bagian 2

8 0 0
                                    

tok! tok! tok!

"permisi???"

tidur nyenyak gua terbangun karna seseorang ngetok pintu uks. iya, gua cabut pelajaran di uks alesannya cukup klise; sakit perut. padahal lagi mual sama mtk.

pas gua buka pintu uks, didepan pintu ada siswi kelas ---X mungkin? karna asing mukanya. "kenapa?" tanya gua.

"eh maaf ka, jadi ganggu. ini, tadi ada pesan dari bu Isma. katanya kalau kakak udah mendingan, bisa masuk ke pelajaran lagi nggak??"

sedetik, gua sama dia eyecontact sebelum akhirnya gua mutusin itu eyecontact dan menghela nafas pendek. "oh gini dah. tolong bilangin bu Isma, gua belum bisa masuk pelajarannya masih ga beres ini perut,"

"kalo boleh tau, kakak sakit perut ya?"

lah kenapa kepo bat dah? "iya."

terus gua kaget sama perlakuan dia yang tiba-tiba pegang dahi gua. dan ketawa sedikit ---manis anjur.

"kak, bohong ya??"

anjir ketauan wkwk. "iya, gua cabut males sama mtk. ini gada yang perlu dibahas lagi kan?? gua ngantuk soalnya."

"tapi kak, ga sebaiknya kakak masuk dan ikutin pelajaran aja? kan bagus ---"

"iya gua tau. tapi kali ini tolong banget inimah, gua bener-bener lagi ga kepengen diganggu apalagi berususan sama angka."

siswi kelas X itu cuma senyum abis itu dia ngangguk dan ngasih gua "permen?"

"iya, biar kakak ga ngantuk lagi. semangat ya kak! nanti aku sampe in ke bu Isma kalau kakak masih kurang enak badan!"

akhirnya beberapa detik kemudian dia menghilang dari pandangan gua terus gua ngeliatin permen yang dikasih barusan.

"permen yupi emang bisa buat ilangin kantuk? ada-ada aje orang,"

###

"ngapasi diliatin mulu itu permen? kalo kaga mau mending sini dah buat gue bang. pait bet mulut abis ngoceh." kata hendra ngambil bungkusan yupi yang masih terkantung rapih.

"anjir enak aje! gua kepengen tapi buat entar." gua ambil lagi bungkusan yupi nya dan ditaro dikantong kemeja.

"lah tapi, sejak kapan Ja lu doyan permen yupi-yupi an kek gitu?" tanya Markev.

yang lain ngangguk setuju. lah iya anjir, gua anti ama permen helokiti begini kan. "yaudah ngapa orang lagi kepengen emang kaga boleh? shombong amat." alibi gua.

"boleh lah sapa bilang kaga boleh. kita kan kepo ae biasanya lu juga ogah beli permen gituan."

"namanya juga dikasi manabisa nolak bego,"

"mangstap. sama degem lagi nih?"

gua ketawa. bisa disebut degem, tapi ga terlalu gemesin. malah cupu keliatannya. "nggak tau, cupu si tepatnya haha."

gak jauh dari jarak gua kumpul sama temen-temen geng gua ada salah satu siswi yang ada digerombolan lagi liat meja gua dan menunduk. keliatan dari ekor mata gua tadi ga sengaja ngeliat.

"Ja masuk bego! udah ada bu Jeenan."

gua pun berdiri terus ngambil permen yupi yang dikasih tadi dan makan sambil berjalan dibelakang Markev yang sibuk godain degem.

###

"Raja. . ."

gua menoleh kearah sumber suara. mamah yang manggil gua dari ranjangnya. gua pun menghampiri beliau dan

"iya mah, ini Raja. kenapa?"

"uhuk- uhuk. tolong- panggilkan Abang- mu itu -uhuk uhuk-"

"bang Jony sama June, mah?"

beliau mengangguk lalu gue berdiri dan mengecup singkat dahi nya, "sebentar mah Raja panggilin ya."

gua jalan keluar kamar dan rada menjauh dari kamar mamah karna takut ketauan kalo June jarang pulang. soalnya manggil gua tuh gini.

"BANG JON DIPANGGIL MAMAH! SURU TURUN. JUNE JUGA BILANGIN SURU  BALIK BILANG AJA MAU LO KASI UANG JAJAN KEK BIAR DIA BALIK."

cara terbaik manggil bang Jony tuh yagitu. gak lama kemudian bang Jony datang dengan keadaan headset ditelinganya dan cuman pakai kolor sama kaos oblong.

"kenapa, mah?" dia jalan nyamperin gua sama mamah.

"Rendra mana. . ."

gua sama bang Jony saling pandangan bingung mau jawab apa. gamungkin kita bilang dia lagi nge-clubbing diluar sana. akhirnya bang Jony bilang,

"lagi pergi kerumah temennya, disini kan udah ada Jony sama adek, mamah mau ngomong apa??" bang Jony mendekat dan menangkup pipi mamah yang tirus itu.

"ma. . mah. mau, kalian. . . pergi kerumah pa-man ka-lian ka-lau mamah. . udah pergih yah. . h h,"

"mah apasih! jangan pernah nyebut-nyebut dia lagi depan Jony! Jony gasuka. bahkan Jony gak sudi kalau harus pergi kerumah dia. Jony jijik."

inilah bang Jony setiap denger kata 'paman' dari mulut mamah atau yang lain. sementara gua cuma bisa menghela nafas dan pegangin bang Jony supaya dia gak tambah emosi.

"bang udah bang. jangan bentak mamah ntar malah mamah kambuh,"

gua sekarang menyentuh pundak mamah dan pergelangan tangan yang hanya tersisa tulang tanpa ada daging nya.

"mamah juga ya, mamah gak boleh bicara kayak gitu. Raja yakin mamah kuat. Raja, bang Jon sama bang June bakal ada buat mamah. selalu,"

ngeliat wajah sendu mamah buat gua tambah sedih aslian. bang Jony mengatur nafasnya lalu mendekat lagi kearah mamah.

"maafin Jony ya mah, Jony gak suka mamah selalu ingat laki-laki brengsek itu. mamah juga jangan pernah ngomong begitu lagi, Jony bakalan ada buat mamah kalau mamah perlu bantuan. maafin Jony mah. Jony sayang sama mamah," jelas bang Jony yang langsung direspon senyuman hangat mamah dan kita pun akhirnya meluk mamah tanpa tau kalo ada seseorang dibalik pintu kamar mamah yang meneteskan air matanya.

###

yg dibalik pintu itu guwa soalna nangis mereka pelukan bgtu.

k a k e l | lucasTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang