Dear Sweet Readers

851 45 23
                                    

Dear Sweet Readers,

Hai, sudah lama ya kita tidak bertemu. Memang kita tidak pernah bertemu secara langsung sih, tetapi sudah lama aku tidak berbagi khayalan, buah pikir, pengalaman, kenangan, bacotan, apapun itu ke aplikasi jingga ini. Sungguh, aku juga sedih dengan kenyataan itu.

Dengan adanya post kali ini, aku ingin bercerita tentang apa saja yang sudah aku alami selama ini, sejak aku sering atau sepenuhnya menghilang dari sini.

Ada kabar baik dariku, aku sangat bersyukur pada Tuhan dan berterima kasih pada keluarga, teman-teman, serta orang-orang yang berada di sekelilingku di dunia nyata, maupun dunia maya, termasuk kalian semua pembaca yang manis, yang dari awal dengan setia menemani, membaca ceritaku, serta dengan aktif juga turut berkomentar.

Akhirnya, setelah 4 tahun aku kuliah, belajar dengan keras, sembari bekerja freelance untuk tambahan uang saku, bangun startup (meskipun setelah dapat modal ga dilanjut), dan saat waktu senggang (yang jarang banget ada) aku bermain, melukis, menulis di sini, berinteraksi dengan orang-orang kece di sini... sampai akhirnya.... taraa

Aku lulus kuliah sebagai Sarjana Teknik dari salah satu perguruan tinggi ternama di Indonesia dengan predikat pujian (nilai cumlaude).

Dan sangat bersyukur lagi, akhirnya aku bisa mendapatkan beasiswa yang aku inginkan sejak lama (meskipun tidak pernah menargetkannya, karena aku takut, dan aku rasa aku tidak bisa menggapainya), sehingga sekarang aku bisa melanjutkan studiku ke tingkat yang lebih tinggi di kampus Ivy League juga sampai dengan gelar PhD atau Doktor.

Usaha keras tentu tidak mengkhianati hasil. Dan tentu, aku bisa berada di sini karena dukungan kasih sayang, spiritual, mental, serta finansial dari keluargaku. (Well, aku lagi ga mau bahas soal bagaimana aku mencapai titik ini, kalau mau sih nanti aku ceritain)

Lalu sekarang, aku memberitahu ini semua bukan karena aku ingin pamer. Aku hanya juga ingin menyampaikan terima kasih yang besar kepada kalian semua. Karena, wattpad juga merupakan salah satu faktor aku bisa menjadi seorang Grace sekarang. Sekaligus, aku ingin meminta maaf pada kalian, kenapa aku jadi jarang hadir di sini.

Kalian tahu, aku mulai menulis di wattpad sejak Tahun 2016, meskipun awalnya aku sudah memiliki akun ini dari Tahun 2014. Awalnya aku tidak memiliki follower satu biji pun, aku hanya menggunakan wattpad untuk membaca cerita. Itu saja tidak sering. Kemudian, pada Tahun 2016, itulah tahun dimana aku mengalami patah hati untuk pertama kalinya.

Tujuan awalku menulis di sini ialah sebagai wadah untuk menampung segala amarah, kesedihan, dan berbagai emosi negatif lainnya, serta untuk menyimpan kenangan-kenangan indah dan buruk yang aku rasa tidak mungkin bisa aku dapatkan lagi, setelah hubunganku dengan cinta pertamaku kandas.

Ya, buku ku yang berjudul "Will You Be My Best Friend" itu merupakan 60% nya kisah nyata, yakni dari pengalamanku sendiri dengan cinta pertamaku di SMA. Itu juga salah satu buku yang menunjukkan bagaimana aku menemukan diriku yang sebenernya, menjadi seorang perempuan yang hanya tertarik pada perempuan. Lebih tepatnya, aku seorang demiseksual sih (Ga bisa aku jelasin di sini, tolong cari tahu sendiri demiseksual itu apa). Namun, siapapun aku, aku juga tidak ingin melabeli diriku, aku sudah menemukan diri sendiri, mengetahui apa yang ingin aku lakukan, dan apa yang membuatku bahagia, itu yang terpenting.

Awalnya aku tidak mengerti akan hal ini, aku benar-benar stres dan depresi karena cinta pertamaku itu. Kepercayaanku akan cinta juga terkikis habis, karena aku rasa, aku dan dia saling mencintai, dan tidak akan pernah berakhir, tetapi dengan mudahnya dia berkata, "Aku tidak mencintaimu lagi."

Namun, seiring waktu, sembari aku menyalurkan semua emosi negatifku ke sini, terus melakukan kesibukan dan kegiatan positif yang bermanfaat, serta dukungan keluarga dan teman-teman juga, aku mulai sedikit melupakan rasa-rasa sedih itu, sedikit mulai hilang trauma, aku mulai bisa menikmati hidup lagi, dan aku mengerti, aku masih bisa bertahan hidup tanpa dia, dan bergantung pada diriku sendiri. Aku bisa menjadi seorang perempuan mandiri, gigih, rajin, lebih percaya diri, cerdas, dan berprestasi. Aku  mulai belajar untuk merelakan yang sudah pergi, mulai memaafkan dan mencintai diri sendiri.

Aku benar-benar tidak mengerti, bagaimana kalian mengikuti drama yang aku bagikan, yang menurutku benar-benar sampah dari otakku. Aku berterima kasih untuk itu, karena kalian sudah membaca tulisan dan setia menemaniku dari awal untuk membaca ceritaku, memberikan dukungan, dan beberapa dari kalian pun sekedar menyapa menanyakan kabar. Aku mungkin tidak pernah bertemu dengan kalian tapi aku rasa pengalaman yang ada di sini juga telah membawaku sejauh ini, aku merindukan kalian. Aku juga rindu menulis di sini dan berbagi cerita dengan kalian.

Aku ingin meminta maaf juga, karena aku telah menghilang dan meninggalkan kalian begitu saja, tanpa sepatah kata apapun. Tapi yah, aku mempunyai tanggung jawab yang benar-benar harus aku selesaikan kemarin. Aku harap kabar baim dariku tidak membuat kalian marah dengan aku yang sering menghilang.

Untuk kedepannya, aku ingin melanjutkan cerita-ceritaku. Maaf, karena banyak dari kalian yang mengatakan, "Kelamaan updatenya, sampe lupa dengan ceritanya."

Yah, gimana yah... yang penting aku tidak lupa dengan ceritanya haha.

Oleh sebab itu, sebagai pengganti rasa bersalahku, aku pengen deh memberi satu bonus cerita buat kalian, entah itu melanjutkan buku, atau cerita pendek, terserah mau kalian. Beritahu saja di komentar di sini. Karena setelah itu, aku akan menjadi sangat sibuk, sekarang mumpung free nih. Aku bingung, aku harus melanjutkan apa, atau menulis apa, karena kalau aku melanjutkan cerita, takut dikomentarin, "Udah lupa sama ceritanya" hehe...

Sekian dulu dariku, sekali lagi terima kasih dan minta maaf.

Serta, selamat idul Adha buat yang muslim!!

Best regards,
Grace

GROW IN GRACETempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang