Kali ini gue mau ngajak 6 lelaki dari kelompok manusia cerdas yang tadi nyambut gue pas keluar dari gua tersebut ke sungai. Bisa dibilang, gua tadi itu tempat tinggal kelompok manusia cerdas ini.
Waktu sampe disungai pandangan gue menjelajah keseliling hutan. Lain dengan 6 manusia cerdas tadi, emang numpang nama doang manusia cerdas ye tau tau nangkep ikan masih pake tangan. Ada ada aja.
Gue yang akhirnya nemuin ranting kayu yang ujungnya tajam langsung gue iket jadi satu pake tangkai yang udah gue halusin tadi. Dan bergegas balik ke tepi sungai buat buru ikan.
Gue yang lagi susah payah nangkep ikan langsung diliatin sama 6 manusia cerdas. Gue langsung nusuk satu ikan dan yes! Gue berhasil dapet. Baru 1 tapi reaksi mereka girang banget. Gue jadi ikutan seneng.
Mungkin mereka peka jadi mereka kaya berusaha buat alat kaya gue ini. Setelah gue berhasil nangkep 7 ikan banyaknya, akhirnya mereka ber 6 dateng lagi ke gue dan nunjukin alat yang sama kaya gue. Hebat, mereka akhirnya bisa buat masing masing satu.
Mereka langsung nyebur ke sungai dan mulai buru ikan sebanyak banyaknya. Sampe langit keliatan agak oren, mungkin menjelang sore.
Gue dan ke 6 manusia cerdas itu pun langsung balik lagi ke gua tadi. Sampe di gua, kita langsung masak hasil buruan tadi. Paling cuma ditusuk terus dibakar. Gapapa, dari pada gue mati kelaparan.
Sejenak gue dan para manusia cerdas ini duduk ngelingkerin api unggun yang ada ditengah tengah kita.
Gue yang awalnya diem diem aja mandang api unggun tiba tiba di senggol sama salah satu menusia cerdas yang keliatannya paling cakep dimata gue.
Dia nunjuk dinding yang disana ada 2 buah lukisan berbeda dimana gambar satunya ada sekelompok manusia purba. Tapi, salah satu diatara mereka ada yang make mahkota dari rerumputan ngelemparin batu ke seekor marmut yang besarnya hampir sama kaya anak gajah. Dan dilukisan lainnya, mulai muncuk banyak marmut dewasa yang keliatan kaya pengen tawuran sama sekelompok manusia purba itu.
Gue awalnya bingung tapi pas mereka kaya nunduk semua gue kaya mau ngejelasin sesuatu, tapi susah. Ga ada yang ngerti bahasa manusia kaya dijaman gue salahnya.
Pasrah, gue akhirnya terpaksa nyolek darah dari tubuh bangke rusa yang tergeletak gitu aja. Dan mulai menggambar hal yang sama, cuma satu manusia purba yang make mahkota rumput itu gue coret dengan tanda silang dan mereka paham maksud gue. Mereka makin sedih.
Apa kalian paham maksud gue?
Sad. Nenek moyang mereka, termasuk nenek moyang gue juga ternyata tewas karna sekelompok marmut dewasa itu. Dan gue pikir kalo itu semua ada hubungannya sama digambar kedua dimana marmut dewasanya bertambah.
Gue mengehela napas, dan tersenyum. "Ternyata kalian punya seni lukis juga ya" entah mau mereka paham atau enggak yang pasti gue ngerasa seneng bisa masuk ke jaman ini. Tapi resah juga kalo ga balik.
©markeugigle
KAMU SEDANG MEMBACA
Antiquity ‧ 마크리
Fantasy𝗠𝗮𝗿𝗸 𝗔𝗻𝗱𝗲𝗿𝘀𝗼𝗻, cowok yang awalnya gak percaya soal 'time travel' karena pada dasarnya cowok yang satu ini ga bakalan pernah suka pelajaran sejarah. Tapi, siapa sangka hanya karna kedipan mata membuat mark menjelajah waktu & kembali ke ja...