33 - Menghilangkan Bekas Jerawat

1.1K 34 3
                                    

Cara Menghilangkan Kemerahan Bekas Jerawat

🧜‍♀️🧜‍♀️🧜‍♀️

Ketika jerawat terjadi, biasanya akan menimbulkan bekas pada kulit, apalagi sampai di pencet-pencet dan menimbulkan luka dan bekas merah pada kulit wajah. Selain bekas merah pada wajah, jerawat juga dapat meninggalkan bekas kehitaman pada kulit, tekstur kulit wajah jadi tidak merata dan bergelombang. Selain itu, wajah juga tampak berlubang seperti ditusuk-tusuk, serta membentuk cekungan besar berbentuk lingkaran. 

Untuk memudarkan bekas jerawat merah, kamu dapat menggunakan beberapa bahan berikut ini:

1. Putih telur yang bisa kamu jadikan masker
Enzim yang terkandung dalam putih telur ampuh digunakan sebagai bahan untuk menghilangkan jerawat. Awalnya kamu akan merasa gak nyaman karena lengket banget dan agak sedikit bau maka dari itu pastikan kamu mencuci bersih wajah kamu sebelum dan sesudah pemakaian ya.

2. Lidah buaya
Lidah buaya memiliki kandungan polifenol yang berperan sebagai pembasmi jerawat pada kulit. Kalau kamu sulit untuk menemukan lidah buaya asli, kamu bisa pakai skincare Aloe Vera yang banyak tersedia di toko-toko. Aku juga pakai ini, Nature Republic Aloe Vera yang dipake hanya tiap malam saja secara teratur dan kemerahan bekas jerawatku menipis.

3. Bawang putih
Nyatanya bawang putih itu mengandung zat sulfur yang dipercaya dapat menghilangkan jerawat secara cepat. Tapi aku gak rekomendasiin ini ya, karena sejauh ini aku jarang dapat yang pakai bawang putih.

4. Air perasan lemon
Lemon mengandung asam askorbat tinggi yang ampuh untuk menghilangkan jerawat membandel. Tapi hati-hati karena bagi sebagian orang, akan terasa perih di kulit wajah. Agar tidak terlalu perih kalian bisa menambahkan sedikit air. Oleskan pada area yang ada bekas jerawat, diamkan semalaman, lalu paginya bilas dengan air

5. Cuka apel
Kandungan antiseptik alami pada cuka apel mampu membunuh bakteri penyebab jerawat. Banyak yang coba loh ini tapi hati-hati juga karena akan ada sensasi perih bagi sebagian orang. Nah, aku pernah bahas full tentang cuka apel di part sebelumnya. Untuk penjelasan lebih lengkap tentang cuka apel kalian bisa baca part sebelumnya khusus untuk cuka apel.

6. Pepaya
Pepaya mengandung enzim papain yang mampu mengangkat sel kulit mati penyebab jerawat.

7. Tomat
Tomat mengandung vitamin A dan vitamin C yang dapat menghilangkan jerawat secara alami.

8. Madu
Salah satu cara lain yang kamu coba untuk menghilangkan jerawat dan bekas jerawat adalah dengan madu. Kandungan alami dalam madu seperti antibiotik mampu mencegah infeksi penyebab radang pada jerawat dan berfungsi memudarkan bekasnya. Bersihkan wajah, kemudian oleskan madu pada bekas jerawat lalu biarkan sampai mengering, dan bilas kembali wajah sampai bersih.

Note: Tapi harus ingat ya girls, semua itu butuh waktu dan harus konsisten, kalian gak bakal pake hari ini dan langsung mau kelihatan efeknya besok. Its impossible kan apalagi ini cara alami yang aman.

Cara lainnya yang dapat kamu coba

1. Pilih skincare dengan kandungan Soothing dan Calming
Misalkan (yang mudah di dapat) yaitu Tea tree atau aloe vera.

2. Fokus pada Hidrasi kulit
Kata siapa jerawat harus di selesaikan dengan produk jerawat juga? Jika kamu beranggapan bahwa hidrasi hanyalah untuk mereka yang memiliki kulit kering, sepertinya kamu keliru nih! Sebenarnya, kulit dehidrasi adalah permasalahan kulit yang diakibatkan oleh faktor eksternal, seperti polusi, over-exfoliating, atau cuaca, dan dapat terjadi pada jenis kulit apapun.
Sedangkan kulit kering, sebenarnya merupakan kondisi bawaan sejak lahir.
Nah, saat kulit mengalami dehidrasi, lapisan pelindung kulit (moisture barrier) pun akan terpengaruh hingga pada akhirnya akan memperparah kondisi bekas jerawat.

Ingat, menjaga hidrasi kulit adalah kunci dari kulit yang sehat. Saat kulit terhidrasi dengan baik, bekas jerawat kemerahan pun akan lebih 'kalem' dan tidak lagi terlihat kemerahan.

3. Gunakan Sunscreen
Saat terpapar sinar UV secara langsung, tentu saja bekas jerawat yang kemerahan akan semakin memerah. Tak hanya sampai di situ, sinar UV pun bahkan dapat mengganggu kesehatan kulit dan membuat proses pemulihan bekas jerawat semakin lama. Oleh karena itu, sangat penting untuk menggunakan sunscreen setiap hari secara rutin. Jika kulit yang sehat saja harus dilindungi dengan sunscreen, apalagi kulit yang sedang bermasalah bukan.

4. Perawatan Laser
Jika kamu punya uang lebih, dan bekas jerawat yang cukup parah dan ingin cepat menghilangkan bekas jerawat kamu, maka perawatan wajah dengan menggunakan perawatan laser secara khusus adalah solusi dari permasalahan kamu. Salah satu treatment laser yang dapat kamu lakukan adalah vascular lasers. Perawatan ini bekerja menembus lapisan kulit cukup dalam, hingga mencapai pembuluh darah, dan dapat memencarkan pembesaran pembuluh darah dikarenakan akar permasalahan bekas jerawat kemerahan terletak di pembuluh darah yang membesar. Namun, tentunya sebelum melakukan perawatan ini kamu harhs terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter kulit ataupun dokter kecantikan ya.

5. Hindari Mengiritasi Kulit Lebih Jauh
Seiring berjalannya waktu, bekas jerawat kemerahan sebenarnya akan berkurang dengan sendirinya. Akan tetapi, hal tersebut hanya berlaku jika kamu tidak memperparah iritasi yang terjadi pada kulit.

Nah, beberapa cara untuk menghindari terjadinya iritasi yang lebih parah adalah dengan:

✅ Tidak memencet jerawat atau komedo di area yang bermasalah.

✅ Tidak menggunakan pembersih wajah dengan kadar sulfates atau pH yang tinggi.

✅ Tidak menggunakan toner atau produk skin care lainnya yang memiliki kandungan alkohol atau astringent.

Cara tercepat dan instan yang dapat kamu lakukan kalau kamu merasa kurang percaya diri dengan bekas kemerahan jerawat adalah menggunakan foundation, powder, ataupun cushion serta concealer yang memiliki coverage medium to full. Hal ini dapat membantu kamu untuk menutupi noda di wajah serta bekas kemerahan jerawat untuk sementara jika kamu punya acara mendadak. Tapi tetap harus keep it in mind girls kalau lebih baik kalian berusaha menghilangkan bekas kemerahan karena hal tersebut dapat membuat kulit wajah kalian lebih sehat ya dan tampak glowing secara alami.

🧜‍♀️🧜‍♀️🧜‍♀️

Requested by. @niaaaaaaa7

Sorry it took so long for me to complete all of your request 🙏 But I'm working on it now one by one. Jadi, kalo kalian ada yang ingin tanyakan, kurang jelas, rekomendasi produk atau apapun itu kalian bisa langsung komentar or sending me a direct messages privately, i'll reply you back asap. I'l love to help people out. Dan kalo ada yang mau request anything related to beauty di persilahkan ya 🙏 Thank you

Beauty JournalTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang