#1.Gus Kecil

104 3 3
                                    

Pondok Pesantren Darul Falah Wonosobo

      Peluh membasahi wajah zahwa. Santri putri yang menjadi khadimah ndhalem itu kini sedang menyiapkan hidangan makan malam untuk tamu istimewa yang akan menginap malam ini. Tamu istimewa itu adalah Romo K.H Yahya Ilham dan Ibu Ny.Hj Humaira dari yogyakarta. Mereka berdua adalah saudara kandung pengasuh ponpes darul falah ini K.H Luthfi Ilham dan Ny.Hj Aisyah.
Zahwa dibantu oleh mbak Airida mengangkat piring piring dan mangkuk mangkuk makanan itu ke ruang makan.

    PRANGG!!

Suara piring jatuh terdengar jelas di sudut sudut ndhalem... Airida menjatuhkan piring secara tidak sengaja karena dia ditabrak oleh anak kecil yabg sedang berlarian mengejar kucing, Anak kecil itu pergi begitu saja meninggalkan Airida yang membersihkan pecahan piring tadi. Saat Zahwa akan membantu Airida, anak kecil itu menendang pecahan piring yang telah dikumpulkan susah payah oleh Airida, anak kecil itu tertawa, yang membuat Airida geram, Akhirnya Airida memarahi anak itu dengan muka merah padam menahan emosi. Diluar dugaan, Airida pikir anak itu akan ketakutan atau menangis, tapi dia terus saja tertawa tawa...
Zahwa yang melihat ada darah segar menetes dari ujung ibu jari anak itu segera berlari mengambil kotak P3K, sepertinya anak itu belum menyadarinya..

"Adeekk... Kesana dulu yuk.... Kakinya biar mbak obatin, biar nggak infeksi"
Ajak zahwa lembut... Namun anak itu malah menarik ujung kerudung zahwa berniat menjambak... Namun zahwa tidak marah... Dia hanya tersenyum...
Mungkin anak ini belum sadar dgn kondisi kakinya... Batin zahwa. Sesaat kemudian raut wajah anak itu berubah... Pandangannya menunduk..
Dan tiba tiba....
  "Aaaa.... Umiii.... Huwaaaa"
Anak itu menangis kencang sekali, hingga akhirnya Abuya dan tamunya datang menghampiri....
  "Ada apa tho gus??.. hm??"
Tanya Ny. Hj. Humaira yang ternyata adalah ibu kandung anak kecil itu... Anak itu tifak menjawab hingga Zahwa angkat bicara...
   "Itu bu... Kakinya berdarah... Tadi mau saya obatin tapi guse ndak mau..."

    Hj. Humaira menggendong anak itu ke sofa depan, dan mempersilahkan Zahwa untuk mengobatinya, setelah membalutnya dengan perban, Zahwa membereskan kotak P3K nya.

  "Nah... Sekarang udah selesai... Masih sakit??"
Tanya Zahwa lembut... Dja menggeleng
  "Kalau begitu umi abah sama om luthfi mau ke depan dulu ya.... Azka sama mbak ini..." Ucap Hj. Humaira, gus azka hanya mengangguk patuh... Setelah kepergian Abuya.. K.H Yahya dan Hj. Humaira, Gus Azka hanya diam tak mengucap apapun, mungkin suatu saat nanti dia akan menjadi laki laki yang cuek... Batin zahwa
   "Emm... Gus Azka mau main main ke pondok sama mbak???" Tawar Zahwa
   "Ngapain??"
   "Jalan jalan... Nanti biar dapet temen baru... Mau??? Mbak janji deh... Ntar mbak beliin cilok yang enak... Mau ikut mbak???"

Gus Azka mengangguk antusias menyanggupi ajakan Zahwa... Akhirnya Zahwa mengajak Azka main di pondok...

🌸🌸🌸

Atiya Nuruz Zahwa s'POV

    Aku mwmbawanya jalan jalan di taman pondok... Lebih tepatnya di pendopo tempatnya para wali santri buat nyambangi... Alasanku mengajaknya kesini adalah selajn tempatnya adem juga pemandangannya indah, dari sini kita bisa melihat hamparan kebun kebun buah milik warga... Bisa melihat kabut kabut tipis yang mulai menyelimuti kota Wonosobo, khususnya di puncak Dieng ini.
    "Mbak... Dingiiinn..." Rengeknya padaku.
Aku segera mengambil selimutku yang kusimpan di lemari karpet... Sengaja aku menyimpannya disana... Karena tiap malem aku akan nderes quran disini.. akh menyampirkan selimutku di bahunya... Menutupi tubuh gus azka... Hingga bentuknya lebih mirip dgn kepompong...

    "Gimana??? Udah anget???" Tanyaku... Dia mengangguk...
    "Mbak... Kok disini udara udah dingin??? Kan masih sore!!! Kok beda ya?? Sama di jogja??? Di jogja dinginnya cuma las fajar sama malem doang"
     "Karena disini itu dataran tinggi ... Posisi dataran Wonosobo itu lebih tinggi daripada jogja"
     "Wonosobo itu ada di globe nggak sih mbak??? Kalo misalnya Wonosobo itu tinggi, kok globe bentuknya bundar rata gitu??? Terus kok airnya nggak tumpah... Itu lho... Air lautnya..."
   
    Aku terhenyak mendemgar penuturan gus azka..  laki laki berusia kurang lebih 6 tahun itu sudah bisa berfikir seprti itu??? Subhanallah...

   "Itu namanya qadarullah gus.... Sebenarnya ada penjelasannya di IPA... Tapi mbak yakin gus azka belum faham.... Nanti kalo gus azka udah besar... Gus Azka bakalan ngerti.... Sekarang belajar yang giat dulu ya!!! Mbak janji deh... Kalo gus azka dapet ranking satu pas UAS nanti... Mbak bakal kasih hadiah... Nanti mbak ngasihinnya lewat paket.... Azka tinggal kabarin buya luthfi aja... biar buya bilang ke mbak.... Mau???"
     " Mauuu..... Umm.. mbak!!!"
     "Apa?? Hm??"
     "Gak jadi deh"

Dia menggelengkan kepala dan nyengir lalu berlari menuju ke arah ndhalem... Membuatku gemas dan berlari mengejarnya ... Sungguh!!! Dgn tiba tiba... Rasa nyaman menyusup dihatiku.... Aku telah begitu menyayanginya....
*Luthfi Azka Maula Syafir*

                   🌸🌸🌸
Gimana??? Awalnya jelek sih... Tapi ttp setia baca ya??? Please .. ini baru belajar cara buatnya.... Bakalan ada part part selanjutnya kok..... Jangan lupa comment ya... Biar bisa diperbaiki lagi... Makasih sudah mau menyempatkan membaca...😘😘😘
Ini Azka
👇👇👇

😘😘😘Ini Azka👇👇👇

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.


My Beloved GusTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang