Jangan terperdaya dengan penampilanMutiara nasehat para sahabat Nabi.
Allah menurunkan agama Islam untuk menjadi pedoman dan jalan hidup bagi manusia menuju keselamatan di dunia dan di akhirat. Allah menganugerahi agama ini dengan keistimewaan yang tidak Dia anugerahkan kepada agama-agama sebelumnya, yaitu sebagai agama yang penuh rahmat atau kasih sayang.
Seorang muslim harus selalu berusaha untuk menjadi muslim yang sejati dalam kehidupan sehati-hari.
Harus mampu untuk menjaga lisan maupun perbuatan, agar tidak berkata-kata yang dapat menyakiti perasaan orang lain. Serta jangan sampai tangan atau perbuatannya menyakiti orang lain.
Allah menggambarkan karakter Muslim yang sejati dalam firmannya:وَمَنۡ أَحۡسَنُ قَوۡلࣰا مِّمَّن دَعَاۤ إِلَى ٱللَّهِ وَعَمِلَ صَـٰلِحࣰا وَقَالَ إِنَّنِی مِنَ ٱلۡمُسۡلِمِینَ.
"Dan siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah dan mengerjakan kebajikan dan berkata, “Sungguh, aku termasuk orang-orang muslim (yang berserah diri)?”
[Surat Fushilat 33]Rasulullah صلى الله عليه وسلم menggambarkan sosok muslim yang sejati dalam sabdanya,
المسْلِمُ مَنْ سَلِمَ المسْلِمُوْنَ مِنْ لِسَانِهِ وَيَدِهِ , و المهاجِرَ مَنْ هَجَرَ مَا نهَى اللهُ عَنْهُ
“Yang disebut dengan muslim sejati adalah orang yang selamat orang muslim lainnya dari lisan dan tangannya. Dan orang yang berhijrah adalah orang yang berhijrah dari perkara yang dilarang oleh Allah .” (HR. Bukhari, 10 dan Muslim, 40 )Para Salafus Sholeh dikalangan para sahabat telah menyampaikan nasehat indah tentang penampilan seorang muslim yang sejati dalam muamalah kehidupan keseharian, yang tidak hanya terlihat dari sikap luarnya saja, tapi lebih daripada itu.
Sebagaimana yang diungkapkan oleh Amirul Mukminin Umar bin Khattab رضي الله عنه.قال عمر بن الخطاب رضي الله عنه:
لا يعجبكم من الرجل طنطنته، ولكن من أدى الأمانة وكف عن أعراض الناس، فهو الرجل.
من اقوال الصحابه.Berkata Amirul Mukminin Umar bin Khattab رضي الله عنه,
Jangan membikin kamu takjub penampilan seseorang, akan tetapi (yang sepatutnya ditakjubi) ialah seseorang yang menunaikan amanah dan menahan diri dari mengganggu kehormatan manusia, itulah manusia sejati.Wallahu a'lam
KAMU SEDANG MEMBACA
Berbagi Ilmu
RandomMakna Al Qur'an Nasihat Quotes Renungan cerita-cerita motivasi Dari berbagai sumber... ●Mudah-mudahan bermanfaat untuk semua... ig : Kamilaela23 ♥Banyumas.Jawa Tengah♥