Apakah ada yang bisa menebak, otot mana yang paling terkuat di badan manusia?
Jawabannya adalah: tergantung.
Namun, sempat banyak orang percaya kalau otot terkuat manusia ada pada lidah. Hah? Lidah? Tapi bagi para ahli lidah (yes, they're exist) menyatakan bahwa lidah merupakan otot terkuat di badan manusia adalah mitologi alias salah. Mengapa sempat keluar pendapat dan banyak orang percaya bahwa lidah merupakan otot terkuat di tubuh manusia? Karena lidah satu-satunya bagian tubuh yang tidak memiliki tulang dan hanya otot, lidah juga tidak pernah lelah dan pegal walau ia merupakan salah satu bagian tubuh yang paling sering digunakan manusia seperti saat mengunyah, menelan dan berbicara. Bahkan banyak yang bisa melipat lidah mereka, menekuk, twisting it, dan lain-lain.
Make sense, sih, tapi tetap saja, para ahli menolak bahwa lidah merupakan otot terkuat di bagian tubuh manusia.
Lalu, manakah otot yang terkuat? Tergantung dari aspek mana 'terkuat' tersebut. Namun sayangnya, lidah tidak ada di kategori manapun sebagai otot yang terkuat. Berikut adalah pembagian dari kata 'terkuat' yang dimaksud. Pembagian ini seperti perspektif. Dapat dilihat dari mana yang paling memberikan kekuatan, mana yang paling aktif, yang terbesar, otot yang paling mampu menarik dengan kekuatan besar, yang terkuat berdasarkan berat, dan otot dengan kemampuan untuk menahan kelelahan.
Otot yang memberikan kekuatan terbesar
Begitu membaca "kekuatan" mungkin beberapa kalian berpikir kalau otot ini mengacu pada kemampuan untuk mengangkat sesuatu objek eksternal yang kuat. Namun, otot yang memberikan kekuatan terbesar dalam tubuh adalah otot masseter [otot kuat yang terletak di area pipi] yang terdapat pada rahang. Otot tersebut dapat mengerahkan lebih banyak kekuatan daripada otot lainnya. Jika gigi dapat mengambil tekanan (pressure), maka otot masseter akan memberikan kekuatan yang cukup untuk memecahkan batu lunak (pernah ngga sih, kalian makan nasi terus nggak sengaja kemakan batu kecilnya juga? Terus kalian kunyah aja dan bisa-bisa aja gitu). Bahkan menurut sumber yang aku baca, dapat juga memecahkan ... beton? (tulisannya concrete, artinya beton, tapi ngga ngerti juga aku).
Menurut Library of Congress, otot rahang ini bekerja dengan kelompoknya untuk menutup gigi atas dan bawah, menciptakan kekuatan hingga 55 pound (25 kilogram) pada gigi seri dan 200 pound (91 kilogram) pada gigi geraham. Guinness Book of Records 1992 juga mencatat bahwa kekuatan gigi terkuat adalah 4,337 N, setara dengan 975 lbf (438,75 kilogram) selama dua detik.
(seriously, aku kaget juga pas baca HAHA)
Otot paling aktif
Otot eksternal mata adalah otot yang paling aktif. Mereka memiliki jumlah gerakan berulang tertinggi. Gerakan mata, khususnya yang digunakan dalam pemindaian (kayak nyontek misalnya HAHAH) dan membaca wajah, membutuhkan gerakan kecepatan tinggi, dan otot-otot mata akan exercised di malam hari selama sedang tidur.
Otot terbesar secara fisik
Library of Congress dan Guinness Book of World Records menyatakan gluteus maximus secara fisik adalah otot terbesar dalam tubuh manusia. Otot tersebut memiliki tanggung jawab pada pergerakan pinggul dan paha, serta menjaga tubuh tetap tegak dengan bekerja melawan kekuatan gravitasi dan membantu kita berjalan.
Otot yang paling mampu menarik dengan kekuatan besar
Soleus, yang ditemukan di bawah otot betis, menarik gaya gravitasi untuk menjaga tubuh tetap tegak. Ini adalah otot dalam tubuh yang dapat menarik dengan kekuatan terbesar.
Otot yang terkuat berdasarkan berat
Otot yang lebih pendek akan lebih kuat daripada otot yang lebih panjang. Lapisan miometrium uterus mungkin merupakan otot terkuat berdasarkan beratnya dalam tubuh wanita. Pada saat bayi dilahirkan, seluruh rahim manusia memiliki berat sekitar 1,1 kg (40 ons). Rahim memiliki kemampuan tertinggi untuk mengerahkan kekuatan dengan cepat.
(bisa dilihat tanda panah miometrium ada di sebelah kanan gambar)
Otot dengan kemampuan terbesar untuk menahan kelelahan
Menurut Library of Congress, otot dengan kemampuan terbesar untuk menahan kelelahan adalah jantung. Setiap detak jantung memompa 2 ons (71 gram) darah. Jantung memompa minimal 2.500 galon darah sehari dan memiliki kemampuan untuk berkontraksi lebih dari 3 miliar kali dalam kehidupan seseorang. Jantung juga merupakan otot tunggal, tidak seperti lidah (lidah punya delapan otot terpisah).
Jadi, lidah mungkin tidak sekuat gluteus maximus, rahang, atau jantung tetapi untuk memperkuatnya mungkin masih bermanfaat. Stephen Tasko, a speech scientist di Western Michigan University mengatakan ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa latihan penguatan lidah dapat bermanfaat bagi orang yang kesulitan menelan, seperti yang baru pulih dari stroke. Beberapa berspekulasi bahwa memperkuat lidah bahkan dapat meningkatkan kemampuan berbicara atau membantu mengobati kelainan bicara.
Tetapi satu hal yang pasti: lidah bukanlah merupakan otot terkuat dalam tubuh manusia.
***
sumber:
1. Fact or Fiction?: The Tongue is The Strongest Muscle in The Body (https://www.scientificamerican.com/article/fact-or-fiction-the-tongue-is-the-strongest-muscle-in-the-body/)
2. The Tongue is The Strongest Muscle in The Human Body (http://factmyth.com/factoids/the-tongue-is-the-strongest-muscle-in-the-human-body/)
KAMU SEDANG MEMBACA
Random Useless Knowledge
Non-Fictionuseless or useful? you decide! ••• buku ini berisi tentang pengetahuan tentang segala hal secara random. mungkin memang tidak dibutuhkan untuk kehidupan sehari-hari, tapi, pengetahuan adalah pengetahuan, besar atau kecil kamu perlu untuk tahu hal-h...