Menginjak Usia 20 Tahun, Sudahkah Perlu Perawatan Anti Aging?
🍬🍬🍬
Nah, saat kita memasuki usia 20 tahun, pertanyaan berikutnya pun muncul: apakah kita sudah perlu perawatan anti-aging? Yuk, kita bahas satu-satu pertanyaannya disini!
1. Kapan Kulit Mulai Menua?
Dilansir dari Dermalogica, faktor gaya hidup, stress, dan paparan sinar UV akan mempengaruhi kesehatan kulit sejak umur 20 tahun. Akibat radikal bebas, sel-sel kulit mulai melemah, kemampuan kulit untuk melindungi dirinya berkurang, dan pergantian sel-sel kulit pun melambat.
Menurut Dermatologi Ellen Marmur, di usia 20 tahunan akan muncul apa yang disebut sebagai "motor wrinkles", yakni kerutan yang terbentuk karena gerakan wajah kalian. Umumnya, kerutan ini pertama kali muncul di area dahi. Jika kaliam banyak menghabiskan waktu di bawah sinar matahari atau menatap layar, kerutan di sudut mata yang disebut crow's feet pun akan mulai terlihat jelas.
Beberapa dermatolog lainnya, seperti dr. Kavita Mariwalla, berpendapat bahwa tanda penuaan baru terlihat pada usia 20 akhir. Dilansir dari StyleCaster, mengungkapkan bahwa pada usia akhir 20 hingga pertengahan 30 tahun kalian akan memasuki fase pre-aging. Di fase ini, kalian akan menyadari bahwa garis-garis halus makin terlihat jelas dan muncul flek hitam akibat paparan sinar UV.
2. Kapan Kita Harus Mulai Menggunakan Produk Anti-Aging?
Saat tanda penuaan mulai terbentuk, penggunaan skin care yang tepat dapat membantu memperlambat munculnya kerutan dan flek hitam, serta menjaga kulit tetap terlihat muda lebih lama. Sebaliknya, tanpa penggunaan skin care yang tepat, tanda penuaan yang terbentuk akan semakin jelas dan bertambah seiring berjalannya waktu.
Lantas, kapankah kita perlu mulai menggunakan perawatan anti-aging? Jawabannya, semakin dini semakin baik. Jika kalian mulai menggunakan perawatan anti-aging sejak umur 20 tahun, misalnya, maka tentu lebih sedikit tanda penuaan yang terbentuk pada kulit ketimbang jika Anda baru menggunakannya di akhir usia 30 tahun. Bagaimanapun juga, mencegah lebih baik daripada mengobati bukan?
3. Perawatan Anti-aging Apa yang Diperlukan Saat Menginjak Usia 20?
Sebelum kalian langsung menyetok berderet-deret skin care dengan tajuk anti-aging, perlu kalian ketahui terlebih dahulu nih, apa saja sih kandungan yang diperlukan usia 20 tahun untuk masalah penuaan?
Berfokus pada pencegahan munculnya tanda-tanda penuaan dini, kandungan yang perlu kalian utamakan dalam perawatan kulit selain basic skin care adalah anti-oksidan, SPF, dan retinol.
Kandungan antioksidan memiliki fungsi utama melawan radikal bebas pada polusi dan sinar matahari yang menjadi penyebab utama penuaan dini. Nah, kandungan antioksidan bisa kita temukan dalam beberapa kandungan skin care lainnya, bahkan mungkin dalam skin care yang sudah kalian miliki.
Kandungan yang kaya akan antioksidan di antaranya meliputi vitamin C, green tea, vitamin E, dan niacinamide.
Kandungan SPF atau Sun Protection Factor dapat kita temukan dalam sunscreen. Jika antioksidan bekerja melindungi kulit dari radikal bebas, SPF berperan untuk menghalau dampak buruk sinar UV dari matahari pada kulit.
KAMU SEDANG MEMBACA
Beauty Journal
RandomYang hobi make up atau baru belajar, mau tau soal skincare or perawatan tepat untuk jenis kulit kamu harus baca ini. Mau tanya-tanya soal masalah kulit, skincare, make up maupun sharing atau request juga bisa dan dibuka untuk umum melalui comment bo...