RPW (Role-Player World). Sebagian besar orang pasti udah akrab / pernah denger kata itu, apalagi yang punya atau pernah punya RP wkwk
Disini gue bukan mau ngejelasin apa itu RP, tapi lebih ke asal mula dari RPW. Mungkin gak semua dari kalian (roleplayer) tau ‘gimana sih kok sampe ada yang namanya RPW?’ So, kali ini gue bakal ngejawab pertanyaan tadi semampu gue(?).
Jadi gini. Pada tahun 2010, twitter lagi rame sama akun duplikat dari artis/orang terkenal yang dikenal dengan nama parodi. Jadi para akun parodi tuh meranin orang lain dan bener-bener harus menjaga image dari orang yang dia peranin (chara). Kenapa? Karena dalam satu negara gaboleh ada twin, alias gaboleh ada chara yang sama dalam satu negara. Jadi tugas parodi adalah bikin image charanya disukai sama orang-orang. Tujuan dari no twin tuh biar asik dan bakalan bener-bener mendalami peran chara yang dimainin. Parodi dibagi jadi beberapa kelompok dan ada semacam agency yang naungin masing-masing kelompok (parodi Korea, Indonesia, Jepang, dll). Walaupun dibeda-bedain, para parodi saling berbaur juga kok^^. Parodi Korea sendiri berada dalam agency bernama Koreak Entertainment (gue gatau nama agency kelompok lain).
Awalnya emang asik, parodi tuh bener-bener serasa jadi artis. Tapi problemnya ya itu tadi, no twin. Jadi kalo chara yang lo suka udah dipake orang, lo harus melapangkan dada dan milih chara yang masih avail.
Disinilah awal permasalahan dimulai. Beberapa parodi mulai jenuh dengan peraturan no twin tadi. Dan harapan pun muncul. Lahirlah agency parodi kedua (gue lupa namanya) dan parodi yang jenuh pun pindah agency kesana. Gara-gara munculnya agency 2, otomatis peraturan parodi yang no twin pun dilanggar dan akhirnya agency kedua beserta para membernya dibash habis-habisan sama parodi Koreak Ent. Agency kedua ini pun deact dan meninggalkan member-membernya tanpa ngasih kepastian..
Member-member agency kedua tadi akhirnya jadi parodi no agency dan membentuk Freelance Family, yaitu perkumpulan parodi bebas. Karena parodi dari Koreak masih aja ngebash mereka, akhirnya mereka ngubah nama mereka dari parodi jadi roleplayer.
Dan lahirlah Role-Player World (RPW) yang kita kenal sekarang ini. Beberapa parodi yang awalnya ikut ngebash tadi pun akhirnya ikutan gabung jadi RP.
Agency-agency baru buat RP pun lahir, contohnya SMSG, abc roleplayer, dll. Dan RPbase yang pertama kali gue tau waktu itu tuh Role-Player’s Feel (RPsF), trus RPbase lain pun bermunculan.
Awal-awal RPW baru lahir memang pada ramah, asik, bener-bener rasa kekeluargaannya tinggi banget. Mungkin karena pemainnya kebanyakan dulunya parodi dan yang baru gabung pun ikutan kebawa suasana #eleh.
Ada yang bilang ‘semakin kesini RPW makin ancur aja’. Menurut gue pribadi sih gue setuju ama pendapat itu. Kalo kita bandingin ama dulu, bedanya emang 180°. Tapi walaupun gitu, kita gausah bikin tweet ‘gue kangen rpw yang dulu,’ kalo para newbie ngeliat, mereka bakalan ngerasa dikucilin, dan ngerasa adanya senioritas di RPW (ini kata beberapa newbie yang gue liat di TL).
Kalo emang lo ngerasa RPW udah ancur, coba lo cari tau kenapa bisa ancur, kalo bisa cari solusinya sekalian. Siapa tau lo bisa berhasil bikin RPW berfungsi sebagaimana mestinya: hiburan terbaik kalo real lagi stress, dan media buat fantalk.
Itulah asal mula RPW yang gue tau. Dan tugas kita sekarang adalah jadi roleplayer yang baik. Wkwkwk 😀
Cr:
https://cijechan.wordpress.com/2014/10/07/gimana-sih-asal-mula-rpw/amp/#aoh=15739130693497&referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com&_tf=Dari%20%251%24s—————————
Ini gue dapet dari tl anak rp-salam anak rp line
KAMU SEDANG MEMBACA
roleplayer [Hiatus]
Randomfakeworld but real felling "khusus anak rp line ya meng" Rank #86 in line Rank #28 in line Rank #141 in roleplayer Rank #86 in roleplayer Rank #46 in roleplayer Rank #23 in roleplayer Rank #19 in roleplayer thanks for 10 k gk nyangka banget plijjj