1

27 0 0
                                    

"Mama?" panggil Nako.

"Hm? Tumben manggil biasanya kamu ngurung diri di kamar mulu deh."

"Maaaa, apa selesai pertukaran pelajar nanti Nako sekolah bareng Minkyu aja ya?"

"Labil banget kamu. Katanya mau netep di Indo aja, sekarang kenapa pengen pindah deh."

"Ih, mama Nako serius! Mumpung Nako masih jadi siswa Venus Ark—" 

"Bener ya? Jangan labil lagi, naik pesawat tuh pake duit, tanya papa mu dulu, gih." si Mama kembali sibuk sama katalog pakaian ditangannya.

Biasa designer mah sibuk nyari inspirasi terus.

• • • •

Nako langsung ngebut nge-chat papa nya, dan respon nya...

"Mamaaaaaaa! Nako beneran pindah ya, papa bodo amat gak paham katanya." 

Gak lama si Mama muncul di depan pintu, tentu saja dengan katalog di tangannya.

"Yaudah, lagian mama gak bakal repot kok kalau kamu gak dirumah–" si Mama duduk di pinggiran kasur, "–kamu kan kayak bang Toyib gak pulang-pulang, di rumah kalau gak ada student exchange doang."

"Harus banget anaknya diumpamain begitu." gerutu Nako.

"Mama gak kangen apa sama anaknya yang ini? Jaga butik sama urusin adek mulu sih, Nako nya dilupain."

"Yaudah, tidur sana. Besok kan libur kamu jagain adek ya, mama harus ke butik besok."

• • • •

Ini udah dua minggu sejak pertukaran pelajar Venus Ark di Indonesia, Nako kepengen cepet-cepet sebulan biar bisa apply di sekolah Minkyu.

Mereka makin sering teleponan, saling sharing pengalaman masing-masing, apalagi Minkyu tentang Korea Selatan, di mana dia tinggal dan sekolah sekarang ini. 

Ngomongin soal Nako sama Minkyu, mereka kenal waktu masih SD. Berawal dari pen pal karena tugas sekolah, dan berakhir jadi deket gini.

Mereka pernah meet up waktu Minkyu netap di Jakarta bareng kakaknya—sampe mereka lulus SD, Minkyu milih buat lanjut pendidikan di negara asalnya, dan Nako ngikut papanya dan lanjut di akademi idol alias Venus Ark dan akhirnya keliling dunia.

Mereka ketemu lagi waktu Venus Ark berhenti di Korea Selatan buat singgah beberapa hari. Hitung-hitung refreshing setelah pertukaran pelajar ke dua negara selama satu bulan.

Waktu itu mereka masih di jenjang SMP, ketemuan cuma tiga hari karena Nako harus balik ke Jepang yaitu pusatnya Venus Ark.











"Yeoboseyo."

"Moshi-moshi, Minkyu-ssi."

 "Mana ada salam sama jawab telepon kayak gitu." sahut Nako lagi.

Minkyu terkekeh, "adain lah, nih buktinya terjadi sama kita."

"Hm, iya in." Nako ngangguk.

"Lagi ngapain?"

"Abis praktek, ini lagi istirahat."

"Masih istirahat? Disini lagi jamkos ini. Btw, Minkyu masuk ke grup alumni SD gak? Mereka ngajak reunian."

"Masa sih? Kan aku ganti nomor."

"Katanya 'duo turis gak ada niatan ikut gitu, mereka kan gak pernah dateng,' terus Nako bilang sibuk banget–"

"Iya lah sibuk, kerjaannya keliling dunia mulu." sindir Minkyu.

"Lah, ini program sekolahnyaaa. Nako harus gimana, Minkyu?" 

"Udah ah jangan gitu, gak gemes ya!" 

"Wonjin gimana, Kyu?"

"Loh tumben nanyain dia?"

"Nako udah lama gak kontakan sama Wonjin soalnya."

"Oh, anaknya di kelas sebelah, nanti aku kabarin ke dia."

"Ngg-udah dulu ya? Nako mau ke kantin dulu, laper."

"Oke deh, bye!"

"Bye!"

Selesai kontakan Nako langsung nyamperin beberapa kumpulan cewek-cewek yang kelihatannya lagi pada rumor, rumor, rumor, gossip, gossip, gossip, atau simpelnya gibah.

"Ada yang mau ngantin gak? Bareng Nako aja."

Beberapa dari mereka cuma nengok sinis ngeliatin Nako si siswa exchange yang bikin heboh padahal mah bukan dia doang siswa exchange, sisanya bisik-bisik.

Untungnya masih ada yang mau berteman sama Nako, walaupun dia anaknya kadang diem banget. 

Yaa, siapa sih yang gak mau temenan sama anak gemes sih?

"Yuk! Mau ngantin kan? Sekalian nganterin gue ke koperasi." salah satu cewek dari mereka bangun dan narik Nako keluar kelas.

Cewek tadi ngulurin tangannya, "Ryujin."

Nako ngejabat tangannya ragu-ragu, sampai dia sadar kalau mereka belum pernah interaksi, apa lagi kenalan.

"A-ah, iya salam kenal." Nako tersenyum canggung.

"Terserah mau manggil apa, gak usah canggung sama gue."

• • • •

"Jadi gimana rasanya sekolah di Indo?"

"Gak gimana-gimana sih, dulu Nako SD di Jakarta kok. Pas lulus baru pindah ke Jepang."

"Oh, pantes lancar," Ryujin menganggukkan kepalanya. "Terus itu sekolah lo begimana konsepnya? Kok keliling dunia mulu?"

Nako mulai tertarik dengan alur pembicaraannya, ya sekalian memperkenalkan Venus Ark ke banyak orang.

"Hm, gimana ya," Nako ngegeser kursinya. "Venus Ark tuh akademi idol gitu, Ryujin tau kan suka ada cosplay gitu di Jepang. Sebenernya ini tuh mirip-mirip sama pelatihan trainee di Korea gitu, cuma bedanya ada debut tapi konsepnya kayak perkenalan peserta baru ke publik tapi sekalian debut."

"Jadi langsung perform gitu, terus ada tes mingguan atau bulanan. Ada yang kompetisi terbuka atau sekedar penonton dari dalam lingkungan sekolah. Terus kita ada kerja sama bareng akademi idol yang punya gedung tetap."

"Faedahnya pertukaran pelajar ini buat apa dong?"

"Karena kita gak ada pelajaran akademik pada umumnya jadi kita dikasih kesempatan belajar akademik dibeberapa sekolah dari negara yang dikunjungin. Tapi gak semuanya sekolah formal, pernah sekali dua kali dapet sekolah seni juga, desain pakaian, juga sekolah khusus puteri, nanti itu bisa jadi penilaian tertulis seandainya si siswa mau pindah dari Venus Ark ke sekolah lain."

"Kalau pusat Venus Ark itu ada dideket pelabuhan Tokyo, biasanya itu buat siswa kelas satu yang belum punya pengalaman jadi ditraining dulu setahun baru deh boleh perform atau ikut program sekolah kayak gini."

"Eh, tapi-tapi tadi lo bilang pelabuhan? Apa sih gue gak paham." 

"Jadi tuh Venus Ark punya sekolah kapal laut gitu yang keliling lautan mulu. Biasanya kalau masa pertukaran pelajar udah selesai anak Venus Ark bakal tampil dulu gitu."

"Sumpah gue gak paham."

"Besok mau ikut Nako ke pelabuhan gak? Nanti ngelihat kapal Venus Ark deh biar gak bingung lagi. Mau ketemuan dimana nih?"

"Ketemuan di pelabuhan aja langsung biar gak ribet jam tiga sore ya."

"Oke deh sampai ketemu besok."







Gimana kesan awalnya gak jelas ya, aku ngerasa agak ngelantur dibagian ngejelasin Venus Ark :")

Jadi tuh Venus Ark kek sekolah gitu cuma diatas kapal dan berbasis sekolah idol gitu. Buat yang gak tau bisa googling, atau gak bisa dilihat di anime Aikatsu Stars season 2. Atau next part aku bakal cantumin fotonya~

Maapkan diriku yang nulis bertele-tele kayak gini.

LITTLE SALTY || Millenium squadTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang