapi gue cuma terima aja, gak mau dia kecewa. Jujur aja, kesempatan yang gue dapet udah cukup banyak, but i screwed it up,"kata gue sambil meringis. "Gak ada salahnya kasih cinta kesempatan,"kata Logan sambil tetep numbuk kentang. Gue terdiam. Itu kata-kata yang selalu Austin bilang ke gue. Kasih cinta kesempatan. Kita gak banyak ngomong soal pacaran lagi, sampe Logan bilang, "gue sama Amber udah jadian". Gue tau ini gak ada hubungan apapun sama gue, tapi gak tau kenapa, rasanya tuh kayak ada yang nusuk dari dalem. "Hah? Kapan? Selamat ya,"kata gue, pura-pura seneng. "Gak ada yang spesial sih, kita cuma ngobrol lewat telepon semalem, dan dia cerita semuanya ke gue,"kata Logan, naro kentang yang udah ditumbuk ke atas meja. Kita gak banyak ngomong lagi sesudah itu, tapi untungnya Niall masuk ke dapur, dan mulai gangguin kita, jadi suasana gak canggung. "Niall, ini belom mateng,"kata gue sambil nepis tangannya Niall dari baskom kentang tumbuk yang udah dicampur. Cuma tinggal dikukkus abis itu selesai. "Pweaseeee???,"kata Niall sambil ngasih puppy-dog-eyes dan mulut yang rada dimonyongin. "Udah, makan cheetos aja sana,"kata gue sambil nunjuk plastik barang belanjaan, yang langsung diserbu Niall dengan gembira. "Udah gede, tapi masih kayak anak-anak,"kata gue sambil senyum. "Tapi elo mau pacaran sama dia,"kata Logan. "Yah, dia itu orangnya emang keliatan agak cuek, tapi sebenernya dia perhatian kok sama gue. Buktinya dia berusaha sebisa mungkin untuk gak nyanyi lagunya Justin Bieber, karena gue gak terlalu suka lagunya, dan dia selalu berhasil bikin gue ketawa lagi,"kata gue panjang lebar. Ya ampun, gue kedengeran kayak jatuh cinta beneran sama Niall, biarpun kenyataannya engga. Yah, semuanya bisa dikarang, seperti perasaan. Seperti kata pepatah yang pernah gue denger, gak harus pinter bikin puisi untuk bikin puisi, atau gak perlu ngalamin rasa cinta untuk nulis novel atau cerita cinta. Mungkin hal itu berlaku juga sama gue. "Yeah, terserah,"kata Logan sambil muter bola matanya. Kenapa sih nih anak? Kok kayaknya gak demen banget gue ngomongin Niall? 

***

Dean tinggal buat makan malem, dan kita semua ngobrol asik sama dia. Jujur aja, dia itu  orangnya bisa masuk topik apa aja. Kita lagi ngomong tentang olahraga pas Dean ngomong soal roller dancing. "Roller Dancing itu keren. Kalo bisa, saya mau aja ketemu sama salah seorang roller dancer itu," kata Dean. Gue, Niall, sama Logan cuma saling liat doang satu sama lain, dan mama ngomong,"Alexis pernah ikut klub roller dancing sebelomnya". Mata Dean melongo segede piring, dan bilang,"serius? Pantesan aja gerakan kamu itu kayak orang yang sering main roller skate". Gue cuma ketawa-tawa aja. "Lain kali tunjukkin gerakan kamu,"kata Dean, dan gue cuma ngangguk sebelah bahu. Sejauh ini gak ada yang liat gerakkan gue kecuali mama sama Logan. Bahkan Niall gak pernah liat gue main. Kira-kira gue masih bisa gak yah? "Hei. Ngelamun aja?,"kata Niall, yang duduk di sebelah gue. Senyum kecil, cuma itu yang bisa gue lakuin. "Loliat deh, mama lo sama Dean,"bisik Niall. Gue ngeliat ke arah mereka, dan barulah gue sadar : Cara Dean sama mama saling ngeliat satu sama lain itu kayak seseorang yang lagi ngeliat pacarnya. Gue gak pernah liat mama kayak gini sebelumnya. Dia selalu fokusin semua perhatiannya ke gue, sampe gak mikirin kehidupan dia sendiri. Gue bingung, harus seneng atau takut. Gue takut, karena gue gak mau ada 'papa' yang lain. Satu aja udah cukup untuk bikin hidup gue menderita. Tapi gue seneng kalo itu bisa bikin mama bahagia, sesuatu yang jarang gue liat selama bertahun-tahun. "Lexis? Hello?,"Kata Niall, sambil nyenggol gue. "Hah? Iya? Kenapa?,"kata gue, rada gelagapan. Dia ngasih liat senyum yang nunjukkin kesedihan. "Tidur duluan ya,"kata Logan sambil naik ke atas, ninggalin gue, Niall, mama, sama Dean di ruang tamu. "Jalan ke pantai yuk,"kata Niall. Gue ngangguk, dan kita berdiri, bilang sama mama dan Dean kita mau pergi ke pantai. "Bawa jaket sana, malem-malem gini dingin loh,"kata Mama. "Gapapa ma, bajuku udah tebel kok,"kata gue. Pas gue sama Niall jalan ke pintu depan, Dean bilang,"jaga dia baik-baik Niall, jangan balik terlalu malem". Nada Dean ngomongkayak gitu kebapakan banget, gue ngerasa kayak dia itu papa gue. Niall cuma ngebungkuk, hormat, dan bilang,"siap pak!". Gue ketawa, diikutin mama, sama Dean yang cuma senyum. "Iya, kita gak bakal balik malem-malem kok,"kata gue sambil narik Niall ke pintu belakang, yang langsung nembus ke pantai

***

-Niall's POV-

Gue ngajak Alexis keluar ke pantai, karena bosen di dalem rumah, dan masih terlalu cepet buat tidur. Logan dengan misteriusnya bilang dia mau tidur. Bohong banget, dia biasanya belom tidur, karena jam segini di L.A, biasanya kita masih ada di loft Alexis. "Tumben ngajak gue keluar? Elo mau ngasih waktu buat mama sama Dean berdua ya?,"kata Alexis, membuyarkan lamunan gue. "Menurut lo Dean itu orangnya gimana?,"tanya gue. Di sebelah gue, dia diem sebentar dan duduk di pasir. Ngikutin dia, gue juga duduk di pasir. "Gue baru kenal Dean hari ini, dan gak bisa menilai dia dari pertemuan pertama. Tapi kalo lo tanya pendapat gue, kayaknya sih dia orangnya baik,"kata Alexis. Gue memutuskan untuk nekat. "Menurut lo, kalo dia sama mama lo saling suka gimana? Lo setuju?,"tanya gue. Dia langsung agak kaku, dan bener-bener gak ngeluarin bunyi apapun. Tapi akhirnya dia jawab pertanyaan gue. "Gue masih agak ragu untuk nerima orang baru di kehidupan gue lagi, dan ide kalo Dean jadi pengganti papa masih bikin gue sedikit takut. Gue gak mau nanti dia berubah jadi papa yang sama. Tapi kalo Dean bisa bikin mama bahagia... Mungkin gue harus kasih mereka kesempatan,"kata dia sambil ngeliat ke arah ombak yang menggelitik kaki kita. "Gue gak tau apa yang harus gue lakuin. Banyak hal yang bisa terjadi dalam setiap detik kita napas," kata Alexis sambil ngeliat ke arah gue. Tiba-tiba, jantung gue berdetak kencang, seperti abis disuruh lari marathon 100 meter. Wajah Alexis yang cuma diterangin sinar bulan, dengan matanya yang keliatan mikirin banyak masalah... Gak tau kenapa gue ngerasa harus bikin dia bahagia. Apa ini berarti... Gak mungkin. Gue udah janji semua ini cuma untuk pura-pura. Tapi gue gak bisa bohongin diri gue sendiri. I've fallen for Alexis Charday, fallen hard

He Or He (Indonesian Language)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang