3. Humoris
Selain setia dan romantis, Rasulullah saw juga merupakan tipekal suami yang humoris, salah satu candaan beliau dengan istrinya diriwayatkan oleh Sayyidah Aisyah r.a., beliau berkata:
« زارتنا سودة يوما فجلس رسول الله صلى الله عليه وسلم بيني وبينها إحدى رجليه في حجري والاخرى في حجرها فعملت لها حريرة أو قال خزيرة فقلت كلي فأبت فقلت لتأكلي أو لالطخن وجهك فأبت فأخذت من القصعة شيئا فلطخت به وجهها فرفع رسول الله صلى الله عليه وسلم رجله من حجرها تستقيد مني فأخذت من القصعة شيئا فلطخت به وجهي ورسول الله صلى الله عليه وسلم يضحك فإذا عمر يقول يا عبد الله بن عمر يا عبد الله بن عمر فقال لنا رسول الله صلى الله عليه وسلم قوما فاغسلا وجوهكما فلا أحسب عمر إلا داخلا » وفي رواية : (فجاءت عائشة بطعام طبخته وعرضت على سودة أن تأكل منه فأبت، فقالت لها : لتأكلنّ أو لألطخنّ وجهك، فأبت. فأمسكت بشيء من الطعام ولطخت به وجه سودة، فضحك النبي -صلى الله عليه وآله وسلم- وقال لسودة: (لَطِّخِي وجهَها) فلطخت وجهها، فضحك عليه الصلاة والسلام مرةّ أًخرى)
“Suatu hari Saudah mengunjungi Kami, kemudian Rasulullah saw duduk di antara Aku dan dia. Satu tangannya berada di pundakku dan tangan lainnya di pundaknya (Saudah). Kemudian Aku membuatkan Harirah/Khazirah (makanan yang terbuat dari potongan daging dan tepung, seperti selai), kemudian Aku berkata (kepada Saudah) : “Makanlah!” Akan tetapi dia tidak mau makan. Kemudian Aku berkata : “Makan atau Aku lumuri wajahmu!” Lantas Aku mengambil sedikit makanan dari mangkok dan melumuri wajah Saudah dengannya. Kemudian Rasulullah saw mengangkat kakinya dari sisi Saudah agar ia (Saudah) membalasku. Kemudian Saudah mengambil sedikit (makanan) dari mangkok dan melumurinya ke wajahku sedangkan Rasulullah saw tertawa. Kemudian Kami mendengar suara Umar mengucapkan “Abdullah Bin Umar, Abdullah Bin Umar.” Lantas Rasulullah saw bersabda kepada Kami : “Basuhlah wajah kalian, nampaknya Umar bakal masuk.” HR. Nasa’i (no. 8917)
Dalam riwayat lain disebutkan : “Kemudian Aisyah datang membawa makanan yang ia masak dan menawarkannya kepada Saudah agar memakannya akan tetapi ia menolaknya. Kemudian Aisyah berkata: “Makan atau Aku lumuri wajahmu!” Akan tetapi Saudah tetap menolak. Kemudian Aisyah mengambil sedikit dari makanan dan melumuri wajah Saudah, lantas Nabi saw tertawa dan bersabda kepada Saudah : “Lumuri wajahnya!” Kemudian Saudah melumuri wajah Aisyah, dan Nabi saw tertawa lagi.”
KAMU SEDANG MEMBACA
TELADAN NABI (Dalam Berinteraksi Dengan Istri)
RomantikTELADAN NABI DALAM BERINTERAKSI DENGAN ISTRI Oleh : Imam Abdullah El-Rashied FB | IG | TW | TG | WP | YT @elrashied_imam elrashied.wordpress.com Buku ini seolah-olah ingin mengajak para pembaca mengunjungi Rasulullah Saw ke rumahnya, lantas melihat...