I don't live just because I won't die, but I am chained to something.
Namvarel Joovanno
Civil Engineering, 21 y.o
The President of Nava University
Baca buku hukum yang tebalnya kata orang-orang, 'anjing kalau dilempar pakai buku itu mungkin bisa langsung mati anjingnya.' Untungnya sih aku pecinta binatang hahaha... Aku penasaran tentang Undang-Undang kewenangan KPK berhubung saat ini berita terpanas tentang rencana revisi UU KPK yang dibahas DPR. Aku butuh membaca buku tentang itu karena jujur saja aku bukan jurusan hukum.
Bahkan sejak tadi grup "President Community" sudah ribut buat rencanain demonstrasi. Grup yang isinya semua Presiden kampus di kota ini. Lautan mahasiswa bakal turun kalau sudah seperti ini beritanya.
Tau nggak kejadian di tahun 1966? Demonstrasi yang dilakukan mahasiswa pada 12 Januari 1966 atas ketidakcakapan pemerintah dalam mengatasi masalah politik, sosial, dan ekonomi negara. Saat itu, demonstrasi menyampaikan tiga tuntunan rakyat atau tritura, (1) Bubarkan PKI beserta ormas-ormasnya, (2) Rombak Kabinet Dwikora, dan (3) Turunkan harga. Demonstrasi mahasiswa pertama kalinya.
Belum lama ini pada September 2019, aku memimpin NAVALTY (organisasi perkumpulan mahasiswa NAVA) bergabung dengan demonstran dari kampus lain di depan gedung DPRD untuk menyampaikan aspirasi tentang pengesahan RUU dan KUHP yang dianggap melemahkan posisi KPK sebagai badan independen negara. Rasanya Indonesia memanggil kami untuk melindungi Ibu Pertiwi. Gelora unjuk rasa para demonstran saat itu membara mengingat kejadian 1974 yang dikenal dengan 'Tritura Baru 1974' salah satunya, ganyang korupsi. Bagaimana bisa 'monster raksasa' bisa dilenyapkan jika sang superhero (KPK) lemah? Saat itu, aku dan rombongan siap ditempat.
"Joo, nih pengeras suara," ucap Jino sambil nyerahin samaku waktu itu.
"Thanks, bro." Aku nerima pengeras suara pemberian Jino.
Aku sudah berdiri siap berorasi.
Batinku menyuarakan pendapat terdahulu, "Idealisme adalah kemewahan terakhir yang hanya dimiliki oleh pemuda." (Tan Malaka)
Salam Mahasiswa Idealis. Hidup Mahasiswa!
✨✨✨
Jangan lupa vote dan comment bebdeul :)
Gimana sih imajinasi kamu tentang kehidupan mahasiswa? Cerita dikomentar yok🤗
Buat yang udah jadi mahasiswa, boleh juga cerita. Kita sharing di sini kuy hehehe
KAMU SEDANG MEMBACA
NA'VA University
Teen FictionCover by @_ma.design7 NA'VA University, lokasi pertemuan pertama Namvarel dan Vanya saat Rapat Musyawarah Besar NAVALTY. Dengan dua kepribadian dan background yang berbeda mereka mencoba untuk saling melengkapi dan saling menyembuhkan. Cerita ini d...