kehidupan

159 28 17
                                    

BINGUNG MASUK SEKOLAH MANA?


Bingung?

Halo para pembaca wattpad ku ... bagaimana kabarnya baik atau tidak. Disini gua mau cerita sama kalian semua tentang kehidupan saya sendiri, oh iya perkenalkan nama gua PrasetyoDwi, panggil aja tioo. Gua masih duduk dikelas menengah yaitu SMA. Tepat kelas 11 atau disebut kelas 2 SMA gua punya pengalaman kisah saya waktu masuk SMA.

ngomong-ngomong gua mau cerita dikit tentang pengalaman gua pas mau masuk SMA gua sangat amat galau. Waktu itu gua bingung nyari sekolah bareng temen-temen gua, gua galau gaes harus memilih SMA atau SMK.

Soalnya nih yaa gaes gua punya 2 cita-cita, yaitu jadi Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan bekerja di bagian pelistrikan yaitu PLN. Misalkan gua sekolah di SMA, gua bakal nurutin kemauan orang tua gua, soalnya bapa gua tuh pengen banget kalau anak-nya tuh jadi Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Tapi gua keinginan dari diri sendiri itu pengen masuk dunia kelistrikan yaitu BUMN di bagian kinerja PLN, menurut kalian gua harus pilih yang mana:
1.nurutin orang tua
2. Melakukan cita-cita yang gua pengen
3. Atau gausah nurutin dua-duanya
Tolong dong kasih pilihan mana yang harus gua pilih? Soalnya pilihan nya susah banget, kalo misalnya pilihan- nya kaga susah ge, gua gabakal nyuruh elu nentuin pilihan nya hahahahaha




Akhirnya!

Ok gaes kita lanjut cerita nya. Nah akhirnya gua mencoba untuk daftar ke sekolah SMK, yaitu? SMK NEGERI 1 CIBINONG atau disebut nya dengan nama KAMPAK, gua gatau sihh dari singkatan dari KAMPAK itu apa hehehe. Gua daftar bersama teman gua, beda dengan yang laen, kalo yang laen mah sama orang tua gua mah apa atuh sama temen gua doang, pacar ge kaga punya gua hahahaha.

Waktu itu gua daftar itu setelah hasil Nilai Ujian Nasional gua keluar, ternyata nya gaes hasil nilai ujian nasional Sekolah Menengah Pertama (SMP) itu sangat jelek gaes atau bisa dibilang engga memuaskan, ett tapi tenang! Gua masih ada jalur prestasi dari ekstra kulikuler basket. Oh iya gaes gua lupa ngasih tau kalian kalo gua SMP di PGRI 1 CIBINONG kalian pasti tau kan SMP itu.

Setelah gua dapet hasil ujian nasional, gua bersama teman-teman gua pergi ke tempat sekolah yang gua inginin. Sebelum nya perkanalin nama temen-temen gua yaitu: Alpian, Okki, Luki. dan disini udah mulai ada perbincangan bersama-sama teman gua;

Okki : Gimana nihh Luki ,Pian, sama Tio kita jadi daftar ke SMKN 1 CIBINONG ga? soalnya      pendaftaran udah dibuka.
Gua Dan Alpian : Lah hayu meluncur berangkat lahh, skuyyy
Luki : Nihh ya, kata gua mah kita kesana nanti aja dah kita urus dulu persyaratan-persyaratan buat masuk SMKN 1 CIBINONG, supaya nanti kita gampang tinggal ngasih berkas-berkas nya. Kalo kata gua nya
Gua : Bener juga apa kata lu, biar nanti kita gampang daftar nya, jadi ga ribet lagi bolak-balik ngurusin berkas nya. Bener ga gua? Bener lahh, gua kan selalu bener hahaha

Fotocopy

Ok gaes gua lanjutin ceritanya, oh iya ngomong-ngomong masih suka ga Ama cerita gua, membosankan ga cerita gua hehehe.

Yaaa setelah berapa lama gua berbincang bersama teman-teman gua ! kebesokan-nya gua menyiapkan berkas-berkas untuk daftar ke SMKN 1 CIBINONG. Waktu itu gua liat syarat-syarat daftar dam ketentuan nya di online, di online tersebut gua disuruh mempersiapkan yaitu?

Piagam penghargaan atau prestasi
Fotocopy ijazah
Fotocopy kartu keluarga
Fotocopy akte kelahiran
Foto 3×4 warna biru
Fotocopy perlakuan baik
Tes kesehatan

Oke karena persiapannya udah tau akhirnya gua mulai ke fotokopy, itu tempatnya tepatnya jam 9 malam lagi hujan deras banget dan gluduk, gue baru tahu persiapannya di online. Kenapa gue baru tahu persiapan daftar-nya di online? Sebab dari jam 3 siang sampai jam 8.30 malam itu mati lampu gaesss,

akhirnya guys selama 30 menit atau setengah jam gua menemukan daftar persyaratan persyaratan masuk SMKN 1 Cibinong.

nahnahnahnah disitulah gua on the way ke tukang fotocopy dan menyelesaikan tugas-tugas atau persyaratan-persyaratan yang akan gua bawa besok di sinilah percakapan gua bersama tukang fotokopy ya di mulai

Gua : srek srek srek (bunyi dari gua jalan di jalanan) assalamualaikum mas mau foto kopi dong

Tukang fotocopy nya : iya mas boleh saya bantu fotocopy apa?..

Gua : Ini mas saya mau fotokopi kartu keluarga, ijazah, piagam, sama fotokopi surat kelakuan baik dari sekolah

Tukang fotocopy nya : oke mas sebentar ya saya fotocopy dulu!

Gua : Oh iya mas sekalian ya saya juga mau foto-foto 3 * 4 cari fotonya di sini mas ya oke ya udah bawa itu seragam saya pokoknya mah udah lengkap semua mas.

Tukang fotocopy nya : ya udah mas silakan masuk kita lakukan sesi foto dulu ya oke mas kepalanya agak nunduk dikit oke kita mulai ya 123 cekrek cekrek! Sudah selesai tinggal saya edit dulu ya.

Gua : oke mas terima kasih uhuk uhuk uhuk “sambil gua batuk”.

Tukang fotokopy nya : mas! fotonya warna merah atau warna biru?

Gua : eh iya mas warna biru ya

Tukang fotokopy nya : mau berapa lembar mas, ukuran fotonya ya 3 * 4 ya kan mas?

Gua : fotonya 8 lembar ya mas biar jadi cadangan hehehe. Mas iya benar mas ukurannya 3 *4

Tukang fotokopy nya : ini fotokopinya mau berapa lembar mas?

Gua : untuk semuanya itu satu persatu 12 lembar ya

Tukang fotokopy nya : oke Mas siap tunggu sebentar ya Mas ya.

Setelah berjam-jam gua nunggu, sebab apa gue nunggu sampai berjam-jam? karena situasi di fotocopy itu sangat ramai kan gua doang yang mengurus berkas berkas atau persyaratan persyaratan masuk sekolah.

Dan akhirnya bekas-bekas gua pun jadi dan gua mengatur atau menyiapkan hasil dari berkas-berkas atau persyaratan persyaratan masuk ke sekolah tersebut, yang sudah selesai berkas tersebut dimasukkan ke tas sekolah gua begitu.

Gua terus berdoa agar gua bisa masuk ke sekolah pilihan gua tersebut agar gua bisa mencapai cita-cita yang gue inginkan, karena gua nggak mau cita-cita atau kesuksesan gua itu tergantung kemauan orang tua.

Gua pengen buktikan kepada orang tua gua kalau gua tuh bisa mencapai cita-cita gua tanpa kemauan orang tua kalian pasti tahu kan bapak gua tuh dingin banget gue jadi Tentara Nasional Indonesia, tapi gua pengen itu bekerja di bagian kelistrikan di BUMN. Itu adalah cita-cita gua yang gue pengen dalam dari sekarang

Akhirnya pagi hari pun tiba, aja 9 pagi bersama dengan teman-teman gua untuk menuju sekolah yang gua impikan, gua bersama ketiga temen gua itu menuju ke SMK negeri 1 Cibinong dan sesampainya gua di SMK negeri 1 Cibinong gua masuk ke gerbang pintu masuk SMK negeri 1 Cibinong pas kuliah sekolah itu bagus banget mewah pokoknya mah berasa saya di rumah sendiri itu kalau sekolah yang diimpikan tuh seperti itu.

Oke di sini gua berjalan bersama teman gua dan di situ Gua kemeja pendaftaran dan disini gue udah mulai percakapan bersama guru yang bertugas di bagian pendaftaran tersebut oke kita mulai percakapannya:

Gua : permisi Bu, apakah di sini tempat pendaftarannya?

Bu guru : iya bener tempat pendaftaran nya dek!, Adik dengan siapa pendaftarannya eh maksudnya nya adek daftarnya sendiri ya?

Gua : ya Bu benar saya daftar sendiri, tapi saya nggak sendiri ke sininya Bu, saya bersama teman-teman saya bu?

Bu guru : oh ya sudah, apakah kamu sudah menyelesaikan berkas-berkas yang tertera di pendaftaran online tersebut?

Gua : sudah Bu, semua sudah saya selesaikan dengan baik dan benar. Mudah-mudahan komplit agar tidak bolak-balik ke rumah, soalnya Bu rumah saya dari sekolah sini sangatlah jauh sekitar 8 km.

Bu guru : ya sebentar, ibu cek dulu sudah sampai atau belum?

Gua : oke bu siap 86!

Bu guru : saya sudah cek semua berkas-berkas atau persyaratan-persyaratannya sudah lengkap, adik ngambil jalur japres?

Gua : ya Bu saya ngambil jalur prestasi. Ya mudah-mudahan di sini ke terima Bu Amin!!!

Bu guru : ya sudah, sudah saya kumpulin hasil berkas-berkas kamu, nanti hari Jumat besok kamu datang aja ke sini untuk tes kesehatan, fisik, tes IQ

Gua : siap terima kasih nanti Jumat depan saya ke sini.

Setelah menunggu lama akhirnya hari Jumat pun datang, gua udah nggak sabar untuk lakukan teks tersebut, dan akhirnya gua lulus dalam tes fisik tes IQ itu gue lulus dan gue sangat senang banget nah tinggal 1 tahap lagi gua bakalan masuk SMK yang gua inginkan. Kebetulan untuk tes kesehatannya itu kita harus ke Puskesmas atau klinik dan setelah gua sesampainya di di rumah. Mamah gua berkata?

“sudah kamu tidak usah masuk SMK, kamu nggak mau kamu bandel dan disana pun kamu dari rumah jaraknya sangat jauh sekali kamu tidak takut dengan bahaya di lalu lintas, sudah kamu masuk sekolah pilihan mama saja. Kamu masuk sekolah di SMA negeri 1 Cibinong ikutin apa kata bapa”(sambil marah-marah)

Di sini gue pasrah karena gue tidak bisa masuk sekolah yang impikan, gua harus menuruti kemauan bapa gua, gua enggak bisa berkutik apa-apa dan Gua nggak berani untuk membantah nya padahal tinggal selangkah lagi gua bisa masuk sekolah yang kuimpikan tinggal tes kesehatan gua bisa masuk SMK.
padahal kalau misalnya gua masuk sekolah tersebut bisa meneruskan cita-cita gua, tapi Tuhan berkata lain. Bapak gua menginginkan kalau gua menjadi TNI, sebab apa gue disuruh jadi TNI karena bapak gue tuh hampir 5 kali dia gagal menjadi anggota TNI. Soalnya aku juga berkata: “kamu pilih mana kuliah tapi enggak bapa biayai atau kamu menjadi anggota TNI bapak biayai, Seterah kamu pilih mana bapak pak sudah ngasih pilihan kamu!!!

Ok guys Gua daftar di SMA negeri 1 Cibinong memakai WPS karena apa gua memakai WPS karena piagam jalur prestasi gua itu itu hanya gunakan untuk daftar sekolah yang gua impikan, karena ada zona WPS (warga penduduk setempat). Buat apa ya piagam gua, gua di letakan yang bukan sekolah Gua impikan.

Akhirnya gua pun mendaftarkan diri ke sekolah SMA negeri 1 Cibinong, Daftarnya itu lewat online sama seperti gua masuk SMK negeri 1 Cibinong.

Berkas-berkasnya atau persyaratan-persyaratannya itu gua ambil dari berkas-berkas lama gue di SMK negeri 1 Cibinong dan di SMA negeri 1 Cibinong gua itu mengambil jurusan IPA, karena apa ya karena gue ingin mencalonkan menjadi anggota Tentara Nasional Indonesia. Ya insya Allah menjadi perwira, berarti setelah lulus dari SMA negeri 1 Cibinong akan langsung mengikuti seleksi Akmil.

Nah waktu itu gua adalah orang terakhir yang mendaftarkan sekolah ke SMA negeri 1 Cibinong tersebut, Untung saja ya ada salah satu seorang guru yang membantu gua untuk daftar ke SMA tersebut.
Dia orangnya baik sekali waktu itu gua kekurangan berkas yang harus gue bawa, itu contohnya itu materai dan fotokopian ijazah kebetulan fotokopian itu sangat dekat dengan SMA tersebut setelah berapa lama Gua mengatur berkas-berkas atau persyaratan-persyaratan tersebut akhirnya gua pun disuruh kembali minggu besok untuk menerima surat edaran, apakah diterima atau tidak nya.

Setelah menunggu akhirnya gua kembali ke sekolah tersebut untuk mengambil surat penerimaan siswa atau siswi baru, gua masuk ke dalam kelas untuk ngambil surat edaran tersebut dan nama gua dipanggil jantung terasa dak dik duk serrrrrr pas gua buka surat edaran tersebut gue diterima menjadi siswa di SMA negeri 1 Cibinong.

Walaupun itu adalah pilihan orang tua Gua merasa senang dan bangga ternyata gua bisa masuk SMA negeri walaupun aku nggak pengen tapi gua senang melihat orang tua gua bisa bahagia karena tujuan yang mereka inginkan itu tercapai walaupun tujuan sekolah gua bukan itu tapi gua bangga kok bisa bahagiain orang tua gua, enggak apa-apa cita-cita yang gue inginkan itu tidak tercapai yang penting orang tua gue senang dan bangga sama gue kok gitu guys  jadinya hahahah.



KEHIDUPAN DI SMA

Di sini gua mau lanjut cerita gua, kan sebelumnya gua menceritakan kehidupan gua pas mau daftar sekolah atau bingung masuk sekolah mana kan. Nah nah nah saat ini gue ingin ceritakan atau sering ngasih info tentang kehidupan gua di SMA di kelas 11.

Jangan bosen nya sama cerita gua jangan merasa bosan karena di besonin itu rasanya nggak enak sama aja kaya kamu nih punya pasangan, nah kamu tuh udah sayang banget sama pasangan kamu, tapi pasangan kalian itu bosen sama kamu terus tinggalin tanpa kasih tahu alasan nya apa dia ninggalin kamu. Itu rasanya dibosenin.

oke gua sekarang ini duduk di kelas 11 IPA 6 dulunya gue di kelas 10 IPA 7, waktu di kelas 10 gue tuh orangnya baik kalem rajin nabung dan tidak sombong. Di kelas 10 gua nakalnya itu cuman nongkrong, cabut pelajaran kelas 10 itu nggak sebandel atau senakal kelas 11 sumpah ini gua kelas 11 gue bandel banget banget pokoknya dah.

Jadi di kelas 11 tuh gua kena masalah, masalahnya tuh gua ketahuan cabut dari sekolah dan yang paling parah itu ketahuan merokok. Nih ya guys gue ceritain kronologi dari masalah gue ini adalah masalah yang paling parah di sekolah yang pernah gue alamin.

waktu itu pas baru mau masuk kelas 11 waktu itu ada penampilan eskul untuk adik kelas yang baru masuk di SMA negeri 1 Cibinong ya ya penampilan eskul mau masuk SMA mana kayak gitu.

saat itu ada penampilan eskul nah kan eskul gua udah selesai penampilannya gua nyari kesempatan untuk kabur dari sekolah pada saat itu paling bodohnya gua cabut dari sekolah itu hanya untuk nongkrong di samping sekolah tongkrongan.

nah temen gua itu lagi duduk di luar saat itu ada guru yang lagi naik ke tangga nah jadi gini nih guys dari tangga tuh tongkrongan gua kelihatan banget, jadi temen gue tuh ditegur oleh guru gua tapi setelah teman gua selesai di tegur dia nggak beritahu kalau ada gurunya menegur ini dia.

Akhirnya gua dan temen-temen gua itu dipanggil ke wakasek, waktu itu guru pada datang semua dan menegur gua ada temen gua habis-habisan di situ Gua merasa nyesel dan gua benar-benar nggak pengen ngelakuin hal ini lagi.


gua ngerasa nyesel banget waktu itu kenapa gua bisa ngelakuin masalah tersebut padahal pada saat itu bapak gua lagi dirawat di rumah sakit dan gua kena masalah hari itu adalah hari penyesalan gua.

dan pada hari itu juga gue berjanji sama diriku sendiri uang bakal ngelakuin hal itu pokoknya gua harus lepas dari hal buruk lainnya gue ingin bahagiakan orang tua, dan ga bakal melanggar aturan di sekolah lagi.

gua pengen merubah hidup gua menjadi lebih baik dan benar, karena gue juga berpikir orang tua gua membiayai sekolah gua sampai orang tua gue tuh tak mengenal rasa sakit, pokoknya merubah dan gue berjanji tidak akan melakukan kesalahan-kesalahan yang sudah perbuat. KarenaKarena gua tau penyesalan itu datangnya diakhir dan nggak mau merasakan penyesalan tersebut.





























kehidupan SayaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang