ا

19 4 0
                                    

janji dengan diri sendiri,apa pun caranya tetap harus diusahakan.meski banyak omongan orang yang berusaha membuatku jatuh,ku menganggap itu bukan perendahan tetapi pelajaran yang mengingatkan dengan sifat dan sikap yang aku punya,dengan cara orang yang berbeda

-nda

"alhamdulillah" kuucapkan syukur untuk menyambut pagi,seraya merapihkan rambut ku dan mengikatnya.

air putih.itu tak lupa untuk ku minum yang sudah disiap kan di nakas olehku tadi malam,selepasnya aku hendak mengambil air wudhu untuk melaksanakan sholat tahajud.

khusyuk.

itu yang aku lakukan ketika berhadapan dengan sajadah yang sudahku percaya akan mengantarkan doa"ku pada sang pencipta,ntah itu setahun yang akan datang atau mungkin esok pagi.aku hanya bisa menunggu dan menjalankan biarkan tuhan yang mengatur.

bukan,tahajudku bukan karna dibulan ramadhan saja tetapi memang sudah menjadi keperluanku untuk bisa menyempurnakan akhlak dan bekal perjalananku.

setelah selesai ,aku segera menghampiri umi untuk membantu menyiapkan makanan sahur untuk 6 saudara kandung termasuk orangtuaku,dirumah ini yang bisa dibilang tidak terlalu mewah.

"masak apa umi? nda bantu yaa"ucapku,dan mengambil alih sedikit pekerjaaan umi.memegang pisau untuk memotong daun bawang dan bahan lainnya untuk penyedap masakan yang umi buat.

umi hanya tersenyum,dan melanjutkan masakan yang laainnya.menu sahur dihari ke 20 ini umi sudah menyiapkan ayam goreng,sop daging,dan oseng tumiss yang lainnya.

"nda mau bangunin aa sama ade duulu,ini udah nda potongin semua ya mii"pintaku sambil mencuci tangan dan merapihkan semua alat masak umi,aku segera kemar aa dan ade untuk segera sahur.

"assalamualaikum" salamku yang hendak menghampiri ranjang aa.masyaallah.kebiasan habis shalat bukannya dirapihkan,umur aa lebih tua dibanding aku a,kenapa yang kayak gini aja belum bisa rapih juga?.

"a banguun ayo,sahur..bentar lagi imsak tauk-!" cukup kebo memang dia.kalau saja di ndak di goyangkan tubuhnya,dengan suara saja tidak cukup untuk menariknya dari alam sadar sana.

yap,akhirnya bangun juga.segera ku lemparkan handuk untuknya.dan menyuruhnya mandi agar terlihat leih segar.1 sudah tinggal 2 lagi.berbeda dengan kedua adik ku ini,suara pintu dibuka saja sudah tau kalo disuruh bangun.

"alhamdulillah,kayak gini kan enak..udah bangun duluan,langsung mandi yaa anak baik" terlihat sangat mengantuk kedua anak kecil ini,mau gimana lagi harus belajar dan diajar untuk puasa tahun ini diumur mereka yang baru 6 tahun.

"iyaa kaa" berbeda dengan aku.ketika memanggil abang dengan sebutan aa,husna dan husen memanggilku dengan sebutan kaka.dulu umi dan abi sebelum dijakarta memang tinggal ditanggerang,jadi nya aku sudah terbiasa manggil aa.

husna dan husen memang kembar,dan husna kakanya. mereka lahir dijakarta 5 tahun lalu,jarak aku ke aa selisih 3 taun darinya,jarak ade ke aku 12 tahun hehe gimana ke aa,ya segitu lah jauh memang jarak umurnya.jadi lebih gemas.

semua sudah turun dari kamarnya,termasuk abi.dan langsung makan di meja makan,yang sudah ku siapkan tadi sama umi (~ ̆▾ ̆)~.

04.00 wib

"jangan langsung kekamar,gak boleh tidur kalian" perintah abi ketika lihat aku dan aa berjalan ke kamar.

"nda mau ambil notebook dikamar bi, nannti turun lagi" izin ku yang di anggukan oleh abi.sedangkan abang sudah duduk di samping abi,kan sudah dibilang kalo masih ngantuk aa tuh kebo.

"gimana zan skripsi?kemarin bagus gak hasilnya?"tanya abi ke aa.

"alhamdulillah bi,baguus..tinggal aa cari kerjaan yang cocok aja,itung itung ngisi waktu libur aa"ucapnya sembari merebahkan badannya disofa.

"syukur deh,coba nannti abi tanya ke rifko teemen abi yang di bandung masih ada ga lowongan karyawan di kantornya"

jari jempol dengan telunjuk disatukan olehnya dan membentuk Ok diberikan ke abi dengan antusias,karna sudah mebantunya mencarikan kerja.

adzan shubuh berkumandang.komplit untuk kali ini,karna husna dan husen ikut sholat berjaamah.biasanya kalau habis sahur mereka langsung ke kamar untuk melanjutkan tidurnya dan dibangunkan nannti oleh umi,ketika selesai sholat berjamaah.

setelah selesai aku kembali ke kamar ku.hari ini coba ku rapih kan kamar ku deh,sebenarnya setiap hari juga di rapihiin tapi,bagian kasur ku saja sih hehe..hari ini mau bersihin rak boneka,ngepel,nyapu,pindahin barang.mumpung jumat paagi,wajib bersih bersih hihihi.

'''

bersyukur sekali aku sudah mulai bisa berubah sifat ku di masalalu,walaupun belum maksimal menjadi baik layaknya seorang perempuan muslim dan alim lainnya.sudah lama aku memiliki niat untuk mendewasai,dan memperbaiiki pemikiran juga sifat yang belum baik.

Allah belum mengizinkan pada masa itu,terlebih dengan sifat ku yang mungkin orang bilang keras kepala,tidak faham kesalahan apa yang sudah aku ulangi.ingin rasanya aku teriak saat itu,tapi semua tidak memungkinkan jika aku berontak seperti itu.

sabar,tawakal dan ikhtiar yang aku lakuan pada saat itu.semua orang jujur pada ku bawaha mereka semua lelah,semua cape,semua gak sanggup dengan semua sifatku.seharus nya aku yang bicara seperti itu terhadap diriku sendiri,aku yang lebih cape,aku yang lebih lelah menyanggupi semua ini.

tapi apa untungnya jika terus mengeluh,toh ini memang sudah jalannya.mereka lelah dengan semua sifat yang aku punya,mereka cape gak tahan sama orang keras kepala apa lagi aku seorang perempuan yang kayak gini.tapi mereka gak pernah merasa bahwa jika berbicara seperti itu,bisa membuat orang yang ingin berubah menjadi hilang niat.

nyerah dengan semuanya.semua pergi dengan penyesalan karna sudah mengenalku dan juga berteman,jika sudah seperti itu siapa yang akan aku tuju kan dibumi ini?apa aku sangat tidak layak untuk bahagia?jika semua pergi,bagai mana aku bisa tahu dimana letak kesalahan kesalahan ku.

kalian cukup cape mungkin jika terus mengingat kan ku.sudah lah,tak bisa ku perjelas dengan semua yang aku jalani.kalian hanya mau,tidak membantu.

•••

assalamualaikum,apa kabar? semoga sehat selalu yah..maaf awalnya sedikit,aku sambil ngerevisi juga soalnya sama yang aku tulis dibuku maafin ya hehe

kepo ga si dengan "nda" yang aku maksud?.
seburuk apasih masalalunya?

tambahin ke beranda mu biar gak ketinggalan hehe..
have fun🤗

Semoga Allah Mengizinkan [hiat]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang