Bijak Bersos-med

10 1 2
                                    

(*) Website source : https://psychology.binus.ac.id/2019/05/24/bijak-dalam-bersosial-media/ 

.

.

.

Yo Whats Up! Back again with me, kesayangan brosist,The Lovely Absurd Student :) . Mungkin ini terbilang cukup lama gua menghilang dari Wpadd. Melanjut part sebelumnya, gua akan bahas soal kita harus bijak bersosial media. Berdasarkan artikel diatas (*) ,ada beberapa tips agar kita menggunakan sosial media dengan bijak. Sementara ada jeda iklan terlebih dahulu. Hmmm tapi boong. 

Oke brosist. Berikut beberapa point untuk kalian.Pertama. Menerapkan 'Golden Rule'. Bukan dalam bersosial media aja sih ya kalo point yang satu ini. Karena kata tersebut memiliki makna "Kita harus memperlakukan orang lain sebagaimana kita juga ingin diperlakukan oleh orang tersebut". Gampang ya. Kalo elu baik ama orang,orang juga baik ama elu . Begitupun sebaliknya. Kalo elu kurang baik ama orang,orang pun sama seperti elu. Terkecuali untuk orang-orang  baik tertentu. 

Kedua. Jangan menyebarkan gosip. Hai temen-temen,apa kabarnya nih semua? Moga pada sehat dan bijak yaa bersosial media-nya. Melanjut poin sebelumnya, sikap kita sebagai pengguna sosmed yang bijak seharusnya jangan menyebar berita yang belum jelas asal-usul nya alias sebar hoax alias gibah alias gosip.Iya,banyak aliasnya emang. Hah?gimana-gmn?gmn-gimana?Apasih! 

N: "Makin pusing aja saya lurr.." keluh Ngatmo sambil nyeruput kopi

Ngegosip, banyak aliasnya memang. Banyak juga gabagus nya. Karena seorang yang bergosip belum tentu ia menyebar berita yang betul-betul benar.Benal-benal beturrr. Sesuai fakta maksudnya. kebanyakan infonya gak sesuai data dan kondisi yang ada. Kalau udah kelewatan, bisa-bisa peng-gosip nyebar satu berita hoax yang bakalan viral se-nusantara ini cepat atau lambat,der! Udahlah. Pasti madesu deh kalo begini caranya.

.

.

.

*ILUSTRASI* 

TV,majalah,dan media berita serupa melaporkan berita dengan cepatnya. Netizen bernama Yot Oyot mulai beraksi lewat smartphone nya. Sana-sini mencari latest post di facebook,twiter,instagram,dan wikipedia(jika ada). Gak mikir lama, doi langsung share suatu postingan gambar ilustrasi dan sebuah kalimat tuduhan serta ujaran kebencian terhadap 'tokoh berpengaruh dalam negara' yang ia temukan di halaman Explore Instagramnya tersebut.

 Gak mikir lama, doi langsung share suatu postingan gambar ilustrasi dan sebuah kalimat tuduhan serta ujaran kebencian terhadap 'tokoh berpengaruh dalam negara' yang ia temukan di halaman Explore Instagramnya tersebut

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

"Hwa Explore? Tapi kok langsung dia share padahal kan gak ngefllow akun ig tsb, gimana ceritanya, bosque?"

Dengan modal pede dan nekadd, Oyot tiba-tiba jadi sok-sokan ngerti dan mau berpartisipasi dalam memperbaiki masalah sosial di negeri ini. Antusias menjadi penyebar berita terupdate mengalahkan akal sehatnya. Si oyot share itu postingan yang didapet dari FB dan meguploadnya ke WA Status. Gak lupa dong doi memforward ke beberapa grup diantaranya,

1.Arisan Keluarga BASYOT,

2.SDN 13 Ekuador Tenggara dan 

3. Komunitas Sugar Daddy

 Di satu Grub WA lebih banyak yang tidak percaya sama sekali dengan berita tersebut. Tapi anehnya masih ada aja gitu orang yang percaya dan kembali mengsharenya sepeti yang Oyot perbuat.Oh gitu yah.

Lusa.setelah sibuk menyebar dan menambahkan bumbu-bumbu fitnah kepada orang banyak, Oyot membuka FB Page Info Jakarta. Di postingan itu ia mulai sedikit memahami kalau selama ini postingan berita yang ia share kemana-kemani,Ups. Itu semua adalah HOAX. Ia telah melakukan gosip online. Ia sungguh menyesalinya. Berusahalah doi menghapus postignan tsb. dengan jantung bedetak cepat pun butiran air keringat dari batang idungnya.Nahh,doi baru mikir.

"percuma juga gue apus postingan itu,kan udh gue share juga ke semua orang"

Dengan Cepat dan Akurat,Polisi dan Satuan tugasnya pun menindaklanjuti siapa dalang dibalik semua ini. Alhasil,Oyot dan teman-teman tak bertangung jawab lainnya diproses secara hukum.SELESAI.

.

Kisah Oyot menggambarkan Warganet yang kurang cermat menyaring suatu berita. Jujur gua kadang pernah jadi Oyot sih,enggak maksudnya pernah ngelakuin seperti ilustrasi diatas. Tapi gak separah itu temen-temen.Huftt. 

.

.

.

Pantun 4

Memandang bintang kelap-kelip

Ditemani Kopi buatan mamah

Jangan coba-coba mulai gosip

Karna itu bisa timbul pitnah

.

#GosipadalahFaktayangBukanFakta #SalamAbsurd  


"Emang bener yah?Gosip bikin ketagihan? " *mencoba gantungin cerita*


.

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~Thanks and See You !~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

CATATAN PELAJAR ABSURDTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang