Diagnosa

7 2 2
                                    

Happy reading!
Walau gak ada yang nge-read hihihi😁😭

******************************

(Hana POV)

Hari demi hari pun berlalu. 2 minggu setelah kecelakaan itu, gue ngerasa ada yang aneh. Belakangan ini gue sering ngerasa pusing. Entah kenapa, gue juga gak tau. Tapi gue selalu positive thinking dan selalu bilang"ah, mungkin karna terlalu sering belajar buat bekel ke universitas". Tapi, lama kelamaan pusing itu berubah jadi sakit yang luar biasa. Bahkan terkadang gue bisa pingsan dan muntah-muntah. Karna itu orang tua gue jadi panik berlebihan. Mereka selalu bilang, "ayo kerumah sakit, kalo sakit jangan dibiarin terus, nanti nambah parah", Tapi gue selalu nolak. Gue terlalu nganggap remeh sakit yang gue rasain.

2 minggu setelah ujian nasional, akhirnya hari kelulusan sakaligus perpisahan pun tiba. Gue gak nyangka waktu kepsek pidato dia bilang gue berkesempatan dapet beasiswa ke luar negeri karna nilai ujian akhir gue bagus.

Setelah penyerahan murid ke orangtua, gue sama temen-temen foto bareng buat kenang-kenangan

"Foto yuk, buat kenang-kenangan" ajak Alika

"Ayo!"

Kamipun mulai foto-foto buat ngabadiin moment itu.

Gak lama kemudian, gue ngeliat Angga. Dia yang biasanya selalu nyari masalah, entah kenapa sekarang jadi pendiam. Mungkin dia ngerasa bersalah atas kecelakaan itu, tapi gue tau dia gak sengaja dan gue udah maafin dia.

Dia cuma mandang gue dari jauh. Tanpa mau nyamperin atau ngucapain selamat. Akhirnya, gue yang nekat nyamperin dia dan ngucapin selamat duluan.

"Angga! Selamat ya! Akhirnya gue pisah juga sama lo"

"Iya sama-sama. Akhirnya gue gak akan ketemu lagi sama lo, dan semua tekanan hidup gue bakal ilang"

"Hahaaa, segitunya! Ini kan udah perpisahan, ayok foto bareng"

Akhirnya, gue punya foto kenang-kenangan sama Angga, orang yang udah bikin hidup gue berubah drastis, tanpa pernah gue sangka. Dan tanpa gue sadari, gue mulai ngehapus kebencian gue sama Angga.

Selesai perisahan, gue ngerasain sakit yang luar biasa lagi. Sampe akhirnya gue ngebatalin rencana makan-makan bareng temen-temen dan pergi sendiri kerumah sakit untuk check up. Gue sengaja gak ngajak Eomma sama Papi karna gue gak mau buat mereka khawatir.

(Angga POV)

Gue gak nyangka bakal sejahat ini sama Hana. Gue tau dia ngeselin tapi, apa yang gue lakuin ini adil buat dia?

Dari tadi dia cuma mandang gue, entah karna marah atau apa. Gue ngerasa gak enak, gue malu sama diri gue sendiri, karna gue pengecut. Gak lama kemudian Hana nyamperin gue.

"Angga, selamat ya, akhirnya gue pisah juga sama lo"

"Apa ni? Gue kira dia mau marah" batin gue

"Iya sama-sama. Akhirnya gue gak bakalan ketemu lagi sama lo, dan semua tekanan idup gue bakal ilang"

"Apa omongan gue terlalu jahat? Gue gak tau harus ngomong apa" benak gue lagi

"Hahaaa segitunya! Ini kan udah perpisahan, ayo foto bareng"

Akhirnya gue foto bareng sama Hana. Dan dia bakal nyimpen foto orang brengsek kaya gue.

Waktu diakhir acara, gue ngeliat Hana sama temen-temennya. Dan Hana keliatan kesakitan. Karna penasaran, akhirnya gue ngikutin dia. Ternyata dia pergi kerumah sakit? Rumah sakit tempat dia dirawat setelah kecelakaan di fun fair beberapa minggu lalu. Hati gue terus bertanya, 'kenapa dia kerumah sakit? Apa sakitnya parah?'.

Setelah nyelesain admin, Hana masuk keruangan dokter. Sialnya, itu dokter yang waktu itu ngerawat Hana. Gue selalu berharap 'Semoga dokter itu udah lupa sama Hana'

"Permisi, dok. Saya mau check up"

"Iya. Jadi, apa keluhan kamu?"

Hana mulai cerita semua keluhan dia. Mulai dari pusing ringan, pusing berat, mual, muntah, dan terkadang sulit mengerti perkataan orang lain.

"Kalau dari gejala yang kamu alami, sepertinya kamu mengalami gegar otak"

"Apa? Gegar otak, dok?"

'Hah? Gegar otak? Jangan-jangan karna kecelakaan itu?" benak gue

"Dari gejalanya iya. Apa kamu pernah mengalami benturan sebelumnya?"

"Iya, dok. Waktu itu di fun fair..."

"Ohh, saya baru inget. Kamu yang waktu itu ya? Padahal saya udah bilang sama temen kamu kalau kamu harus didiagnosa lebih lanjut, tapi dia malah bawa kamu pergi"

"Angga, dia jahat banget. Tapi, saya jatuhnya kan udah lama dok, kenapa gejalanya baru sekarang?"

"Memang banyak orang yang tidak sadar mengalami gegar otak setelah kecelakaan, karna gejalanya tidak terlalu signifikan. Dan gejalanya pun tidak selalu langsung muncul, ada yang setelah berhari-hari bahkan berminggu-minggu."

"Jadi, sekarang saya harus apa, dok?"

"Kita harus diagnosa dulu. Kalau gegar otak ringan, kamu cukup istirahat dan mengurangi aktivitas. Tapi kalau gegar otak berat atau ada pendarahan yang mengharuskan operasi, ya kamu harus dioperasi"

"Apa? Operasi?! Apa separah itu? Ini semua salah gue, gue memang brengsek"

Gue gak tau kalau bisa separah itu. Gue nyesel kenapa waktu itu gue bawa pergi dia dari rumah sakit. Sekarang ini hasilnya. Karna gue Hana harus menderita. Tiba-tiba...

"Maaf, mas lagi ngapain ya, disini? Tanya suster yang tiba-tiba muncul

"Oh, saya lagi nunggu temen saya, sus."

"Ooh, gitu. Yaudah kalau gitu saya permisi"

Suster itu pun pergi. Terus gue lanjut dengerin omongan Hana sama dokter.

Gak lama kemudian, mereka bangun dan jalan kearah pintu, mereka pasti mau mulai diagnosanya. Gue pun cepet-cepet ngumpet. Setelah menunggu, akhirnya hasil nya keluar.

"Kalau dari hasil diagnosis nya, kamu memang kena gegar otak. Dan ternyata sudah cukup parah, karna tidak ditangani dengan benar. Kalau terlambat dan dibiarkan, gegar otak ini bisa semakin parah dan menyebabkan penyakit epilepsi"

Entah kenapa, Hana cuma diam. Dia kaya orang linglung, setelah beberapa detik baru dia ngomong.

"Apa? Ep.. Epilepsi?"

Hana keliatan panik, dan kayanya dia kesakitan. Tiba-tiba Hana pingsan, tanpa sadar gue langsung lari kearah dia, dan ngerangkul dia.

"Hana! Lo kenapa? Bangun! Dia kenapa dok?"

"Udah, lebih baik kita bawa dia keruangannya. Oh, ya! Tolong kamu hubungi orang tua nya ya"

Gue buru-buru ngambil handphone Hana. Dan langsung ngehubungin orang tunya. 'Untung handphone nya gak dikunci' benak gue. Gak lama telepon nya diangkat.

"Halo, tante. Tolong tante cepet kerumah sakit. Hana sakit, tante"

"Apa? Ini siapa? Hana kenapa? Dia sakit apa?"

Ibu Hana kedengeran panik banget, gue gak ngejawab dan langsung mutusin teleponnya. Habis itu gue buru-buru ngeliat Hana. Gue liat dokter sama suster lagi sibuk masang alat infus. Habis itu, gue titip handphone Hana ke suster, terus pergi dari rumah sakit.


******************************


Yang penting itu, bisa menyalurkan ide, jadi dia gak bumpet di otak.

*Voment*

PerfectTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang