Pemateri: KK dinda (yurseoul)
Outline adalaha rangkuman singkat yang berisi tentang isi novel yang akan ditulis. Di dalam outline ini, kalian bisa nulis judul tulisan kamu, sinopsis singkat, nama tokoh+karakter, penjelasan per bab, latar dan setting.
Pertama : Tentukan genre! (Pilih genre yang memang kalian bisa dan kuasai)
Kedua : Membuat premis,
apa itu premis? Premis adalah kesimpulan dari novel kita.
Contoh premis : Dua orang cowok yang memiliki kisah suram di masa lalunya, hingga mereka berpisah. Lalu bertemu kembali dengan posisi yang keadaan yang berbeda. Dengan tambahan insan di antara mereka. (Dari cerita Aksara)
Setelah premis dibuat, lalu kita kembangkan.Tiga : Membuat prolog/opening
Diusahakan membuat prolog yang menarik ya, jangan monoton. Karena prolog itu juga sebagai penentuan bagi pembaca mau lanjut baca cerita kamu atau berhenti.
Empat : Menentukan ending.
Berdasarkan premis di atas, kita dapat menemukan berbagai alternatif ending. Pilih ending yang memang sesuai dan memuaskan. Semisal sad ending, itu pun gak masalah. Yang sad ending, biasanya itu membekas.
Lima : Karakter.
Kemarin kita dah bahas bagaimana menghidupkan karakter tokoh, nah materi yang kemarin kita masukan ke outline yang bagian karakter ini. Jadi, buat karakter yang unik namun logis. Buat karakter yang kuat agar ceritanya juga terbangun dengan baik.
Enam : Membuat kerangka cerita
Nah, kerangka cerita ini runtutan adegan dari awal cerita hingga akhir. Nggak harus detail yang penting kalian sebagai penulis dapat gambaran dari kerangka ini selama menulis, jadi nggak terjadi writers block.
Tips : Aku biasanya
ngetik ide random yang muncul sebelum partnya, aku tulis di note biar gak lupa. Terus aku nulis kerangka cerita itu sesuai yang ada di otak aku aja, aku tulis sampe ending. Cerita Aksara itu harusnya endingnya gak kaya yang sekarang. Ending Aksara di kerangka itu beda sama novelnya, selama aku nulis Aksara itu banyak banget perubahan dari kerangka ke cerita. Itu gak apa-apa, selama gak berbelok arah terlalu jauh.Maaf kalau ada typo ya,,,
🤗❤❤
KAMU SEDANG MEMBACA
Materi Kepenulisan
Non-FictionCover by miswa Pemateri: Kk dinda Jadwal: senin Waktu: 20.00 wib sd selesai