Untitled #9 Satu Titik

13 3 0
                                    

Ada satu titik yang dapat mengubah hidup kita. Atau paling tidak mengubah cara pandang kita terhadap sesuatu.

Siang ini, berbincang dengan mama sampai ada di titik mama bilang,

"Dia itu gimana ya, hidup kok begitu banget (intinya mengeluhkan hidup orang lain)".

"Ih, mama, ngga boleh gitu. Kita kan ngga tau yang aslinya gimana. Mungkin aja dia punya masa sulit di balik semua itu".

"Iya juga ya, setiap orang pasti punya masa sulit sampai rasanya mau nyerah aja sama hidup yang jahat ini".

Aku cuma bisa diam merasa bersalah karena menegur mama. Tapi kemudian, aku berbisik pada diriku sendiri,

dalam hidup aku selalu merasa bahwa aku adalah yang paling menderita. Bahwa aku adalah satu-satunya manusia yang harus menanggung beban yang berat ini. Kalau saja aku mau mendengar orang lain sebentar saja, mungkin aku akan bersyukur. Karena ternyata apa yang aku tanggung adalah sesuatu yang akhirnya membentuk ku menjadi aku yang kuat, aku yang mampu berdiri dengan kokoh sampai saat ini.

Kalau ternyata semuanaya terasa sulit, mungkin kita hanya perlu membagikan sedikit beban itu pada orang terdekat kita. Tidak secara berlebihan supaya tidak dipendam sendirian. Atau mungkin, saat kita merasa kita punya masalah yang begitu menghimpit dada, coba dengar apa yang menjadi beban orang tua kita. Mungkin masalah kita akan terasa jauh lebih kecil daripada masalah yang orang tua kita harus tanggung.

Setiap orang pasti punya masa sulit kok dalam hidupnya. Aku tau menulis semua ini lebih mudah dari pada mempraktikannya. Untuk siapapun kamu yang lagi baca ini, yang sedang dalam permasalahan yang berat, aku tau kamu bisa. Aku tau kamu kuat. Aku yakin kamu bisa melalui semua masa sulit ini.

Semoga kita selalu dalam lindungan-Nya dan dipermudah dalam menjalani semua urusan yang ada <3.



11/04/2020

UntitledTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang