Pernahkah kalian mendengar julukan tersebut?
Selama ini pasti kita seringnya hanya mendengar sebutan Paris Van Java yang dimiliki oleh Bandung.
Ternyata sebuah kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur juga ada yang mendapat julukan hampir sama seperti Bandung lho, teman-teman!
Kalau Malang julukannya Switzerland Van Java atau Swiss Van Java.
Kenapa bisa dijuluki seperti itu?
Banyak alasan kenapa Malang mendapat julukan sebagai Swiss-Nya Jawa. Pastinya karena Malang dikatakan memiliki penataan tempat yang indah mirip dengan Kota Swiss. Dan Malang juga dikelilingi oleh pegunungan yang indah seperti Gunung Bromo, Gunung Arjuno, Gunung Kawi, Gunung Semeru.
Selain itu, Malang juga disebut sebagai kota terbesar kedua di Jawa Timur setelah Surabaya, dan kota terbesar ke-12 di Indonesia. Kota ini didirikan pada masa Kerajaan Kanjuruhan dan terletak di dataran tinggi seluas 145,28 km2 yang terletak di tengah-tengah Kabupaten Malang. Bersama dengan Kota Batu dan Kabupaten Malang, Kota Malang merupakan bagian dari kesatuan wilayah yang dikenal dengan Malang Raya.
Secara geografis, Kota Malang terletak di tengah-tengah Kabupaten Malang dan sisi selatan Pulau Jawa. Kota ini memiliki luas sebesar 145,28 km2. Kota ini dibatasi oleh Kecamatan Singosari dan Kecamatan Karangploso di sisi utara; Pakis dan Kecamatan Tumpang di sisi timur; Kecamatan Tajinan dan Kecamatan Pakisaji di sisi selatan; dan Kecamatan Wagir dan Kecamatan Dau di sisi barat yang semuanya merupakan kecamatan di Kabupaten Malang.
Kota Malang dilalui oleh salah satu sungai terpanjang di Indonesia serta terpanjang kedua di Pulau Jawa setelah Bengawan Solo, yaitu Sungai Brantas yang mata airnya terletak di lereng Gunung Arjuno di sebelah barat laut kota. Sungai kedua terpanjang di Malang adalah Sungai Metro yang melalui Kota Malang di Kelurahan Karangbesuki, Kecamatan Sukun.
Kota yang juga dikenal dengan apelnya ini memiliki penduduk dari berbagai macam suku bangsa dan budaya.
Jika kalian sedang berada di kota Malang. Tentunya pasti akan menemukan bermacam-macam dialek dan bahasa yang digunakan oleh masyarakat sekitar. Seperti Bahasa Indonesia, Bahasa Jawa, Bahasa Madura, dan beberapa bahasa lainnya.
KAMU SEDANG MEMBACA
Nanti Kita Ceritakan Riset Kali Ini
NonfiksiWork ini berisi artikel hasil riset untuk memenuhi tugas Raws Community Batch 2. Sebelum menyuguhkan sebuah cerita kepada pembaca, baiknya kita perlu riset. Tujuan utamanya bukan hanya sekedar agar cerita kita menarik di mata pembaca. Tapi, lebih k...