1. Penduduk Surga yang berjalan di Muka Bumi
Rasul memuliakan kedudukan Umar. Dalam sebuah riwayat Said bin al-Musayyib bahwa Abu Hurairah berkata, ketika kamu sedang berada di sisi Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda:
“Sewaktu tidur, aku bermimpi seolah-olah aku berada di Surga. Kemudian aku melihat seorang wanita berwudhu di samping sebuah istana, maka aku bertanya, ‘Milik siapa istana ini?’ Mereka menjawab, ‘Milik umar’. Maka aku teringat akan kecemburuan Umar sehingga aku menjauhi istana itu”. Umar menangis dan berkata, “Demi Allah mana mungkin aku akan cemburu kepadamu wahai Rasulullah”. (HR. Bukhari).
2. Umar bin Khattab Membuat Islam Semakin Tangguh
Saat masih menjadi pemimpin kaum kafir, Umar bin Khattab memang sudah terkenal di kalangan Umat Muslim sebagai musuh yang patut diperhitungkan. Mengingat Ia-lah yang menjadi pemimpin terdepan untuk menyakiti umat muslim.Hidayah Allah untuk meluluhkan hati Umar yang begitu keras amat mudah untuk diluluhkan. Penggalan surat Thaha membuat hati Umar luluh lantah dan segera memeluk Islam. Ini juga berkat doa Rasulullah SAW kepada Allah atas Amirul Mukminin.
Islam semakin kuat setelah Umar masuk agama Allah ini. Ia terkenal cakap dalam mengatur strategi perang, kekuasaan islam meluas dengan cepat.
3. Manusia yang Ditakuti Setan
Ia menjadi manusia yang amat ditakuti oleh setan. Dalam salah satu riwayat dari ‘Aisyah r.a bahwa Rasulullah pernah bersabda, ”Sesungguhnya setan lari ketakutan jika bertemu Umar”Rasulullah bersabda yang berbunyi:
“Wahai Ibnul Khattab, demi dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, tidaklah setan bertemu dengannmu di suatu jalan melainkan ia akan mengambil jalan yang lain dari jalanmu.” (HR. Bukhari, no.3480)
KAMU SEDANG MEMBACA
kisah teladan:4 sahabat Rasulullah
Espiritualkisah 4 sahabat Rasullah Saw yang diangkat sebagai khalifah / pemimpin umat Islam setelah kematian nabi