7

16 4 0
                                    

"Semalem orang tua gue pulang".

"Terus?". Sekarang gue sama Caramel lagi di taman belakang sekolah. Gue lagi dengerin dia curhat.

"Yaa gituu mereka nangis-nangis minta maaf ke gue".

"Terus lu maafin?". Caramel menggeleng pelan.

"Gue masih butuh waktu".

"Jangan sia-siain kesempatan yang ada. Mumpung mereka masih ada, maafin. Nanti kalo udah nggak ada nyesel lagi". Kata gue sambil menatap langit.

"Tau... Tapi luka yang mereka kasih ke gue itu dalam banget. Semenjak gue SMA mereka sama sekali nggak peduli sama gue".

"Are you seriously?".

"Harus gue ceritain ulang dari awal?". Caramel menatap gue jengah.

"Nggak gitu, orang tua lu tetep peduli kok sama lu, tapi lu yang terlalu menutup diri dari mereka. Buktinya waktu lu sakit, mereka juga pulang kan? Ngurusin lu sampe sembuh".

"Hmmm". Caramel nunduk.

"Hargai selagi ada. Gue tau lu sakit, tapi orang tua lu jauh lebih sakit ketika mereka menyadari bahwa usaha mereka selama ini nggak ada artinya apa-apa di mata lu. Mereka mungkin salah, kerja tanpa tau waktu. Tapi mereka punya alasan, mereka nggak pengin lu susah dikemudian hari. Makanya mereka kerja keras, banting tulang biar lu tetep bahagia. Dan, kalo buat lu uang itu nggak penting, ya emang bener. Lebih penting keluarga dari pada uang, tapi coba lu liat keluar sana. Mereka yang hidupnya jauh dibawah lu, jangankan uang, keluarga aja mereka nggak punya". Gue menarik nafas panjang.

"Sekarang mereka udah sadar sama apa yang mereka lakuin selama ini. Mereka juga udah minta maaf. Maafin lah, kalo emang lu masih sakit hati, masih susah buat maafin, bayangin aja ketika lu jadi mereka. Bayangin apa yang pernah mereka lakuin sama lu dulu, sesuatu yang bikin lu bahagia. Udah ya gue mau ke kelas dulu". Gue beranjak, meninggalkan Caramel yang masih terdiam ditempat.

"Gue yakin, nggak ada orang tua yang sengaja mau hancurin kehidupan anaknya sendiri".

"Mungkin". Lanjut gue dalam hati.

***

"Lu bener".

"Soal?". Tangan gue masih sibuk beresin buku-buku. Ini udah jam pulang sekolah.

"Soal orang tua gue. Kayanya gue emang harus maafin mereka".

"Haruslah!".

"Yuk balik". Ajak gue, Caramel ngangguk.

"Pulang bareng?". Tiba-tiba aja Dwika udah ada di depan kelas gue.

"Eh enggak, gue mau ketempat latihan dulu". Dwika ngeliatin gue dari atas sampe bawah. Ngapain sih ni anak?.

"Ca lu bisa pulang duluan nggak? Gue ada yang mau di omongin nih sama dia".

Caramel ngangguk dan ninggalin kita berdua.

"Hayuk ikut". Dwika narik tangan gue buat ikut sama dia. Apa gunanya, dia nyuruh Caramel pergi duluan kalo pada akhirnya dia juga ngajak gue pergi coba?.

"Dwi kan gue udah bilang mau ke tempat latihan".

"Iya tau, ayo gue anterin. Gue bawa motor nih".

"Oooh".

"Helmnya". Dia ngasih gue helm, gue pake dan langsung duduk di jok belakang motornya.

Gue sama Dwika sampe ditempat yang nggak asing lagi buat gue. Danau, gue kan mau ke tempat latihan ngapa jadi kesini coba?.

"Dwi..".

"Diem!". Oke gue diem, kalo nada bicaranya Dwika udah beda, tandanya dia emang lagi nggak mau dibantah.

"Kenapa pake masker".

"Flu". Jawab gue sambil lempar-lemparin batu ke danau.

"Bohong! Semalem Mama pulang kan?".

Gue mengernyit bingung,"kok lu bisa tau?".

"Raskal, tadi dia ngechat gue katanya seneng karena Mama pulang. Dan ini", dia nunjuk ke arah muka gue. "Gue tau itu bekas tamparan, bukan karena flu".

"Hmm". Gue lanjutin aktivitas gue yang sempet terhenti. Lempar-lemparin batu ke danau.

"Kenapa sih lu mesti bohong? Lu nggak percaya sama gue?".

"Nggak gitu, gue cuma nggak mau ku khawatir. Udah itu aja".

"Gue nggak suka ya lu sok kuat".

"Gue nggak sok kuat Dwi, tapi emang kuat. Buktinya gue nggak papa".

"Persetan sama omongan lu yang bilang lu nggak papa. Gue tau lu kenapa-kenapa!". Dwika kayanya udah mulai emosi, nafasnya kedengarannya memburu kaya orang yang benar-benar marah.

"Gue butuh Papa". Kata gue pelan.

"Gue nggak butuh apa-apa selain Papa. Cukup Papa ada di deket gue, gue pastiin gue bakalan jadi wanita yang paling kuat. Gue mau Papa pulang Dwi hiks hiks hiks". Cengeng banget kan gue? Gitu doang udah nangis. Tapi jujur ini nyesek banget. Dwika meluk gue, ngusap-ngusap punggung gue biar agak tenang sedikit.

"Kita cari Papa bareng-bareng ya". Dwika itu orang nya manis banget, untung gue kuat, kalo enggak yang ada gue baler sama sodara sendiri. Lucu nggak sih punya hubungan sama sepupu sendiri? Ya meskipun dalam agama nggak dilarang nikah sama sepupu sendiri. Tapi rasanya, buat gue itu terlalu absurb. Udah pasti nanti bakalan canggung.

"Udah nggak usah nangis. Katanya kuat, kok nangis sih?". Ejek Dwika, gue mukul tangannya dia yang lagi ngusap air mata gue.

"Ayo Dwi ketempat latihan, ntar gue telat dihukum lagi".

Akhirnya kita berdua pergi ke tempat gue latihan.

"Kalo pulang kabarin gue, biar gue jemput. Awas lu kalo pulang sendiri!".

"Gue mau nginep di asrama aja deh".

"Lu mau pulang-pulang di pukulin Mama lagi?".

"Nggak gitu Dwi tapi Minggu depan gue ada turnamen, jadi harus fokus latihan. Nggak cuma gue kok, Alexa juga nginep disini".

"Oooh oke. Eh iya".

"Apa?". Gue natap Dwi dengan alis berkerut.

"Titip rindu buat Alexa".

"Buciiiiiiin". Kata gue noyor muka nya dia. Dia cuma ketawa doang.

"Yaudah gue balik, bilangin sama temen lu juga jangan berharap banyak sama gue. Gue sukanya sama Alexa bukan dia".

"Kenapa sih? Caramel kan nggak kalah cantik dari Alexa".

"Lo percaya sama yang namanya love first sight?". Gue ngangguk.

"Itu yang gue rasain waktu pertama kali ketemu Alexa. Biarpun Caramel nggak kalah cantik dan feminim dari Alexa, tapi kalo gue sukanya sama Alexa, Caramel bisa apa?".

"Wait! Berati cewek yang sering lu ceritain itu Alexa dong?! Kok gue baru ngeh?".

"Lah dasar punya sodara bege bener!". Dwika noyor kepala gue.

"Yeu malah ngegas. Udah sono balik! Ntar dicariin Tante Irene. Titip salam yo buat Tante".

"Oke, bye manis".

"Bye jelek".

"Sialan!".

BitterTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang