Life is not dependent on men, but standing on her own feet
Vanya Nimiane
English Education, 20 y.o
Member of HMJ English Education
Pernah baca buku "Demian" karya Herman Hesse? Tentang Sinclair yang merasa kehidupan terangnya berubah jadi kehidupan orang fasik yang jauh dari Tuhan? Dia yang merasa bukan lagi bagian dari keluarganya, merasa berbeda dari ayah, ibu dan saudari-saudarinya. Sampai dia bertemu dengan Demian, teman barunya. Satu hari sebelum mulai jam belajar pembaptisan, Demian pernah mengatakan, "Ocehan cerdas tidak punya makna, sama sekali. Itu hanya mendorongmu semakin jauh dari diri sendiri. Jauh dari diri sendiri adalah dosa. Manusia seharusnya merangkak ke dalam diri sendiri sepenuhnya seperti kura-kura."
Sering terngiang-ngiang dikepalaku perkataan yang dilontarkan Demian, "Jauh dari diri sendiri adalah dosa." Tidak mengenal diri sendiri, semakin lupa nilai dari diri sendiri artinya jauh dari sendiri. Itu artinya aku melakukan dosa? Apa aku harus berdoa pengampunan dosa?
Menjadi anggota HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan) Pendidikan Bahasa Inggris mengharuskan aku membagi waktu antara kuliah dan organisasi. Rapat HMJ itu... Sumpah gilak betdah. Dari jam 6 sore sampai 9 malam itu udah waktu paling cepat untuk rapat. Rasanya hari demi hari aku nggak kenal diri sendiri, hanya melakukan aktivitas formalitas.
"Tolong saling menghargai! Pimpinan rapat masih berdiri di depan ini." Felly,selaku sekretaris rapat memasang wajah kesalnya melihat situasi rapat yang tidak kondusif..
"Eheemm... Mungkin semua sudah tahu wacana tentang penghapusan mata pelajaran bahasa inggris tingkat SMP dan SMA. Itu adalah 1 dari 10 usulan yang disampaikan Ikatan Guru Indonesia saat bertemu dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Bapak Nadiem Makarim pada 4 November lalu." Ruth menyampaikan secara singkat pembahasan rapat.
"Kita dapat undangan dari HMJ kampus lain untuk ikut berorasi di depan kantor Dinas Pendidikan Jalan Teuku Cik Ditiro No.1-D atau kita hanya membuat surat terbuka saja? Bagaimana pendapat hadirin rapat? Saya berikan waktu untuk menyampaikan pendapat."
Ruth mengedarkan pandangannya ke seluruh ruangan rapat. Sementara aku hanya memberikan ekspresi datar ketika mata kami bertemu. Kalau tentang ini, aku ikut aja gimana keputusan yang lain. Pikiranku terlalu kacau hanya untuk menyampaikan pendapat.
Language education is important to teach for students because language is the way to communicate with others.
Salam Mahasiswa Pendidikan! Hidup Mahasiswa!
KAMU SEDANG MEMBACA
NA'VA University
Novela JuvenilCover by @_ma.design7 NA'VA University, lokasi pertemuan pertama Namvarel dan Vanya saat Rapat Musyawarah Besar NAVALTY. Dengan dua kepribadian dan background yang berbeda mereka mencoba untuk saling melengkapi dan saling menyembuhkan. Cerita ini d...