Dalam sejarah panjang perkembangan filsafat, banyak filosof yang mengemukakan definisi filsafat menurut pandangan mereka. contohnya:
*) Mr. Feng Yu Can ( diambil dari bukunya; "A Brief History of Chinesse" ) dia bilang kalau filsafat itu kaya suatu pemikiran dalam sistematis tentang kehidupan manusia
*) Albert Einstein ( Parah dia keren banget ) beliau bilang kalau misalnya untuk paham filsafat itu sama kaya mengejar ilmu pengetahuan dengan cara yang paling umum dan paling luas, maka jelas banget kalau filsafat ini ibu dari semua ilmu pengetahuan alam.
*) Novalis (dia ini kalau ga salah orang Jerman dan terkenal banget di abad ke-18) dia bilang kalau kegiatan para filosof itu mengembalikan roh ke kampung halaman. (Sebenernya gue ga begitu paham maksud dia apa, but here is what i get: mengembalikan roh ini maksudnya berpikir tentang darimana kita berasal, kita ini apa, apa gunanya kita di dunia, kenapa kita dilahirkan, apa yang akan kita berikan sebelum mati, etc)
*)GWF. Hegel (filosof Jerman yang terkenal) dia bilang kalau filsafat itu jenis tertentu dari gerakan berpikir dan pengejaran untuk semangat mutlak.
*) K. Marx dan F. Engles berpikir bahwa filsafat itu artinya berpikir kritis
kalau menurut aku ya, filsafat artinya kebebasan. Di filsafat gaada yang bener-bener "bener" dan yang bener-bener "salah". So far i know, bahkan gak ada "Law Of Philosophy."
kalau menurut kalian??
Berpikir kritis dalam setiap usaha adalah bentuk dari filsafat. jadi, ya sebenernya filsafat itu udah bagian dari kita. Meskipun berpikir kritis dilakukan oleh semua kalangan dengan berbagai usia, tapi tuh bentuknya beda-beda begitu juga konteksnya. Engels bilang negara yang mau berdiri di atas puncak ilmu pengetahuan harus berpikir kritis. Engels juga bilang berpikir ini kemampuan yang sifatnya permanen. Dan kalau kita mau mengembangkan kemampuan ini, satu-satunya cara adalah belajar filsafat. asik
setelah semua kebutuhan pokok terpenuhi, manusia masih belum puas, mereka masih punya semanagat mengejar sesuatu biar mereka punya "good life". filsafat tuh kaya kepuasan tersendiri bagi kehidupan spirtual manusia. pembelajaran filosofi sangat membantu untuk kehidupan spirtual manusia.
sampai saat ini, filsafat masih tetap hidup dan terus berkembang. Alasannya adalah manusia masih sibuk mencari kejujuran, kecantikan, kebaikan, keagungan, dan nilai lainnya di alam. dan udah menjadi sfat alami filsafat untuk mempertahkan dan mewarisi sifat-sifat tersebut.
Tapi sebenernya ya apa sih kegunaan filsafat?
Waktu Plato (one of my fav philosoph) masih di Athena, dia membangun sekolah; Plato's Academy, dia punya banyak murid disana. Suatu saat salah satu muridnya nanya, "Pak, apa kegunaan filsafat dalam hidup?"
Plato memaggil asistennya, terus meminta sistennya untuk pergi ke pergi ke adsministrasi, ambil sejumlah uang, kasih ke anak ini, terus suruh dia pergi. Maksud dari Plato adalah, buat apa lo belajar filsafat kalau lo sendiri gak tau ilmu itu mau lo apain.
filsafat membantu kita mengerti cara berpikir secara sistematis dan kritis, nantinya kamu bisa menerapkan ini di pengalaman kamu atau pengalaman orang lain. seru kan kalau misalnya ada orang curhat ke kamu terus kamu tuh berpikir kritis dari curhatan dia. Dengan filsafat kamu juga bisa mengubah ilmu pengetahuan jadi kebijaksanaan.
sekian
KAMU SEDANG MEMBACA
00:00
Randomberisi pikiran yang sangat random, kadang juga ngebahas cerita, atau sekedar curhatan aja. intinya random. Ya adalah sajak sedikit. Juga ada ringkasan atau hasil bacaan aku dari suatu buku. After all, ini kaya isi kepala aku.