6. Bunga bulan Agustus

89 14 28
                                    

Kalian sudah pernah lihat bunga seperti ini?

Atau mungkin pernah dengar sebutan bunga bulan Agustus?

Atau mungkin pernah dengar sebutan bunga bulan Agustus?

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Kalau belum.. Perkenalkan, tanaman yang bentuk daunnya memanjang seperti pedang kecil dan mempunyai panjang bunga sekitar 3 sampai 4 meter ini bernama bunga gladiol.

Bunga ini berasal dari bahasa latin “Gladius” yang berarti pedang kecil. Di Indonesia, gladiol juga dikenal sebagai bunga bakung. Sedangkan di Yunani, gladiol punya nama kuno, yaitu Xiphium. Berasal dari kata Xiphos yang artinya juga sama dengan Gladiolus.

Kalian tau nggak kenapa disebut bunga bulan Agustus?

Yap, jawaban kalian pasti benar.

Karena bunga gladiol ini tumbuh sekitar bulan Agustus, jadi bunga gladiol sering disebut-sebut sebagai bunga kelahiran bagi orang-orang yang lahir pada bulan Agustus.

Bunga gladiol berasal dari Afrika Selatan dan sudah menyebar sejak 2000 tahun silam di Asia. Dan tahun 1730, gladiol mulai memasuki daratan Eropa dan berkembang di Belanda.

Menurut hasil penelitian pada tahun 1998, Indonesia mengenal 20 varietas gladiol dari Belanda. Bunga-bunga ini kemudian diuji tanam di kebun percobaan sub balai penelitian hortikultura, Cipanas.

Beberapa bagian tanaman gladiol memang beracun. Bahkan, beberapa jenis bunga ini bisa menyebabkan iritasi kulit maupun alergi. Tapi, di Mediterania dan Inggris, bunga gladiol digunakan buat pengobatan fisik. Pastinya pengolahan sebagai obat ini harus tepat dan juga nggak sembarangan.

Tanaman gladiol yang termasuk subklas Monocotyledoneae, berakar serabut, dan tanaman ini membentuk pula akar kontraktil yang tumbuh pada saat pembentukan subang baru.

Kelebihan dari bunga potong gladiol adalah kesegarannya bisa bertahan lama sekitar 5-10 hari dan bisa berbunga sepanjang waktu.

Adapun bunga gladiol memiliki klasifikasi sebagai berikut :

Divisi:Tracheophyta
Subdivisi:Pteropsida
Klas:Angiospermae
Subklas:Monocotyledoneae
Ordo:Iridales
Famili:Iridaceae
Genus:Gladiolus
Spesies:Gladiolus hybridus

Dari hasil penelitian tahun 1988, Indonesia telah mengenal 20 varietas gladiol dari Belanda kemudian diuji multi lokasi di kebun percobaan Sub Balai Penelitian Hortikultura Cipanas. Tiga varietas diantaranya mempunyai penampilan yang paling indah, (warna dan bentuknya berbeda dengan gladiol lama), yaitu: White godness (putih), Tradehorn (merah jingga), dan Priscilla (putih).

Bunga gladiol juga mempunyai beberapa ragam jenis, yaitu :

–Gladiolus gandavensis, berukuran besar, susunan bunga terlihat bertumpang tindih, panjang 90-150 cm.

–Gladiolus primulinus. berukuran kecil, sangat menarik. Bertangkai halus tetapi kuat dan panjangnya mencapai 90 cm.

–Gladiolus ramosus. Panjang tangkai bunga 100-300 cm.

Nanti Kita Ceritakan Riset Kali IniTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang