3

95 13 0
                                    

Berlin, Jerman

KOMANDAN polisi, Otto Schiffer, dua perwira polisi berseragam, dan pengawas gedung apartemen, Herr Karl Goetz, memandang tubuh telanjang keriput yang tergeletak di dasar bak mandi yang meluap. Samar-samar tampak luka memar melingkari lehernya.

Komandan polisi menadahkan jarinya di bawah keran yang menetes. "Dingin." Ia menghirup bau botol minuman keras di sisi bak mandi dan menoleh ke pengawas gedung. "Namanya?"

"Sonja Verbrugge. Suaminya Franz Verbrugge. Ilmuwan."

"Ia tinggal di apartemen ini bersama suaminya?"

"Tujuh tahun. Mereka penghuni yang sangat baik. Selalu bayar uang sewa tepat waktu. Tidak pernah ada masalah. Semua menyayangi..." Ia menyadari apa yang akan dikatakannya, lalu terdiam.

"Apakah Frau Verbrugge bekerja?"

"Ya, di kafe internet Cyberlin, tempat orang membayar untuk menggunakan komputer untuk--"

"Bagaimana ceritanya sampai kau menemukan tubuh ini?"

"Karena air dingin di bak mandi. Saya sudah mencoba memperbaikinya beberapa kali, tapi keran ini tak pernah benar-benar bisa ditutup."

"Jadi?"

"Jadi tadi pagi, penghuni apartemen di bawah mengeluh tentang air yang menetes lewat langit-langitnya. Saya naik ke sini, mengetuk pintu, dan ketika tidak ada jawaban, saya membuka pintu dengan kunci induk saya. Saya masuk ke kamar mandi dan menemukan..." Suaranya tercekat.

Seorang detektif masuk ke kamar mandi. "Tidak ada botol minuman keras di lemari, hanya anggur."

Komandan mengangguk. "Baik." Ia menunjuk botol minuman keras di sisi bak mandi. "Periksa kalau-kalau ada sidik jari di situ."

"Ya, Sir."

Komandan menoleh ke Karl Goetz. "Anda tahu di mana Herr Verbrugge?"

"Tidak. Saya selalu melihatnya di pagi hari saat ia berangkat kerja, tetapi--" Ia membuat isyarat tanda tak berdaya.

"Kau tidak melihatnya tadi pagi?"

"Tidak."

"Apakah kau tahu Herr Verbrugge mempunyai rencana bepergian atau tidak?"

"Tidak, Sir. Saya tidak tahu."

Komandan berbicara kepada si detektif. "Bicaralah dengan penghuni-penghuni lain. Cari tahu apakah Frau Verbrugge akhir-akhir ini tampak depresi, atau apakah dia dan suaminya bertengkar, dan apakah dia peminum berat. Carilah sebanyak mungkin keterangan sebisamu."

Ia memandang Karl Goetz. "Kami akan memeriksa tentang suaminya. Kalau kau teringat sesuatu yang mungkin bisa membantu--"

Ragu-ragu Karl Goetz mengatakan, "Saya tidak tahu apakah hal ini bisa membantu, tetapi salah seorang penghuni memberitahu saya ada ambulans diparkir di depan gedung tadi malam, dan ia bertanya apakah ada yang sakit. Ketika saya keluar untuk melihat apa yang terjadi, ambulans sudah pergi. Apakah itu membantu?"

Komandan berkata, "Akan diteliti."

"Bagaimana--bagaimana dengan jenazahnya?" Karl Goetz bertanya gelisah.

"Kororer sedang dalam perjalanan kemari. Kosongkan bak mandi dan selimuti dia dengan handuk."

Sidney Sheldon - Are You Afraid of The Dark?Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang