Fatimah Azahrah

157 10 0
                                    

Matahari yang berwarna jingga kemerahan telah turun dari singgasananya. dia turun untuk menyinari dunia membuat para manusia terbangun dari mimpinya. dan untuk segera melaksanakan aktivitasnya ada yang telah bangun sedari subuh tadi ada juga yang bangun kesiangan,berbeda dengan Fatimah dia telah bangun dari Pukul 03.00 tadi untuk melaksanakan shalat tahajud dilanjutkan mengaji dan shalat subuh.seperti biasa ini adalah hari minggu dihari minggu biasanya Fatimah akan mengikuti kajian manhaj salaf yang tidak terlalu jauh dari rumahnya. apa itu manhaj salaf?

"sebaik-baik manusia adalah yang hidup pada masaku,kemudian masa berikutnya,kemudian masa berikutnya,kemudian akan datang suatu kaum yang persaksiannya mendahului sumpahnya dan sumpahnya mendahului persaksiannya."
(Hadist Mutawin sebagaimana dicantumkan oleh Al-Hafidz Ibnu Hajar dalam "Al-Isabah" 1/12, dan disepakati oleh Suyuth,Al-Manawi,Al-Kinani)

Dari hadist diatas dapat kita ketahui bahwa manhaj salaf adalah ajaran para sahabat nabi terdahulu atau disebut generasi tabi'in. tabi'in adalah generasi awal yang masuk islam. generasi yang murni ajarannya tidak ada yang namanya pengurangan atau penambahan murni mengikuti Al-quran dan sunah bisa diketahui dalam surah berikut.

"dan orang-orang yang terdahulu lagi yang pertama-tama masuk islam diantara orang-orang Muhajirin dan Ansar dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik,allah ridha kepada mereka dan mereka pun ridha kepada allah.
(QS.At-taubah:100)

"Itulah tadi sedikit ilmu tentang Al-manhaj salaf mudah-mudahan bisa menambah pengetauan."

Matahari sudah menampakkan teriknya pada pukul 08.30 pagi. Fatimah kini sedang memanaskan mesin motor matic nya didepan rumah. agar motornya tidak rusak begitu pikir Fatimah, karna jika tidak dipanaskan maka motornya akan mati secara tiba-tiba dijalan kan bahaya.setelah memanaskan mesin motornya fatimah pun segera mengendarai motornya tak lupa dia pamit kepada Abi dan Umi nya yang tidak jauh dari sana Umi dan Abi nya Fatimah duduk di kursi teras.

"Umi,Abi Fatimah berangkat dulu yah ikut kajian." ucap Fatimah sembari mencium tangan Umi dan Abi nya.

"Iya nak hati-hati yah semoga lancar nanti kajiannya." kata Abi nya Fatimah.

"Iya Assalamu'alaikum Bi,mi."

"Waalaikumussalam." ucap Umi dan Abi nya Fatimah serempak.
.

Didalam perjalanan mengendarai motornya. Fatimah tak sengaja melihat seekor kucing yang hampir saja tertabrak oleh diri nya fatimah pun segera menepikan motornya dan mengambil kucingnya dari jalan meletakkan kucingnya kepinggir jalan agar tidak tertabrak oleh kendaraan lainnya.

"Nah disini. kamu duduk sini jangan ketengah jalan nanti kamu ketabrak kendaraan loh.kata Fatimah sembari mengelus-ngelus bulu kucing itu. lalu Fatimah mengambil Roti didalam tas nya dan memberi kucing itu makan.nah makan dulu aku tau kok kamu lapar.jangan main ketengah jalan lagi yah nanti kamu tertabrak lagi masa kucing selucu kamu tertabrak hehe gimana kalau aku Nama kan kamu Kitty iya Kitty.gimana kamu suka enggak sama Nama nya Kitty? Aduhh kok aku malah bicara sama kucing sih astagfirulahal'azim."

"Yaudah kamu disini yah Fatimah mau ikut kajian dulu. soalnya udah mau mulai kajiannya. nanti Fatimah telat lagi.pulang dari kajian nanti Fatimah mampir lagi kesini oke."

Lalu Fatimah pun berlalu meninggalkan kucing itu dipinggir jalan.dan segera melanjutkan perjalanannya menuju kajian. hingga sampailah iya di kajian manhaj salaf.

Fatimah pun disambut oleh sahabatnya dari kecil yaitu Zahra. iya Zahra adalah sahabat Fatimah dari umur enam tahun dulu.

"Ayok masuk Fatimah udah mau mulai nih kajiannya.kok kamu telat? tumben telat. biasanya paling semangat kalo ikutan kajian salafi." ucap Zahra seraya bertanya kepada Fatimah.

"Enggak kok tadi cuman ada kucing ditengah jalan. terus aku pinggirin dia kepinggir jalan.kan kasihan nanti kalau dia ketabrak kendaraan."ucap Fatimah.

"Owhh gitu. yaudah bagus.kita harus memiliki rasa kasih sayang terhadap sesama makhluk dan saling tolong- menolong iya kan?"

"Iya Zar" sebagaimana dalam hadist Nabi Muhammad SAW yang berbunyi:

"sayangilah makhluk yang ada dibumi maka yang dilangit akan menyayangimu"
(HR.Thabrani)

"Iya fatim. kita memang harus saling menyayangi tidaklah penting apakah itu hewan,tumbuhan atau semacam nya kalau dia makhluk allah kita harus melunakkan hati dan menyayanginya.mau dia jelek kek atau cantik, mau dia pendek atau tinggi, mau dia kaya atau miskin, semuanya sama dimata allah yang membedakan hanyalah iman dan takwa jadi tidaklah pantas kita untuk berlaku sombong dibuminya allah."

"Iya aku setuju sama kamu Zar."

"Yasudah ayo kita masuk udah mau mulai tuh."

"Iya ayo Zar"

Lalu Fatimah dan Zahra pun mendengarkan materi dari kajian ini dengan semangat.sembari mencatat hal-hal yang penting.

Dua jam berlalu. akhinya kajian pun telah selesai,kini Fatimah dan Zahra sudah bersiap-siap untuk pulang.

Zahra kita salam-salaman dulu yuk kesana ucap Fatimah mengajak  Zahrah.

"Oke."




Maaf yah kalo pendek dan banyak typo🙂☺in syaa allah bisa diperbaikki lagi. jangan lupa vote and coment karna vote dan coment dari kalian sangat berharga bagi author salam manis😊jangan lupa follow akun author oke see you.

Assalamu'alaikum UkhtiTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang