[Diana's POV]
"Yo lu udah kepikiran belom sih mau kuliah dimana?"
"Belom. Emang kamu mau e kuliah dimana?" Yoyo yang tadinya fokus makan mie ayam langsung duduk tegap.
"Pengennya sih UI,"
"Pulang kampung gitu ya ceritane?" tanya Yoyo sambil nyeruput es teh.
"Iya, hahah. Tapi kayanya ga bakal dibolehin sih sama Bokap gue."
"Emang kamu wis nanya?"
"Belom. Ga usah tanya pun gue tau jawabnya bakal gimana."
"Ya mungkin bapakmu ndak pengen kamu pergi, mungkin lho ya.."
"Hahah iya kali ya." Gue ngehembusin nafas kasar.Gue bisa bayangin betapa ngerinya bokap gue kalo gue cerita pengen kuliah di Jakarta.
Bukan, bokap bukannya ga pengen gue pergi jauh-jauh dari dia, tapi bokap gue ga mau gue deket-deket sama Mama.Tiap kali gue ditanya, "Kok tinggal sama Ayah aja? Ibunya kemana?" Gue selalu ga bisa jawab.
Mama masih hidup. Gue yakin hidupnya bahagia di Jakarta sana.
Bokap sama Mama nikah gara-gara dijodohin, kata Tante gue sih gitu.
Terus namanya orang dijodohin kan ga selalu cocok, ya jadilah mereka jadi pasangan toxic.
Berantem tiap hari, Mama kasarnya di mulut, Bokap kasarnya di fisik.
Tapi ga tau deh kenapa gue bisa lahir. Gue juga ga mau dilahirin kalo bakal tau ortu gue modelnya gini.Gue kangen banget sama Mama.
Mama orangnya bener-bener sabar, baik, ga pernah ngeluh, pokoknya bener-bener kebalikannya Bokap gue.
Gue inget banget rasa kasih sayangnya Mama gue gimana. Gue inget semua detailnya dari cara dia ngebesarin gue, cara dia ngedidik gue, cara dia peduli sama gue.Tapi sayangnya, Mama sama Bokap cerai pas gue kelas 6 SD.
Hak asuh dipegang sama Bokap gara-gara Bokap gajinya lebih gede daripada gaji Mama.Mama Bokap cerai h-10 gue ujian nasional. Alhasil rasa semangat belajar gue runtuh, gue sering nangis dan nyalahin diri sendiri. Gue maksa buat belajar pun ga fokus. Jadinya, nilai ujian nasional gue jeblok dan masuk sekolah swasta.
Dan gue dipukulin Bokap gara-gara itu.
Katanya nambahin beban finansial, secara sekolah swasta di deket rumah dulu mahal-mahal.
Aneh, ya? Padahal kata pengadilan agama, gaji Bokap gue banyak. Giliran buat nyekolahin anaknya pelit.
Tapi gue ga heran. Bokap gue kerjaannya kalo ga minum-minum, judi, ya manjain 'cewe'nya.
Gue pernah mungut struk.
Bokap gue transfer 50 juta ke satu 'cewe'.
Tapi yaudah lah. Hak dia.Sampe akhirnya kita pindah ke Jogja pas gue mau masuk SMA, gara-gara rumah di Jakarta dijual.
Dulu gue pernah ngelawan bokap gue sekali.
Pas itu, dia nanya kenapa gue kerjaannya selalu ngecewain."Ya ini gara-gara Papa sendiri! Aku kalo sama Mama juga ngga bakal kaya gini!"
Gue teriak gitu ke bokap.
Abis itu gue dipukulin abis-abisan sambil dimaki.
Hahah bego banget gue dulu.Gue bener-bener kangen Mama.
Gimana pun caranya gue harus bisa masuk UI."Kamu mau masuk jurusan apa toh?"
"Rencananya sih hukum internasional Yo. Gue pengen jadi diplomat."
"Pehh keren banget kamuu!"
"Aku sampek sekarang ndak kepikiran mau masuk kemana, mau jadi apa..."
"Ngga papa Yo, pikir aja pelan-pelan. Passion lu apa?"
"..."
"...Selfie..?"
"Buset Yo."
"Ya ngga papa kan, lu bisa jadi model! Pasti keterima deh lu kalo jadi model, asli!"
"Apa cocok...?"
"Cocok Yo, asli dah. Lu cakep, tinggi, postur badan bagus, jago gaya pula."
"Alhamdulillah aku dipuji Ana." Yoyo ketawa.
"Ih apaan si! Serius Yo, masuk sekolah model aja!"
"Apa lu jadi yutuber aja deh, follower lu di insta kan banyak, tinggal dipromote aja deh channel yutubnya!"
"Selain itu hobi lu apa Yo?"
"Masak..? Aku bisa dikit tok.."
"Nah, konten yutubnya masak-masak aja! Pasti banyak yang nonton!"
"Atau lu coba kembangin bakat masaknya terus jadi koki, bisa kok!"
"Wah iya, bener juga. Nanti tak pikir lagi yo Na. Makasih lho!"
"Eh tapi kayak e ndak boleh, Ayah Ibuk pengennya aku jadi dokter.."
"Lu mau ga jadi dokter? Kejar apa yang paling lu mau aja."
"Nek aku yo ndak minat jadi dokter, tapi cara banggain Ayah Ibuk ya jadi dokter.."
"Hadeh. Sama aja, kalo lu sukses jadi model, ortu lu juga pasti bangga! Ortu mana yang ngga bangga punya anak sukses?! Ya emang berlawanan sih model sama dokter, cuma ya kalo gue jadi lu, daripada ngejar sesuatu yang lagi disukain orang banyak tapi gue ga suka, mending ngejar sesuatu yang kurang dipengenin orang lain tapi gue suka. Bermanfaat buat gue. Kalo pengen bermanfaat buat orang lain, masih banyak cara lain kok."
"Iya Na, makasih sarannya.. Nanti tak coba ngomong."
"Yo,"
"Dalem Na?"
"Kalopun lu ga dibolehin jadi model, gapapa. Jangan jadi down ya. Raih apa yang tersisa kalo gitu."
"Makasih banyak, Na." Yoyo senyum lebar.
KAMU SEDANG MEMBACA
Jogjakarta - Song Yunhyeong
Фанфик"Yo, aku lagi di Jogja. Kamu dimana?" Song Yunhyeong x OC Bahasa and Bahasa Daerah Non baku