Siang hari, setelah gue dan ke enam manusia cerdas ini berburu akhirnya gue mulai ngajarin mereka ngelakuin pengawetan.
Masing masing dari kita membumbui daging hasil buruan setelahnya dijemur dengan cara digelantungin gitu aja di dahan pohon yang paling kokoh.
Jaraknya pas disebelah gua kita, jadi aman dari serangan binatang buas dan kelompok manusia cerdas lainnya yang berniat mencuri.
Gue yang kemarin rencananya ngajak mereka buat bercocok tanam, akhirnya nyari lahan tanah yang lapang.
"Jen, ambil itu" tunjuk gue kearah cangkul yang tadi gue buat pake tangkai kayu dan batu.
Gue mulai mengcangkul tanah yang ada dihadapan gue. Sambil diperhatiin sama ke enam manusia cerdas ini. Terus gue mulai nanem keladi, ubi, sukun, dan beberapa buah buahan.
Setelah satu petak penuh dengan hasil berladang gue, giliran mereka ngelakuin hal yang sama ke lahan kosong lainnya.
Bercocok tanam kek gini gue jadi keinget...
Hahahahahaha ngakak banget gue.
Sampai waktu menjelang sore, gue nungguin sambil ngeliatin mereka berenam yang lagi asiknya berendem disungai. Perlahan gue ngerasa merinding, dan selanjutnya gue bangun dari posisi gue yang semula jongkok.
Badan gue kerasa lemes, gue kaget ini tangan gue mulai jadi serpihan serpihan. Mungkinkah ini saatnya gue balik?
Gue penjamin mata gue kuat kuat dan berusaha teriak sekenceng mungkin, "WOY GUE PAMIT-" set. Gue buka mata.
"Mau pamit kemana kamu? Ini masih jam sejarah. Kalau ngebolos bapak kurangin loh nilainya" gue udah balik. Pak Taeil masih nulis dipapan tanpa ngebalikin badannya kearah gue. Sedangkan anak kelasan pada ngetawain gue kenceng banget.
"Woy Mark! Mau pamit kemana lo? Bwahahahahaha makanya jangan ketiduran" dahlah diisengin kan gue sama ketukel bangsat.
Pada akhirnya gue balik duduk dengan posisi meyangga dagu gue pake tangan kanan. "Barusan gue ketiduran apa?" pikir gue.
Kringgg
Yes, bel pulang bunyi. Tapi entah kenapa gue ngerasa kangen ya sama manusia manusia cerdas itu. Ah udahlah kenapa gue jadi mikirin mereka.
Sampe gue gak nyadar sisa gue sama Pak Taeil doang dikelas, gue dengan secepat mungkin keluar kelas. Tapi, Pak Taeil nahan bahu gue.
"Bagaimana perjalananmu, Mark Anderson?" kata Pak Taeil dengan penekanan pas nyebut nama gue sambil senyum yang keliatannya misterius banget dimata gue.
"Maksud bapak?"
"Selamat, kamu murid pertama saya yang berhasil menjelajah waktu. Saya bangga sama kamu, Mark Anderson" udah gitu doang kata Pak Taeil dan setelahnya pergi dari hadapan gue yang masih diem diem bae.
"Mark" panggil seseorang, suaranya merdua banget. Gue tau ini suara siapa.
"Oh, Mina"
"Hehe, hi!" dia nyapa doang kenapa gue sampe degdegan.
"Oh, hi" sayangnya gue ga ada topik. Canggung, gue yang mau manggil Mina tapi keburu dia duluan "Mi-"
"Mark"
"Eh, duluan aja Mark. Kenapa?""Engga jadi, lo duluan."
"Em-ngedate, yuk?"
Gue gamau kehilangan kesempatan ini, cukup kemarin gue sama Mina putus karena hal konyol. Hal konyol yaitu gue keseringan ditraktir Mina dan gue sebagai cowok merasa malu banget. Dan sampai kita putus pun masih gue inget berapa totalan traktiran Mina.
"Date? Ayo" dengan keberanian gue yang sokap, gue ngerangkul Mina buat ngedeket dan mulai jalan keluar sekolah.
Bener bener hari ini adalah hari yang paling berharga di hidup gue. Bertemu manusia purba, mempelajari berbagai hal dimasa pra-aksara. Hm, rasanya gue mulai tertarik sama sejarah.
Selain itu, Mina ngajak balikan? Bonus.
Kebetulan, ada Pak Taeil yang lagi ngeluarin motornya diparkiran. Langsung gue teriakin, "PAK, SAYA SAMA MINA BALIKAN!"
Kayanya ngga ada salahnya mengulang masa lalu.
END
KAMU SEDANG MEMBACA
Antiquity ‧ 마크리
Fantasy𝗠𝗮𝗿𝗸 𝗔𝗻𝗱𝗲𝗿𝘀𝗼𝗻, cowok yang awalnya gak percaya soal 'time travel' karena pada dasarnya cowok yang satu ini ga bakalan pernah suka pelajaran sejarah. Tapi, siapa sangka hanya karna kedipan mata membuat mark menjelajah waktu & kembali ke ja...