+Materi Dialog Tag tambahan!
Dialog Tag
Apa itu dialog tag?
Dialog tag adalah frase yang mengikuti dialog.
Fungsinya menginformasikan si pengucap kepada pembaca.
Dialog tag digunakan apabila dialog tersebut isinya tentang upengungkapan sesuatu.
Format dialog tag :
Format dialog tag itu diawali dengan huruf kecil setelah tanda petik dua.
Ciri-ciri dialog tag :
Ciri-ciri dialog tag itu biasanya diikuti dengan kata-kata:
ujar, ucap, kata, cetus, tutur, ungkap, tandas, tanya, sapa, panggil, pungkas, tegas, ajak, pinta, sahut, jawab, balas, terang, jelas, sela, tukas, potong, sindir, ejek, hina, cela, canda, teriak, jerit, seru, sergah, bisik, gumam, lirih.
Macam-macam dialog tag :
• Netral : ujar, ucap, kata, cetus, tutur, ungkap, tandas, tanya, sapa, panggil, pungkas, tegas, ajak, pinta.
• Netral sebagai respons : sahut, jawab, balas, terang, jelas, sela, tukas, potong.
• Ada emosi : sindir, ejek, hina, cela, kelakar, canda
• Emosi bernada tinggi: teriak, jerit, raung, seru, sergah, murka, bentak.• Emosi bernada rendah : bisik, gumam, lirih
Contoh dialog tag :
1. Salsa berkata, “Sepeda barumu kupinjam.” (diikuti kata berkata )
2. “Pergi dari rumahku sekarang!” bentak Rafli. (diikuti kata bentak )
3. "Apakah kamu mencintaiku?" tanya Diana pada Doni. (diikuti kata tanya )
4. "Aku ngantuk," gumam Raffi. (diikuti kata gumam )
5. “Aku yang membuang kucing itu,” ungkap Daniel.Apabila dialog tagnya berada di awal seperti contoh Salsa, maka setelah kata “Salsa berkata” diberi tanda baca koma (,) baru kemudian memulai dialog dan di akhiri dengan tanda baca titik (.) sebelum tanda kutip penutup sebagai tanda baca.
Apabila dialog tag berada di akhir seperti contoh Daniel, maka
tanda baca koma (,) sebelum tanda kutip penutup dalam dialog.
Catatan : Ingat. Huruf awal setelah dialog adalah huruf kecil.+Sekarang dialog aksi
Apa itu dialog aksi?
🧡Dialog Aksi adalah dialog yang diikuti aktivitas/aksi, baik narasinya di awal/di akhir.
🧡Format dialog aksi
Jika narasi di awal, setelah narasi diakhiri tanda titik. Jika narasi di akhir, kata pertama diawali dengan huruf kapital setelah tanda petik dua.🧡Contoh dialog aksi :
1. Andi tersenyum seraya menepuk pundakku. “Kamu adalah sahabat terbaik.” (aksi yang dilakukan : tersenyum dan menepuk pundak)
2. "Aku lelah." Perempuan itu merebahkan dirinya di atas kasur. (aksi yang dilakukan : merebahkan diri di atas kasur)
3. "Ayo, ikut!" Perempuan itu menarik lengan kananku. (aksi yang dilakukan : menarik lengan)
+Materi tambahan :
➖Kata HANYA dan SAJA➖
Aku hanya mencintaimu saja.
Aku hanya suka padamu saja.Kalimat di atas adalah contoh pemborosan kata. Kata 'hanya' dan 'saja' itu bermakna sama.
Jadi, jangan memakai keduanya dalam satu kalimat. Pakai salah satu saja.
Aku hanya mencintaimu.
Atau
Aku mencintaimu saja.
Ok? Yang merasa pernah memakai keduanya, segera diedit, ya.
-Adm Autoren Gruppe
KAMU SEDANG MEMBACA
Materi Class
AcakKumpulan materi yang pernah dibahas bersama dalam Autoren Gruppe. Mari simak dan pelajari lagi agar kamu benar-benar mampu menguasai seluruh materi yang telah kami di berikan. Mari mulai membaca! By Adm Autoren Gruppe To all