004 | cara untuk menambah teman baru ala Hinan

13 3 2
                                    

Bebek si Buruk Rupa endingnya gimana sih? Lupa. Dia punya temen yang jago dandan terus jadi cantik, atau simsalabim jadi Odette?„

------------------------------
Akhirnya masalah tadi subuh udah terselesaikan. Pas gue nyerita kejadian itu ke Hinan, dia malah ngetawain gue puas banget. Padahal 'kan gue cerita itu biar dapet rasa iba terus ngedukung gue kayak:

Duh, bener-bener tu satpam. Semangat, ya! Nanti kamu bakal dikenal kok.

Tapi sekarang malah boro-boro dapet yang kayak gitu dari Hinan. Gue malah dapet kata-kata yang woylah jatuhin mental gue.
“Miris amat sih hidup lo, HAHAHAHA!”

“Puas 'kan lo sekarang?”

Hinan masih tertawa, lebih kenceng malah. “Ishh, Hinan jangan lebay deh. Gue 'kan malu.”

Saking puasnya tuh ketawa dia sampai ngelap air matanya. Terus dia berdehem ngebalikin suaranya yang hilang ditelan tawa ngakaknya.
“Lagian kenapa juga berangkat jam 3? Jam 3 tuh emang waktunya lagi pada tidur tau.”

Gue cemberut dengernya, kayaknya dia lupa kalau gue pengen berubah. Tadinya gue dateng jam segitu tuh pengen pengakuan dari semua kalau gue udah berubah jadi anak yang super rajin.

“Lo gak salah, El.” Kata Hinan tiba-tiba. “Tapi niat lo menurut gue terlalu memaksa diri lo. Emang bagus lo dateng subuh-subuh ke sekolah pas masih gak ada orang, cuma 'kan lo tau sendiri kemaren reaksi Pak Satpam pas lo sapa dia gimana.”

“Terus gimana caranya?”

“Lo cukup berangkat pagi seperti biasanya. Terus terserah lo mau sapa Satpam kek, sapa guru yang lewat kek, sapa pohon cemara kek, DAN yang penting lo sapa temen kelas lo perlahan-lahan. Soalnya ada culture yang namanya culture shock. Orang-orang kalau ngeliat perubahan lo drastis pasti bakalan liat lo aneh. Lo gak mau 'kan dianggap aneh pas liat perubahan lo yang friendly all of sudden kayak gitu?”

Gue menggelengkan kepala, terus gue senyum dan megang erat jari-jari Hinan di meja. “Makasih. Lo emang sodara gue paling baik se-galaksi.”

Hinan sempet kaget pas gue ngamit tangannya, tapi gak lama setelah gue bilang makasih dia langsung senyum terus ngangguk.

“Untung ada si Pongah.” Kata Gue setelah lepasin tangannya.

“Iya. Untung dia selalu dateng subuh-subuh.”

Jujur aja sih, gue banyak hutang budi ke si Pongah. Gue juga gak nyangka bahwa dari kejadian itu gue mulai tahu kalau ada satu orang yang kenal gue dan tanpa ragu nyebut nama lengkap gue.

Ponaryo Ahmad, atau mereka sering nyebut dia si Pongah, dia cowok yang nyelametin gue dari kebingungan. Selama gue diem di kelas tuh, gue mikir tadi pas di jalan ketabrak gak sehingga gue jadi ghoib terus gue mikir lagi gue ini masih hidup kan.
Ya pokoknya gue kaget banget pas Pak Satpam bilang cuma ada satu orang yang namanya Elok.

“Dia bukan dedemit, pak. Dia Elok juga cuma emang nama Elok di kelas gue ada dua. Btw, nama dia Elokiya Imaji. Kalau yang satunya lagi Elokiya Havigi. Mereka gak kembar, cuma namanya doang yang sama„


Inget kejadian itu lagi, gue makin respect sama si Pongah. Dia tahu nama lengkap gue, itu seriusan bikin gue keingetan mulu. Mungkin memang itu tugasnya sebagai ketua kelas harus hafal nama murid-muridnya, tapi tetep aja dia orang pertama yang gak ragu sebut nama gue! Nama lengkap gue pula!

Bener, gue harus jadi diri gue yang sebelumnya dulu sebelum berubah jadi diri gue yang baru tapi dengan catatan membawa sedikit perubahan. Seenggaknya walaupun percobaan tadi hampir gagal, gue lebih mulai bisa buka mata tentang kelas ini bahwa mungkin bukan si Pongah doang yang tahu nama gue. Mungkin seisi kelas kenal gue, cuma karena gue gak pernah interaksi sama mereka jadinya mereka canggung duluan buat ngobrol sama gue.

ACE OF SCHOOLTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang