Pemateri:imclawdy
Mengapa naskahmu membosankan?
Tantangan kita sebagai penulis ialah mencegah agar pembaca tidak mudah bosan dengan cerita kita. Maka dari itu, penulis berlomba-lomba untuk mencari alur atau segala hal yang menarik.
Ini ada beberapa hal yang sebisa mungkin kalian hindari dalam menulis cerita:1.Judul yang tidak sesuai dengan isi cerita.
Ini membuat pertanyaan muncul dibenak pembaca. Semisal judulnya itu penghianatan, tapi ‘penghianatan’ itu nggak ada di dalam isi novel, atau bahkan hanya kisah dari tokoh sampingan bukan kisah dari tokoh utama.2.Kalimat yang berbelit-belit.
Ini bukan hanya bikin bosan namun bikin pembaca bingung juga. Jangan ada pengulangan kata yang sama di satu paragraph. Susah sih memang, kadangan juga aku masih ada kata yang sama. Tapi, semakin banyak kita membaca dan nulis kosa kata yang ada di otak kita akan bertambah juga.3.Terlalu pasaran.
Sekarang wattpad sudah banyak dipakai oleh banyak penulis, tentu aja banyak tema cerita yang sama. Semisal badboy vs badgirl, jadian dengan latar belakang taruhan, anak geng motor, mafia, anak cupu tapi di luar sekolah jadi berandal. Itu banyak cerita kaya gitu, tapi yang bikin beda itu bagaimana penulis mengemas tema yang sama dengan alur yang menarik.4.Sudah ketebak alurnya.
Nah, ini tantangan penulis juga. Kita sebagai penulis harus pinter-pinter ngemas alur yang rapi dan tidak mudah ditebak. Kalo bisa, dikasih teka-teki namun jangan terlalu rumit. Semisal rumit banget, nanti pembaca malah pusing jadinya kasian. Kan membaca itu untuk hiburan bukan menambah beban pikiran.Menurut aku hanya itu, untuk nama tokoh itu bebas. Cuma ya memang udah banyak nama yang hamper ada di setiap cerita.
LIST PERTANYAAN
1.Bagaimana cara agar bisa membuat banyak part cerita tanpa kehabisan kata atau alur cerita?
sebelum mulai nulis ceritanya di wattpad atau aplikasi lain, kamu bikin outline dulu kaya dari part 1 isinya mau apa sampe part akhir. bikin yang kamu mau dulu, yang ada di otak. semisal mau ada perubahan ya bisa dirubah. Asal rubahnya jangan terlalu jauh, nanti malah rusak
2.Cara supaya alurnya g mudah ketebak.
Bermain main dengan alur yang kamu bikin, biasanya aku tuh kumpulin tokoh yang mau terlibat terus aku kait-kaitin.
3.Gmn si ngebuat teka-teki yang ga terlalu pusing dan ribet, biasanya kan pda bingung tuh ngebuat teka teki
Aku bukan penulis yang jago bikin teka-teki. Tapi, menurut aku yaa sewajarnya teka-teki yang ada di dunia nyata aja. Jangan terlalu fiksi, tetap logis
4.Bagaiman cara membuat naskah cerita yg menarik, tidak membosankan, dan kalimat nya tu tidak bikin pusing
Bikin alur yang menarik dan jangan terlalu berat, semisal mau yang berat ya silahkan asal penyelesaiannya harus pas. Kalo untuk kalimat, gunakan se-efektif mungkin, hindari pengulangan kata yang sama pada satu paragraf
Kalian bisa coba-coba di kertas, bikin 4 tokoh atau berapa terus bikin konflik, kaitin dari 4 tokoh
KAMU SEDANG MEMBACA
Materi Kepenulisan
Non-FictionCover by miswa Pemateri: Kk dinda Jadwal: senin Waktu: 20.00 wib sd selesai