Pemateri: imclawdy(kk dinda)
Pengembangan Narasi
Udah pada tau kan narasi itu apa? Narasi itu adalah suatu bentuk pengembangan paragraf pada sebuah karangan atau karya tulis dimana di dalamnya menjelaskan tentang rangkaian peristiwa secara runtut.
Narasi itu perting dalam cerita, gunanya membangun cerita dan menyampaikan isi cerita. Narasi lebih menjabarkan apa yang gak bisa dijabarin di dialog. Kan nggak masuk akal jika tokoh kita berdialog sepanjang narasi.
Bikin narasi itu nggak perlu yang panjang banget kok, nggak perlu yang puitis. Karena yang paling penting itu pembaca nggak bosen dan bisa memahami isi cerita. Mau dibuat sepanjang rel kereta atau dengan kata-kata puitis, tapi kalo pembacanya bosen ya buat apa?
Ini cara aku kalo mau bikin narasi: bayangin aja kamu si tokoh ini bisa ngerasain semua hal yang ada di cerita.Gunain semua indra kalian buat ngerasain jadi si tokoh ini.
Semisal tokoh ini lagi megang surat, ya kalian bayangin tekstur kertasnya kaya apa. Baunya kaya apa, warnanya apa.
Dan sebisa mungkin hindari kata yang sama di satu kalimat atau paragraph. Iya paham itu pasti susah, caranya gimana? Banyakin baca buat nambah diksi baru, install KBBI siapa tau dapet kata baru.
KBBI juga penting untuk membenahi diksi, cara penulisan yang baik dan benar juga.
Sebisa mungkin jangan ada pengulangan ya, jadi yang udah dijelasin di dialog jangan diulang di narasi.
Kalian bisa tantang diri kalian sendiri buat bikin narasi sendiri tanpa dialog dengan tema bebas.
Habis itu kalian baca, kalo ada kelebihan kata atau pengulangan bisa di hapus.
List pertanyaan materi kepenulisan (14/09/2020)
1. Nah kbnykn crita it ad yg gk ad narasi jtohnya ke dialog gt prtnyaan cra buat narsi itu gmna yh kak
cara buat narasi itu sebenernya gampang kalo kamu bisa masuk ke dalam ceritanya. jadiin diri kamu sebagai si tokoh. aku contohin yaa.
Panca membuka surat berwarna putih gading dengan stempel hati berwarna merah. Entah dari siapa, namun surat itu bisa sampai di mejanya. Ia heran siapa yang berani mengirim surat kepadanya?
2 .Gimana caranya bikin sebuah narasi yang gak begitu memhosaankan dan menonton?
jangan ada pengulangan yang berlebihan misal: (Gadis dengan rambut terurai tak lupa dengan jepitan merah di poni kanannya berdiri menatap gerbang) itu jangan yaa. kata dengan yang kedua bisa diganti dengan (hiasan jepit merah). Kalo bisa anggap diri kamu ada di keadaan yang lagi dinarasiin, jadi biar lebih nyata.
3. Gini kan aku mau tanya. Di dalam sebuah cerita itu pasti ada dialog dan narasi. Nah, forsi narasi dalam cerita itu berapa persen? 75% narasi 25% dialog atau gimana? Soalnya kalo sekarang kebanyakan pembaca itu kurang suka sama narasi yang berlebih, lebih suka banyak dialog. Sedangkan jika dialog kebanyakan pasti banyak yang kritik cerita kita. Aku juga pernah denger katanya narasi dan dialog gak boleh seimbang. Jadi buat ngatasinnya gimana.
iyaaa ngerti ngerti. gini, untuk porsi kan sesuai penulis ya mau seberap. sebenernya 50%-50% itu gapapa kok, tadi aku baca di salah satu sumber itu boleh pake 50%-50% yang penting gak ngebosenin dan bisa dipahami sama pembaca, bisa bawa pembaca ke dalam dunia ceritanya
4.Narasi itu unsur terpenting dalam cerita?
menurut pendapat aku iya, karena narasi itu kan membantu jalannya alur, membangun cerita jadi lebih lengkap. Kalo cuma dialog, masa tokohnya harus berdialog panjang lebar? Maka dari itu, narasi itu penting.
5. Gimana cara bikin narasi yg tidak terlalu rumit,gk terlalu panjang tapi gampang di mengerti(simpel), dan tidak Terbelit-belit?
Jangan ada pengulangan di satu kalimat yang sama, kalo semisal ada itu diganti sama kata lain yang setidaknya tidak merubah makna narasi.
Diusahain jangan terlalu puitis, karena kadang kalo puitis banget pembaca mau mahamin jadi harus mikir dulu
To the point, si tokoh itu lagi dalam keadaan apa atau keadaan di latar itu sedang kenapa.
(Malam yang sepi ini, Cia duduk di meja belajarnya seraya menatap ke arah jendela. Gadis dengan setelan baju tidur beruang itu sedang berusaha untuk menghilangkan memori pahit di masa lalunya)
6. Cara bikin narasi yg banyak tapi ga bikin bosen gimana?
Yang banyak ya? Coba kamu nulis narasi spontan dulu, terus kamu baca lagi. Kalo ada kata pengulangan diusahain diganti, dan semisal menurut kamu itu oke berarti oke.
diusahain kalo penjelasan di narasi udah banyak, jangan dijelasin lagi di dialog ya. jadi dialognya itu hal hal yang emang belum dibahas di narasi.
Maaf ya telat dipost, kelupaan wkwk
Salam pertemanan 🤗❤
KAMU SEDANG MEMBACA
Materi Kepenulisan
Non-FictionCover by miswa Pemateri: Kk dinda Jadwal: senin Waktu: 20.00 wib sd selesai