8. Jawaban Rumi

4.2K 379 10
                                    

Salah satu penyair sufi ternama, Jalaluddin Rumi, pernah ditanya oleh muridnya.

What is poison?
Anything which is more than our necessity is poison. It may be power, wealth, hunger, ego, greed, laziness, love, ambition, hate or anything.

Apa itu racun?
Segala sesuatu yang melebihi apa yang kita butuhkan, itu adalah racun. Boleh jadi berupa kekuasaan, kekayaan, kelaparan, ego, keserakahan, kemalasan, cinta, ambisi, kebencian, atau apapun.

What is fear?
Non acceptance of uncertainty.
If we accept that uncertainty, it becomes adventure.

Apa itu takut?
Tidak menerima sesuatu yang tidak pasti. Jika kita menerimanya, hal itu akan menjadi petualangan.

What is envy?
Non acceptance of good in others. If we accept that good, it becomes inspiration.

Apa itu iri?
Tidak menerima kebaikan/anugerah yang ada pada orang lain. Jika kita menerimanya, hal itu akan menjadi inspirasi.

What is anger?
Non acceptance of things which are beyond our control. If we accept, it becomes tolerance.

Apa itu marah?
Tidak menerima sesuatu yang di luar kendali kita. Jika kita menerimanya, hal itu akan menjadi toleransi.

What is hatred?
Non acceptance of person as he is. If we accept person unconditionally, it becomes love.

Apa itu kebencian?
Tidak menerima seseorang apa adanya. Jika kita menerimanya, hal itu akan berubah menjadi cinta.

***

Menerima
adalah kunci kebahagiaan.

Rahasia Bahagia [TAMAT]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang