Bagaimana Jika Saya Dihubungi Penerbit?

29.7K 1.1K 34
                                    

Apa yang sebaiknya dilakukan jika seseorang mengatas namakan sebuah penerbit, atau editor menghubungi saya dan tertarik untuk merekrut karya saya ke dalam rumah penerbitannya?

Kamu pasti sangat senang, tetapi ada baiknya untuk menyelidiki terlebih dahulu.

Ketika para penulis terus mencari tanggapan luar biasa pada cerita mereka, banyak agen sastra dan penerbit memperhatikan cerita-cerita yang dipublikasikan di Wattpad

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Ketika para penulis terus mencari tanggapan luar biasa pada cerita mereka, banyak agen sastra dan penerbit memperhatikan cerita-cerita yang dipublikasikan di Wattpad. Panduan ini akan membantu kamu dalam melakukan riset jika kamu dihubungi seseorang melalui Wattpad.

Kami selalu menyarankan penulis untuk melakukan riset penting ketika dihubungi oleh seseorang yang mengaku sebagai agen, editor atau penerbit. Berdiskusilah dengan klien mereka sebelumnya dan saat ini dan pastikan untuk membaca semuanya dengan sangat hati-hati sebelum kamu menandatangani apa pun.

Lihatlah pada Wattpad's Industry Insiders Club. Posting pertanyaanmu dan anggota komunitas wattpad yang mumpuni dapat memberi masukan tentang rumah penerbitan yang terpercaya, cara mencari agen dan pertanyaan terkait industri lain yang selaras.

Banyak penulis Wattpad yang mendapatkan penawaran penerbitan profesional, seperti Anna Todd imaginator1D dan Natasha Preston NatashaPreston telah membuat kesepakatan yang memungkinkan mereka untuk tetap bekerja penuh di Wattpad. Ada manfaat untuk tetap bekerja penuh pada Wattpad, bahkan ketika kesepakatan buku telah tercapai, jadi pastikan untuk membahas hal ini dengan penerbit mana pun yang memungkinkan. Jika kamu memerlukan bantuan, silakan hubungi karyawan Wattpad yang dapat membantu menjelaskan kepada penerbit mengapa mereka harus terus meningkatkan kinerja kamu di Wattpad.

Lakukanlah pencarian melalui internet tentang rumah penerbitan atau agensi dan lihatlah, apakah hasilnya terlihat mencurigakan.

Kunjungilah situs resmi penerbit atau agen literasi. Sebagian besar agen literasi profesional dan semua rumah penerbitan memiliki situs website yang dapat dijangkau atau dikunjungi oleh penulis.

Lihatlah apakah agen atau rumah penerbitan memiliki afisiliasi atau kerjasama dengan perusahaan besar (misalnya Amazon). jika mereka memilikinya, hubungi atau kirimlah email pada mitra dan tanyakan apakah mereka yakin untuk merekomendasikan perusahaan tersebut.

Berhati-hatilah jika agen literasi meminta sejumlah uang muka atau menawarkan intensif seperti royalti berlanjut atau dijanjikan untuk menjadi kaya jika kamu memberikan naskahmu.

Pastikanlah kamu memahami sepenuhnya tentang alur proses dari agen atau rumah penerbit dan ketentuan perjanjian penerbitan mereka. Ini juga termasuk, tetapi tidak terbatas pada, hak cipta, hak distribusi, dll. Jika perlu, carilah pendapat mengenai hukum. Bacalah selalu perjanjian dalam bentuk cetak sehingga kamu mengetahui apa yang mungkin kamu dapatkan dan apa yang kamu berikan pada penerbit.

Jangan pernah takut untuk mengajukan banyak pertanyaan. Jika penerbit itu kredibel dan benar-benar memiliki ketertarikan kerjasama denganmu, mereka seharusnya tidak memiliki masalah dalam menjawab semua pertanyaanmu.

Jika kamu dihubungi seseorang yang visinya tidak selaras dengan visi kamu atau yang membuat tawaran yang tampaknya tidak adil, jangan merasa harus untuk menandatangani apa pun. Pahami bahwa ada sejumlah penerbit dan agen yang menggunakan Wattpad untuk mendapatkan talenta baru. Jangan menjual bakatmu untuk harga yang lebih rendah dari yang seharusnya.

Jangan ragu untuk menghubungi kami jika kamu tidak yakin dengan kredibilitas agen atau penerbit. Kami dapat memberi informasi apakah mereka adalah penerbit yang valid untuk memasarkan cerita Wattpadmu.

Informasi Umum WattpadTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang