Kiat-kiat menjadi "vaksin sosial" di waktu Covid-19

342 12 0
                                    


Karena sekarang kita terancam sama wabah ini, di mana kita belum punya vaksin/obat untuknya, jadi aku bakal kasih kalian kiat-kiat preventif buat coronavirus. Aku tahu ini gak bakal berimpact banyak since I just had this small account, tapi aku bener-bener mau bantu kok. Aku udah khawatir banget liat persentase yang kejankit udah sampai 1,8 juta orang lebih dan gak menutup kemungkinan masih banyak dari itu yang gak dikonfirmasi ke rumah sakit, apalagi di Indonesia yang nganggep hal kaya gini sebagai hal yang kecil..

 Aku udah khawatir banget liat persentase yang kejankit udah sampai 1,8 juta orang lebih dan gak menutup kemungkinan masih banyak dari itu yang gak dikonfirmasi ke rumah sakit, apalagi di Indonesia yang nganggep hal kaya gini sebagai hal yang kecil

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Ini dia kiat-kiatnya:

1. Ketika meninggalkan rumah, gunakan sarung tangan dan gunakan selama di tempat/kendaraan umum.


2. Jika melapasnya maka jagan pegang muka/mata, no matter what. Sebelum menggunakan sarung tangan diwajibkan untuk mencuci tangan menggunakan sabun dan air hangat, gosok jari-jari tangan.


3. Gunakan sarung tangan yang berbeda setiap hari. Jangan gunakan sarung tangan yang basah.


4. Menggunakan masker sekali pakai sebaiknya diguanakan sekali/dua kali. Jangan gunakan lebih dari satu hati. Kalau tidak menggunakan masker sebaiknya menjauhkan diri dari kerumunan dan jaga jarak dengan orang lain—setidaknya setengah meter. Kalau tetap bersiker maka mundur 3 langkah/pergi, jangan bersalaman/pelukan.


5. Di dalam rumah: ganti semua handuk sampai lap dari dapur secara berkala, cuci handuk dua kali seminggu dan jangan gunakan handuk secara bergantian; jangan juga saling bersentuhan terlalu sering. Jangan gunakan handuk basah.


6. Hati-hati dengan gang-gang pintu. Kalau bisa ditutup dengan siku/lengan jangan dipegang; pakau sarung tangan jika ingin memegannya—atau cuci tangan setelah memegannya. Kalau ada yang tengah sakit sebaiknya dicuci secara berkala ganggang pintunya. Begitupun dengan barang-barang lainnya yang dipakai bersama/yang sering dipegang. Gunakan barang sendiri-sendiri—kalau menggunakan barang orang lain maka jangan memegang bagian wajah dan cuci tangn setelahnya sampai benar-benar bersih.


7. Kalau membagi makanan dengan orang lain maka jangan menggunkan sendok/sumpit sendiri dan gunakan perkakas untuk membuang makanan dari mangkok makan/piring, dan jangan minum menggunakan gelas yang sama. Cuci bersih semua peralatan makan. Ambil makanan yang diinginkan langsung ke piring masing-masing dan makan menggunakan sendok/sumpit sendiri untuk memasukkan makanan dari mangkok/piring ke mulut sendiri. Cuci bersih semua peralatan makan di setiap jeda waktu makan dan hindari memesan makanan dari tempat makan yang tidak higienis.


8. Jangan mengonsumsi hewan yang masih hidup/yang diolah secara tidak benar, terutama yang diketahui menjadi sumber virus.


9. Buka semua ventilasi di rumah kalau memungkinkan, karena virus tidak bisa tinggal di tempat yang memiliki sistem ventilasi yang benar.


10. Kalau menghadapi orang sakit maka gunakan masker kepada diri sendiri dan kenakan pada orang itu juga. Ketika dalam proses penggantian masker maka lakukan secara hati-hati—gunakan sarung tangan lateks, letakkan di pelastik kemudian ikat erat/segel, dan buang ke tempat sampah. Selagi menggunakan sarung tangan maka cuci wajah korban dengan air hangat dana sabun hingga bersih lalu keringkan menggunakan kapas/tissue yang langsung dibuang ke tempat sampah setelah disegel. Cuci semua barang yang sudah dipegang oleh yang sakit menggunakan air panas termasuk pakaian, handuk, dan yang lain. Jika terdapat ruangan, maka sebaiknya isolasi orang yang sakit pada ruang tersebut atau ujung ruangan di mana mereka merasa nyaman dan juga jauh dari jangkauan yang lain. Jika memungkinkan maka buka semua ventilasi agar udara bisa masuk dengan lancar. Jangan lakukan ini jika cuaca/suhu di luar ruangan tidak memungkinkan.

---

Kalau bisa hindari makanan luar, karena itu tuh bener-bener gak ada manfaatnya sekarang, mending kalian masak karena gak ketahuan kan makanan itu bersih atau gah?

Cuci tangan sesering mungkin dan minum sesering mungkin!

Semangat yah! We are all in this together!

sc:

sc:

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.
Guardian of ChildrenTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang